Biaya-Biaya Saat Beli Rumah Baru

Biaya untuk beli rumah tidak terbatas pada harga rumah, ada beberapa biaya lain yang harus dibayar. Dengan mengetahui biaya-biaya yang perlu dikeluarkan, Anda bisa mempersiapkan dana dan merencanakan keuangan. Berikut-berikut ini adalah biaya-biaya yang akan Anda keluarkan.

  1. Uang tanda jadi. Umumnya, jumlah uang tanda jadi ini ditentukan pengembang. Anda akan mendapat formulir pemesanan unit dengan jadwal pembayaran tanda jadi dan pelunasan uang muka. Jadwal harus disetujui oleh kedua pihak.
  2. Uang muka. Pembayaran uang muka dapat diangsur dengan jadwal tertentu. Sebaiknya, pembayaran uang muka ini dilakukan setelah akad kredit Anda disetujui bank. Dengan pengembang, Anda akan menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) di depan notaris. SPJB menyatakan bahwa Anda akan melunasi uang muka setelah akad kredit disetujui bank.
  3. Biaya notaris untuk mengikat kredit secara hukum.
  4. Angsuran. Perlu dicatat bahwa angsuran KPR–ditambah angsuran-angsuran lain–jangan sampai lebih dari sepertiga gaji Anda. Anda bisa mencoba simulasi KPR yang ada di situs web Rumah.com.

Urutan prosesnya berawal dari uang tanda jadi, tanda tangan SPJB, lalu pelunasan uang muka. Bank kemudian akan melakukan survei penilaian aset properti untuk menentukan harga jual dan legalitas properti. Legalitas dokumen yang diperlukan termasuk Sertifikat Tanah, IMB, SPPT PBB, Surat Kuasa Jual, dan sebagainya. Bank akan memberikan keputusan tentang kelayakan properti untuk proses akad kredit setelah semua dokumen dilengkapi. Bank akan memberi tahu jika ada dokumen yang diperlukan

(Baca: Apa itu KPR?)

Bank kemudian akan melakukan survei penilaian aset properti untuk menentukan harga jual dan legalitas properti. Legalitas dokumen yang diperlukan termasuk Sertifikat Tanah, IMB, SPPT PBB, Surat Kuasa Jual, dan sebagainya. Bank akan memberikan keputusan tentang kelayakan properti untuk proses akad kredit setelah semua dokumen dilengkapi. Bank akan memberi tahu jika ada dokumen yang diperlukan.

Sebelum permohonan KPR disetujui, bank akan menganalisis kemampuan Anda membayar angsuran. Umumnya, bank akan meminta total pendapatan keluarga Anda dan angsuran tidak melebihi sepertiga pendapatan. Verifikasi dilakukan dengan memeriksa rekening koran selama 3 sampai 6 bulan terakhir.

(Baca: Tipe-tipe KPR)

Jika dibutuhkan, Bank Indonesia akan memeriksa transaksi kartu kredit, kredit kendaraan bermotor, KPR lain, kredit lain, dan biaya hidup bulanan. Dalam waktu dua minggu hingga dua bulan, bank akan mengeluarkan keputusan mengenai permohonan KPR.

Setelah itu, akad kredit dilakukan. Selanjutnya, Anda wajib membayar angsuran. Surat Pelunasan Utang akan diberikan oleh bank. Anda juga akan menerima Sertifikat Asli Kepemilikan Unit Properti.

This Post Has 58 Comments

  1. A Hudlori says:

    Ahirnya ketemu juga postingan pencerahan tentang KPR dan membeli rumah yang baik. Postingan rumah.com ini sangat mauntap deh….. acung jempol buat informasi anda.
    salam sukses
    keloladuit

  2. indri says:

    knp sangat sulit utk acc kpr dr bank utk RSH yg katanya utk membantu rakyat kecil,..

    • liga21 says:

      namanya bank bro..mrk perusahaan profit,bukan perusahaan sosial
      jadi harus ngambil untung setinggi mungkin
      klo ada kata2 “dibantu” memang sudah dibantu bro
      “dibantu persulit” :P

  3. dee says:

    ass,,suami sedang mengajukan KPR tp syg prosesnya lama ..untuk uang muka bukanya itu di bayar setelah 7 hari booking,,jadi KPR blm di setujui tapi kami sudah Dp ..bikin deg degan

  4. yuanita says:

    suami sy ajukan kpr knp susah sekali ya. pdhl harga apartemennya cm 200 jt. dan dihitung-hitung secara gaji dan pendapatan angsuran kpr sesuai budget. bingunggg…

  5. nungky says:

    kta lg nunggu proses kpr.pingnx dsetujui…kta da bookg fee 5jt.tp sjk awal kta ga mau byr dp dl.sblm kpr dstujui/tdk.krn sblmx pengalaman.dp sulit balik.skrg sh PD aja…

  6. susi lastuti says:

    saya ingin mengajukan kpr ,bisa ngak ya?masalahnya suami saya bukan wni ,sya ingin membeli rmh hnya dgn uang hasil kerja saya dan saya tinggal di korea ,kira kira bank mau ngak ya mengabulkan kridit kpr saya,sebelumnya trimakasih atas jawabanya.

  7. fh seno says:

    saya 38 th bermaksud mengajukan kpr

  8. Harsen says:

    Semakin menambah wawasan.
    Terima kasih

  9. putri says:

    klo mau beli rumah second dan pembiayaannya lewat bank, proses apa aja ya yg mesti dilalui?!

    • Alex Pangestu says:

      Kalau lewat agen properti, Anda bisa lebih terbantu karena tak perlu cari pembiayaan sendiri. Kalau tidak, Anda harus melengkapi semua dokumentasi yang diminta untuk mengajukan KPR. Untuk cari agen properti, silakan kunjungi http://www.rumah.com/agen-properti.

    • kessy says:

      klo beli rmh second hrs ada imb,ktp pemilik kalo gk ada imb susah untuk di acc,klo rmh tersebut blm ada imb y lbh baik anda buat y memang mengeluarkan uang yg gk sedikit tp drpd kredit KPR anda tdk disetujui.

  10. anis says:

    Saya sdh ambil kpr, dan sdh mulai angsur. anehnya setiap kali saya minta copy akte jual beli dan copy sertipikat ke notaris selalu dibilang belum selesai padahal sdh 6 bln lebih. Apakah salah bila saya minta data tersebut? Tq

  11. indah says:

    sangat sulitnya mendapatkan rumah idaman, sudah 1 thn lebih uang muka dilunasi, dan blm lg urusan dibank……pengembang melarikan diri,,,,knapa sekarang dijadikan ajang korupsi,,,,,ya allah mereka tdk ingat akan mati.

  12. safira tasya says:

    bergunaaaaaaa banged…..Alhamdulillah …. thank’s ya .. siap ambjl kpr…semoga ga’ dapat pengembang nakal

  13. Wili says:

    Alhamdulillah KPR saya sudah disetujui, saya mengajukan ke bank BNI Syariah, prosesnya hanya 2 minggu. Keuntungannya cicilan flat sampai akhir KPR (tidak akan naik turun menyesuaikan tingkat suku bunga). Kelemahannya tidak disebutkan bagaimana bila suatu saat KPR itu dilunasi sebelum jatuh tempo.

  14. tores febrian says:

    taik semua….mau punya rumah aja urusanya ribet banget…kalo gak sanggup bayar ya tarik aza rumah itu…intinya,orang kalo mau punya rumah,ya hrs pasti dan harus bayar krn itu udah KEWAJIBAN…tapi kok aneh,,mau punya rumah aja persyaratanya ribet banget…

  15. ahmad says:

    Asalamualaikum, bagaimna caranya ngakalin prin buku tabungan kita yg tipa bulan habis Trims

  16. hariyono says:

    saya pedagang kecil di pasar sabgat sulit dan tdk pernah di acc saat pengajuan KPR..
    emang KPR hanya utk orang berduit banyak saja ya…trimaksaih

    • Alex Pangestu says:

      “Berduit” dalam arti jumlah cicilan yang dibayarkan sesuai dengan pendapatan. Biasanya sih 1/3 dari pendapatan.

  17. shanty says:

    mau tanya donk klu saya singel, mau beli rumah.
    apakah bisa atas nama saya, atau harus pakai data ayah or ibu??

  18. badrudin says:

    sya mau kredit rumah tapi di kota indramayu syaratnya apa y jika melalui kpr, krn sya kerj freln di bidang pulsa. kmi minta info

  19. Dyan says:

    Saya sedang ngajuin KPR, apakah benar ya ada biaya TUM (Tabungan Uang Muka) klo gas alah, nah berdasarkan apa ya tabungan itu? soalnya saya dengar2 berdasarkan usia ya? smakin muda smakin murah ya? bener atw ga ya?

  20. Laode says:

    mau tanya kalo kpr itu kan masih ada biaya2 lain kira2 tambahan biaya itu seberapa besar seperti biaya pajak, biaya notaris, asuransi dll, terima kasih.

  21. erlisa says:

    lg harap2 cemas nungguin persetujuan KPR dari bank..emang baru 2 bulan sich, tp dah g sabar punya rmh sendiri

  22. mario says:

    mau tanya bisa ga perumahan yg sudah lunas di kpr kan lg.klo bisa persyaratanya bagaimana.mohon informasinya

    • Alex Pangestu says:

      Sudah lunas kok di-KPR-kan lagi? Untuk apa? Kalau rumah tersebut dijual, orang yang membeli bisa mengajukan KPR.

  23. Miya says:

    selamat malam pak…3 hari yg lalu, agen properti kami telah memasukkan berkas untuk KPR ke Bank BNI,dan kami sedang menunggu panggilan wawancara dari bank. kira2 ada tdk kasus pak, user tdk mendapatkan panggilan utk wawancara? kami jg telah melunasi DP 20%, sy deg2an membaca artikel bapak yg menyarankan seharusx DP d bayar setelah akad kredit d bank. Di brosur perumahanx tertulis bahwa apabila user mengundurkan diri, maka DP tdk akan terpotong dgn syarat rumah tersebut laku & hal itu telah sy tanyakan k pihak marketing. tapi yg membuat sy takut pak krn sy telah menandatangani persetujuan dimana d dalamx tercantum bahwa uang DP akan hangus apabila usere mengundurkan diri dengan alasan apapun. terima kasih pak, mohon doax :)

  24. miya says:

    maaf pak…msh ada yg mengganjal d pikiran sy, mo bertax…bln lalu sy meminjam uang d tempat sy menerima gaji, uang tersebut telah sy gunakan untuk membayar DP. apakah ini membuktikan bahwa saya & suami tdk termasuk dlm BLBI? terima kasih pak

  25. salam says:

    bagaimana kalo yg sdh pensiun bisa ndak ambil kpr ? saya sdh siap CF nya.

  26. andr1 says:

    salam kenal pak,

    pas wawancara dengan bank, saya siap dengan DP sebesar 25 %, setelah saya dapet SP3K , DP yang harus saya bayar ‘cuma’ 20 % dan besar plafon kredit yg diberikan bank lebih besar dari pengajuan saya.. otomatis angsuran tiap bulan lebih besar dari perhitungan semula pak.. gimana ini pak ?

    maksud saya besarin DP , biar angsuran tiap bulannya kecil

    mohon penjelasannya.. makasih

  27. topik says:

    lokasi KPR biasanya yg menentukan bank atau kita yah?

  28. Anto says:

    Saya mau bertanya, saya sedang mengajukan kpr di Cimb Niaga;untuk proses tersebut saya sudah membayar ke developer sbb: booking fee sebesar Rp 5 juta + cicilan pertama sebesar Rp. 26 juta (dibagi dalam 3 termin) yang total dp dari rumah tersebut adalah: Rp. 82 juta atau senilai 20% dari harga rumah…(hrg rumah adalah Rp. 413.900.000,-)
    yang mau sy tanyakan adalah:
    1. Apakah pengajuan saya bisa goal (karena saat ini status karyawan kontrak 1,5th)
    2. Saya juga melampirkan 2 paklaring masa kerja sebelumnya (total 4 th)
    3. Awam bagi saya akan hal ini, tetapi saya tidak mau klo dp sy hangus klo gagal
    4. kenapa sulit sekali ya untuk status kepegawaian di bank – bank lain (bank pemerintah)
    5. income saya kotor Rp. 9.200.000,- (single income)

    mohon pencerahannya…agak worried soalnya klo hangus (di tmpat sebelumnya sy sbg karyawan tetap)

    trims

  29. Mungkin krn rekening koran saya yg kurang bisa meyakinkan pihak Bank shg aplikasi saya selalu di npending,.

  30. Nina Febriyanti says:

    Saya mau bertanya, saya mau membeli rumah seharga 150 juta dengan gaji saya 3.5jt / bulan, saya simulasikan gaji saya melalui KPR CiMB Niaga bunga 8.75% Fixed 1 Tahun angsuran per bulan 1.343.096 selama 15 tahun,sedangkan 1/3 dari gaji saya 1.166.666 jadi tdk bisa masuk.
    Saya menyangupi cicilan 1,3 juta lebih per bulan,sekiranya ada tdk team dari rumah.com yang bisa meloloskan KPR saya ?

  31. Masterfajar says:

    hem,, info penting utk calon pembeli agar tidak tertipu akirnya….

    salam

  32. PUJIYONO says:

    Setiap akan Kredit Rumah pasti memakai Uang Muka, nah bagaimana seandainya tanpa uang muka?. Masalahnya banyak orang-orang yang berekonomi menengah kebawah terbentur dengan uang muka, sehingga mereka-mereka tidak bisa memiliki rumah tingga sendiri. Mohon dipertimbangkan oleh pihak penyandang dana. Terima kasih.

  33. info sangat bermanfaat nya dan saya coba berhitung dengan pendapatan yang saya terima..

  34. Roni Nazra says:

    Apakah ada rumah yg lagi promo tanpa DP di daerah bekasi? mohon infonya, terima kasih sebelumnya…

  35. ranto says:

    pak mo nanya apakah kalau menyetujui kpr itu, pihak bank membutuhkan waktu yang lama ya… soalnya saya sudah lebih 4 bulan melunasi DP rumah tapi sampai sekarang belum ada keputusan dari pihak bank… disetujui atau tidak jadi bingung nih… dan apakah ada efeknya kalau kita memperbesar Dp… (rencananya sih biar cicilan bulanannya ringan)

    • Anto Erawan says:

      mestinya sih nggak selama itu,mas.. :)
      DP besar memang bisa memperkecil cicilan, kalau ada uangnya (dan pengembangnya terpercaya) anda bisa gunakan cara tersebut

  36. HARTATI says:

    Apakah saya bisa ambil kpr bila saya punya kartu kredit dan masih masa cicilan…
    bagaimana caranya saya bisa ambil kpr yang bersusbsidi di daerah bekasi …

  37. nurul says:

    pak.. Saya ada pertanyaan. Saya beserta suami berencana mengajukan kpr btn.
    Selain booking fee + dp, kami juga telah membayar biaya BPHTB,AJB,dan biaya kpr (6*maks. Kredit) ke developer.
    Pertanyaan saya apakah biaya2 tsb juga nantinya masuk ke biaya kpr bank.
    Mohon pencerahan. Trims

  38. annisa says:

    ass..
    baru2 ini dekat dengan lokasi saya sedang ada promo rumah tidak membayar DP hanya saja, di minta untuk membayar FEE sebesar 1jt dan selanjutnya tinggal menunggu ACC dr pihak bank mengenai kelengkapan dokumen saya.. apakah saya ambil kesempatan itu atau gimana ya pa? mohon pencerahannya

    • Anto Erawan says:

      lihat developernya dulu, mbak.. kalau cukup bonafide, ambil saja.. biasanya memang ada promo untuk early bird buyer.. developer yg baik akan mengembalikan uang tanda jadi tersebut, jika bank menolak KPR kita :)

Leave A Reply