Syarat-syarat Mendapat Rumah Bersubsidi

Kabar gembira bagi Anda yang menginginkan rumah murah, Kementerian Perumahan Rakyat memiliki program KPR FLPP yang dapat Anda miliki dengan harga dan cicilan terjangkau.

KPR FLPP (fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan) diberikan bagi MBR (masyarakat berpenghasilan rendah), baik berpenghasilan tetap maupun tidak tetap. Beberapa persyaratannya antara lain:

(1) Belum pernah memiliki rumah, baik melalui pembiayaan bersubsidi maupun tidak bersubsidi.
(2) Penghasilan pokok maksimal Rp3,5 juta untuk rumah tapak dan Rp5,5 juta untuk Rusun.
(3) Memiliki NPWP dan SPT atau Surat Pernyataan Penghasilan.

Sedangkan, spesifikasi rumah yang diperbolehkan adalah:
(1) Rumah tapak dengan luas minimal 36 meter persegi.
(2) Rumah susun berukuran antara 21 meter persegi hingga 36 meter persegi.

Persyaratan fisik bangunan rumah FLPP  diantaranya: atap, lantai, dan dinding memenuhi persyaratan teknis keselamatan, keamanan dan keandalan bangunan, jaringan distribusi air bersih perpipaan dari PDAM atau sumber air tanah yang layak, utilitas jaringan listrik yang berfungsi, jalan lingkungan yang telah selesai dan berfungsi serta saluran atau drainase tertata dengan baik.

KPR FLPP memiliki tingkat suku bunga maksimal 7,25%, sudah termasuk premi asuransi jiwa, asuransi kebakaran, dan asuransi kredit. Selain itu, angsuran tetap selama masa tenor (fixed rate mortgage) dengan metode perhitungan bunga anuitas atau efektif. Uang muka disesuaikan ketentuan bank pelaksana, dan tenor sesuai kesepakatan dengan bank pelaksana, maksimal 20 tahun.

Baca juga: Tiga Syarat Rumah Bebas PPN

 

This Post Has 187 Comments

  1. Tami says:

    Info yg sangat menarik buat saya…, kalau boleh tanya di daerah mana saja yg menjual rumah bersubsidi ini ya? Apakah didaerah Tangerang ada?
    Saya ingin sekali punya rumah sendiri tapi sy belum punya NPWP dan tidak bekerja di perusahaan hanya punya usaha kecil. Apakah bisa mengajukan kredit rumah ini?

    Sy tunggu lho pencerahannya. Makasih banyak sebelumnya.

  2. arsih says:

    lokasi rumah subsidi di daerah mana?

  3. arsih says:

    lokasi rumah subsidi di surabaya letaknya daerah mana?

  4. Andik kurniawan says:

    Berapa nilai maksimal KPR yang dapat subsidi?

    • Anto Erawan says:

      nominal atau persentase?
      semua itu tergantung harga dan tipe rumah. tipe 70 ke atas, nilai KPR 70% dari harga rumah. sedangkan rumah tipe kecil, tergantung bank dan pengembang yang bersangkutan. berkisar 80% – 90%..
      sebagian pengembang juga ada yg memberi fasilitas DP 0%, tetapi umumnya hanya saat promo saja.
      utk KPR subsidi, nilai jual rumahnya maksimal (jabodetabek) Rp95 juta dengan DP 10% atau 9,5 juta. artinya nilai KPRnya mencapai maksimal Rp85,5 juta
      mudah2an membantu :)

  5. asdi nurlian says:

    info yg menarik bt kami yg berpenghasilan kecil,mhn info untuk rusun,di daerah mana d jkt yg bersubsidi,DP berapa,kpr berapa tahun ..?? terimakasi info nya.

    • Anto Erawan says:

      di jakarta agaknya sudah sulit menemukan hunian bersubsidi, mungkin ada di pinggir jakarta (BODETABEK)..
      rusun yg disubsidi, harganya maksimal Rp216 juta dengan DP minimal 12,5%. sayangnya saat ini (setahu saya) belum ada proyek rusun yg diluncurkan, karena kurangnya insentif dari pemerintah kepada pengembang. pengembang akhirnya membangun “Anami” atau apartemen sederhana milik—yang kelasnya (harganya) dibawah apartemen tetapi di atas rusun. sayangnya Anami tidak disubsidi, karena harganya di asat rusun.

  6. edward says:

    klo di malang kpr subsidi d mana?dp brp? trims

    • Anto Erawan says:

      sebenarnya yg disubsidi adalah rumahnya. harga rumah bersubsidi di jawa (kecuali jabodetabek) Rp88 juta dengan DP 10% (Rp8,8 juta). kalo produk KPR, bisa ditanyakan kepada pengembang yg bersangkutan. biasanya pengembang yg baik sudah bekerjasama dengan perbankan. sebaliknya, sebelum bekerjasama dengan sebuah perusahaan pengembang, bank juga sudah melakukan penilaian terhadap bank tersebut. makin banyak bank yg bekerjasama dengan pengembang itu, mestinya pengembang itu lebih terpercaya. mudah2an membantu :)

  7. ryan says:

    KPR FLPP ada gak di wilayah jawa tengah , atau di daerah magelang , dan sekitarnya

  8. huda says:

    saya juga sangat tertarik dg program kemenpera,..n saya sdh menelfon langsung ke kantor kemenpera guna informasi lbh lanjut mengenai lokasinya,..tp yg sy dpt,.sy dioper ke nmr ekstension berbeda sampai 6 tlp, n semua menjawab tdk tau. sampai pd akhirnya sy mendapat jawaban yg intinya spt ini,.”program flpp dr kemenpera ini baru rencana bu, baru sekedar hitungan teori,.tp pd pelaksanannya sulit blm pernah terlaksana terkait dg pembebasan tanah, developer dsb,..” sy jd heran,.wacana sudah bergulir ke media, tp pemerintah blm siap,.lokasipun blm ada,.trus kyknya santai bgt, gk ada target , gk ada info yg bisa dipertanggungjawabkan, trus kerjanya ngapain dunk ya orng2 di dlm kemenpera tsb? bukan cm teori tp masyarakat butuh kerja nyata, janji nyata,..walaupun mungkin sj bisa jd kebetulan sy dpt informan yg salah,..

    • Anto Erawan says:

      Pak Huda, saya baru saja telepon PR kemenpera, tetapi yg bersangkutan sedang dalam perjalanan ke Jakarta. Saya akan forward pertanyaan dari Anda, mudah2an segera dapat jawaban yg memuaskan. terimakasih :)

    • Evan Rinaldi says:

      saya berminatt bisa minta contact personnya di kirim ke email saya Pak trim’s

      • Anto Erawan says:

        pak evan, sepertinya untuk rumah bersubsidi, bapak mesti melakukan hunting sendiri–karena proyek ini tidak pernah diinformasikan dengan lengkap oleh Pemrintah. kami sudah pernah memberikan informasi seputar rumah bersubsidi di Jawa Barat, Jawa Timur, Tangerang.. mungkin Bapak bisa memulai dari sana :) terimakasih

    • motivasi says:

      tolong tanyakan juga ..bagaimana dengan gaji yg hanya 2 juta, tp lain lain bisa mencapai 3.5 juta apakah boleh dpat rumah bersubsidi yang dibangun buat orang kaya .. bagaimana dengan orng seperti saya yg hanya punya gaji 1 setengah juta aja .. jangan katakan rumah bersubsidi lah.. karena lebih tepat dikatakan “rumah untuk orang kaya” .. kenapa Pemerintah selalu mengedepankan orang bergaji 3,5 juta .. orang seperti saya memang pantasnya kontrak rumah, klo kontrakan habis .. pindah rumah terus .. saya nggak tahu sampai berapa lama saya kontrak terus, anak saya butuh sekolah dengan alamat yg jelas .. begitu pula saya .. apakah di KTP alamat rumah kontrak nggak ada kan .. hehehe .. tp saya harus semangat … terima kasih sebelumnya

  9. sri fatma says:

    Di depok ada tidak? Di mana saya bisa dpt innfonya? Thanks

    :

  10. farizal says:

    Mohon info kpr bersubsidi untuk daerah depok?

    • Anto Erawan says:

      mas farizal, subsidi diberikan pada rumah dengan harga tertentu dan itu diberikan oleh pemerintah.. untuk daerah jabodetabek, harga maksimal rumah yg disubsidi adalah Rp95 juta. jadi mas mulai bisa hunting rumah dengan plafon harga tersebut.. :)

  11. ayu karlina says:

    Kalo di bandung dmn ya ?

  12. nyoman lasia says:

    terimakasih banyak informasinya, KPR FLPP untuk wilayah Denpasar, Bali ada gak? terimaksih sebelumnya!

    • Anto Erawan says:

      mestinya ada.. katrena kemenpera telah bekerjasama dengan beberapa bank besar utk menyaluskan FLPP, seperti BTN, mandiri, BRI, BRi syariah, BNI, dll :)

  13. indry says:

    kalo untuk daerah jawa tengah khusus nya brebes itu ada ga ya rumah bersubsidi… mksh info nya

    • Anto Erawan says:

      syaratnya klo rumah di bawah Rp88 juta bisa mendapat subsidi.. mbak indry tinggal menghubungi bank2 pemberi kredit seperti BTN, mandiri, BNI, BRI, BRI syariah, BNI dll.. :)

  14. cholist says:

    saya sdh d wawancara dengan bank btn tp blm ad acara akad kredit ,pihak devloper meminta saya untuk melunasi uang muka, apa yang harus saya lakukan?????

    • Anto Erawan says:

      uang muka memang berurusan dengan developer, sementara sisanya (yg dikreditkan) pada dasarnya dibayar oleh bank ke developer.. jadi konsumen membayar kredit ke bank..
      tapi jika akad kredit belum terjadi, sebaiknya bapak menanyakan kembali kepada pihak bank.. sebagai catatan, pengembang yg baik, biasanya memfasilitasi kredit KPR.. :)

  15. putri says:

    Kalau didaerah cibinong atau sentul itu diperumahan mana ya?saya sangat tertarik.trims infonya

    • Anto Erawan says:

      daerah cibinong selama harga rumah dibawah 95 juta, masih dapat subsidi.. mbak putri bisa langsung ke bank pemberi kredit yg sudah bekerjasama dengan kemenpera, seperti BTN, mandiri, BRI, BRi syariah, atau BNI :)

  16. noer iman says:

    lokasi dimana ya? rincian angsuran dll berapa? help yaaaaaa

    • Anto Erawan says:

      halo mas noer, lokasi seluruh Indonesia.. kalo di Jabodetabek harga di bawah Rp95 juta.. suku bunga 7,5% fix.. jadi dengan jangka waktu maksimal 20 tahun, mestinya cicilan ga sampe 1 juta lah :)

  17. raehana says:

    kira2 kpr yang di bekasi pondok ungu permai bersubsidi gk??
    bagaimana sistem pembayarannya??

  18. raehana says:

    kira-kira daera bekasi perumahan pondok ungu permai bersubsidi gk??
    bagaimana sistempembayarannya??

  19. echa says:

    kalo di surabya lokasinya dimana gan?
    terimakasih

    • Anto Erawan says:

      Mbak (atau mas?) Echa, :) selama harganya di bawah Rp88 juta (standar dari pemerintah utk daerah Jawa) bisa dapat subsidi.. untuk lokasi, bisa disurvei sesuai keinginan..

  20. Dicki andika irawan says:

    Kl harga jual rumah 180jt bs gak mengajukan kpr subsidi ke bank pemerintah,semisal : BTN /BRI

  21. rininta aviani says:

    kalo syarat dokumennya sdh ada trs bs diserahkan kemana ya?

  22. Aji says:

    kalau saya pegawai swasta dan status saya belum pegawai tetap apakah bisa ikut membeli? dan untuk wilayah tangerang dan bekasi daftar perumahannya apa saja?

  23. ery.patria says:

    klau di semarang. dimana ya. pemerintah bikin program kpr bersubsudi kok gak jelas. info ke perumnas ama btn kok gak tahu.

  24. dhita says:

    kalau di daerah depok atau parung ada tidak yah??dengan DP yg relatif murah dan angsuran tetap sampai akhir tanpa ada perubahan.dan untuk mengambil kpr ini lebih baik lewat bank mana?
    terimakasih sebelumnya

    • Anto Erawan says:

      bank yang bekerjasama dengan kemenpera adalah BTN, mandiri, BNI, BRI, BRI Syariah.. untuk mengetahui lebih lanjut tentang KPR FLPP, Anda bisa menghubungi Kantor kemenpera di hotline telepon 021 – 7225338. Rumah.com tengah mengumpulkan daftar perumahan bersubsidi yang masih dipasarkan saat ini. mudah2an dalam waktu dekat dapat kami rilis.. terimakasih :)

  25. tyas says:

    Pak Anto Erawan,
    Untuk perumahan Mekarsari Permai 2 daerah Cicurug – Sukabumi itu termasuk KPR yang Bersubsidi juga ya ?
    thanks infonya .

  26. kurnia says:

    kalo di daerah jogja ada gak ya..? kalo bukan beli rumah tapi untuk membangun rumah bisa gk ? soalnya saya dah ada rumah tapi belum kelar pembangunannya. mohon infonya?

    • Anto Erawan says:

      mohon maaf, untuk kawasan Jogja kami belum punya datanya.. tapi menurut seorang teman, dia mendapat informasi lengkap lewat situs perumnas di Jogjakarta–lewat searching Google. saat ini dia sudah membeli rumah di sana. terimakasih :)

  27. uthe says:

    mksdnya perumahan bersubsidi itu gmn…???
    sbb sy prnh beli kredit rumah harga 93 jt dg DP 10% tp kho g
    ada kata2 subsidi…????
    jd sy byr semuanya tanpa subsidi…

  28. yusup says:

    Pak Anto,
    Saya mau menanyakan untuk didaerah bekasi khususnya jati asih didaerah mana saja ya pak.

    terima kasih

  29. azy says:

    Kalo rumah bersubsidi di daerah indramayu, ada ga ya?? tadi saya sudah cek di http://blog.rumah.com/4892/ini-dia-daftar-rumah-bersubsidi-di-jawa-barat.html ko ga ada sih??

  30. memefiagy says:

    klo sy ingin memliki rumah bersubsidi itu..
    sy hrus mengajukan k mana ????
    saya berlokasi di surabaya…

  31. Palupi says:

    Kalo KPR bersubsidi daerah surabaya dan sekitarnya,bisa ga lewat bank syariah?,trus bank syariah mana yg memberi DP 0% atau DP ringan mas Anto?.tlg di info ke email saya.terima kasih

  32. Iqbal says:

    Mohon info KPR FLPP bersubsidi untuk wilayah Denpasar, Bali ada gak? terimaksih banyak,

  33. M ROKHMAN says:

    berita yang menggembirakan sekali bagi saya yang berprofesi sebagai guru, semoga terwujud impian kami sekeluarga untuk memiliki rumah sendiri.

  34. Anto Erawan says:

    Ibu Rochmah, sepertinya di cijantung nggak ada lagi rumah yg harganya Rp95 juta (standar tertinggi harga rumah subsidi di Jabotabek) :)

  35. Anto Erawan says:

    terimakasih feedback-nya. sebenarnya ga masalah beli rumah di luar daerah domisili. untuk bank mesti ditanyakan lagi kepada bank yg bersangkutan (bank tempat bapak/ibu mau mengambil KPR) karena setiap bank punya kebijakan berbeda. tetapi setahu saya, bank nasional (bukan BPD) ga ada masalah.
    syarat2nya bisa dilihat di sini:
    http://blog.rumah.com/431/syarat-pengajuan-kpr.html

    semoga membantu :)

  36. Username* says:

    Saya ali mau nanya di informasi gaji untuk kpr subsidi .maksimal 3,5 juta dan 3,5 juta itu apakah hitungan gaji pokok/ basic atau pendapatan termasuk tunjangan kalau termasuk tunjangan sementar kayak saya gaji 2,5 jt plus tunjangan sekitar 3,6 juta namun tunjangan tersebut habis di jalan untuk operational marketing trmks.

  37. sarah says:

    apakah ada subsidi perumahan di daerah purwokerto..dan saya single apa masih bisa mendapatkan subsidi ini dan saya juga karyawan tetap di salah sati rumah sakit tapi diluar negri….jadi apa syarat yang harus saya persiapkan

    • Anto Erawan says:

      di purwokerto pasti ada, tetapi kebetulan kami belum pegang datanya.. harganya maksimal Rp88 juta.. tetapi gaji maksimal Rp3,5 juta. apakah mbak sarah yg kerja di luar negeri memenuhi syarat gaji ini? :)

  38. ildha says:

    daerah kendari sulawesi tenggara ada nggak pak??thx

  39. christian says:

    Info yg sangat menarik buat saya…, kalau boleh tanya di daerah mana saja yg menjual rumah bersubsidi ini ya? Apakah didaerah bekasi rawa lumbu ada?
    Saya ingin sekali punya rumah sendiri tapi sy belum punya NPWP dan karyawan teteap. . Apakah bisa mengajukan kredit rumah ini?

    Sy tunggu lho pencerahannya. Makasih banyak sebelumnya.

  40. yoseph says:

    saya punya usaha percetakan kecil bagaimana untuk bisa mendapatkan rumah bersubsidi di daerah bandung

    • Anto Erawan says:

      Pak Yosef, bank biasanya akan menghitung semua penghasilan Bapak per bulan.. tapi permasalahannya adalah bank biasanya meminta penhasilan tetap per bulan (dengan slip gaji), sementara untuk wirausahawan seperti Bapak, rasanya belum banyak bank yg “berani” memberi fasilitas KPR.. sepertinya, kita harus sama2 menunggu UU Tapernas (tabungan perumahan nasional) tahun ini..

      tapi setahu saya, Bank BTN bisa memberikan fasilitas KPR tersebut dengan syarat:
      copy KTP, KK, surat nikah/cerai, pas photo terbaru pemohon dan suami/istri, surat keterangan penghasilan pemohon, copy rekening tabungan/giro BTN dan/atau Bank lain, copy akta perusahaan, ijin usaha; SIUP/TDP, laporan keuangan perusahaan, ijin praktek.

      demikian :)

  41. yulvita says:

    Untuk info lengkapnya bank2 mana saja yg bsa kita dtangi?trima kasih untuk infonya

  42. Elisabeth Sumarsih says:

    Untuk daerah semarang lokasi KPR bersubsudi didaerah mana? Terima kasih

    • Anto Erawan says:

      mohon maaf Bu, kami belum dapat data untuk kawasan Jawa Tengah.. tapi ibu bisa cari rumah dengan harga maksimal Rp88 juta, mestinya bisa mendapat subsidi.. pengembang juga akan memberika info cara mendapatkannya.. demikian. terimakasih :)

  43. klo di surabaya daerah mn ya??? klo di daerah sekitar rungkut ada apa nggak ???

  44. nia says:

    mas anto saya mau tanya,kalo rumah bkn kpr tapi beli cash namun bank yg membiayai cash nya tinggal sy yg mencicil tiap bulanya ke bank yang bersangkutan bs tidak ya?
    oya satu lagi untuk rumah bersubsidi di daerah cibinong-bogor dmn saja ya
    mohon di jawab
    trims :)

    • Anto Erawan says:

      Mbak Nia,
      Maksudnya beli cash, tapi dibiayai bank? Artinya Rumah itu jadi agunan?
      Bisa saja sih, cara yang bnyk dipakai orang adalah meminjam sertifikat Rumah tersebut dari pemilik (penjual). Pembeli biasanya hanya mengeluarkan uang untuk DP saja (misalnya 30%). Kemudian sertifikat diagunkan di bank.
      Dengan asumsi, dana yg dapat dicairkan bank 80% dari bank, maka pembeli bisa “melunasi” Rumah tersebut, bahkan dapat sisa 10%–yang bisa digunakan untuk renovasi Rumah… 

      Untuk Rumah di daerah cibinong, bisa dilihat di link ini:
      http://blog.rumah.com/4892/ini-dia-daftar-rumah-bersubsidi-di-jawa-barat.html

      Semoga membantu 

      Anto Erawan
      Editor – Rumah.com

  45. Anto Erawan says:

    Maaf, kami belum dapat info perumahan subsidi di Lombok, tetapi harga maksimal di Lombok adalah Rp95 juta per unit. Jadi semestinya rumah dengan harga sekian itu termasuk rumah bersubsidi.. Anda bisa mencari rumah dengan plafon harga tersebut dan pengembang biasanya akan memberi tahu cara mendapatkan KPR subsidi. syarat lain bisa dilihat di sini:
    http://blog.rumah.com/4328/tiga-syarat-rumah-bebas-ppn.html

    terimakasih feedback-nya :)

  46. Anto Erawan says:

    pak Toni terimakasih feedback-nya.. memang klo di surabaya memang terbatas, karena harga tanah sudah tinggi ya pak..:)
    kalau di kawasan pinggir surabaya seperti apa pak? mohon sharing info-nya.. terimakasih?

  47. barry says:

    Kami sedang melakukan pembangunan rumah bersubsidi tipe 36/60 dengan kisaran harga dibawah 95 juta all in sebanyak hampir 8rb unit di rangkas bitung desa pasir limus, Serang, Banten. Rumah tersebut hanya ditujukan khusus bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dan diutamakan bermukim di daerah tersebut (memiliki pekerjaan didaerah tersebut). Untuk perincian wilayah dan hal-hal yang lebih mendetail silahkan menghubungi saya melalui email saya

    Jika ada keluarga yang bertempat tinggal di daerah Serang Banten, dimohon bantuannya untuk memberitahukan perihal informasi ini.
    Proyek akan kami mulai secepatnya (Maret 2013), dan untuk sementara penyebaran informasi, serta penerimaan jumlah calon konsumen yang berminat masih kami lakukan menggunakan surat elektronik, menunggu musim hujan yang berpotensi banjir saat ini mulai mereda.
    Thnx

  48. rian mariyani says:

    kalau di daerah pondok cabe ilir- pamulang. dan sekitarnya ada tidak ?? dimana yah jelasnya?? terimakasih atas balasannya

  49. dida widya says:

    oh. jadi qta bebas memilih perumahan mana yg akan kita jadikan rumah bersubsidi. asal harganya di bawah 88 juta ?? begitu??

  50. dida widya says:

    oh jadi kita bebas memilih perumahan yg ingin kita tinggali, asalkan harganya dibawah 88 juta . begitu ???

  51. sekhu mulyanto says:

    di daerah jawa tengah sekitar kota brebes ada ga?thank’s

  52. yusuf says:

    Pa..klo utk bandung apakah harus dbawah 88jt.. Dan utk surat tsb ad dsurat kputusan apa Dan no brp,thn brp ya? Soalnya saya sudah akad kredit dgn mendapatkan subsidi Dan tiba2 di angsuran berikutnya pihak bank menaikan suku bunga, dgn alasan tidak mendapatkan subsidi,Dan akad yg sblmnya dianggap batal..qo Bs bgtu ya..pdhal kan sudah akad??

  53. Pak mau nanya kalo perumahan di Gunung Sindur BSD-Kab Bogor apa aja kalo ada dsana prakiraan brapa pak dari bheni di Tangerang selatan thanks pa

    • Anto Erawan says:

      kebetulan saya baru dapat informasi, Perumnas memiliki rumah subsidi (inden) di Bumi Parung panjang (mungkin ga terlalu jauh dari gunung sindur), Jl. Anggur Raya No. 7-8 telp. 597 8106
      harganya 95 juta tipe 36/72
      semoga bisa jadi pertimbangan :)

  54. arie neo says:

    untuk kota bandung lokasi nya dimana dan harga nya brapa?..

  55. motivasi says:

    bagaimana dengan gaji yg hanya 2 juta, tp lain lain bisa mencapai 3.5 juta apakah boleh dpat rumah bersubsidi yang dibangun buat orang kaya .. bagaimana dengan orng seperti saya yg hanya punya gaji 1 setengah juta aja .. jangan katakan rumah bersubsidi lah.. karena lebih tepat dikatakan “rumah untuk orang kaya” .. kenapa Pemerintah selalu mengedepankan orang bergaji 3,5 juta .. orang seperti saya memang pantasnya kontrak rumah, klo kontrakan habis .. pindah rumah terus .. saya nggak tahu sampai berapa lama saya kontrak terus, anak saya butuh sekolah dengan alamat yg jelas .. begitu pula saya .. apakah di KTP alamat rumah kontrak nggak ada kan .. hehehe .. tp saya harus semangat …

  56. devi says:

    kalo syarat2nya berpenghasilan rendah 3.500.000,- skarang aja seorang admin masih banyak yang digaji 1.200.000, bagaimana bisa cicil rumah paaak…

    • Anto Erawan says:

      Mbak Devi ada benernya, tapi kalau sudah berkeluarga, yg dihitung adalah penghasilan gabungan suami-istri.. untuk cicilan KPR subsidi sekarang Rp575.000/bln, jadi mestinya penghasilan Rp1,7 juta bisa mencicil :)

  57. hamdi rizal says:

    met siang…
    mo nanya ni,klo mo kpr rumah yg bekas gmna y proses pengajuannya
    lokasi saya ada bekasi.
    makasih

  58. Reza Mizanu says:

    Selamat Siang,
    Saya mau tanya apakah KPR bersubsidi FLPP bisa diperuntukan untuk rumah pribadi perorangan.? karena saya ingin membeli rumah tersebut tapi bukan dari developer perumahan ttp dengan pemilik rumah yang sudah lunas. mohon imfonya,
    trm ksih sebelumnya

    • Anto Erawan says:

      Pak Reza, peraturan KPR FLPP sementara hanya berlaku untuk Rumah yang dikembangkan developer. Tujuannya agar mudah untuk dikontrol—karena menyangkut subsidi. Karena, pihak perbankan juga harus menyaring apakah pengembang dan konsumen perumahan tersebut bankable.. bahkan, Rumah subsidi ini juga tidak boleh dijual pada 5 tahun pertama.
      Demikian..

  59. susan paraswati says:

    sy pegen punya rumah, untuk dimedan sama pontianak kalbar dmn ya. recomendasi nya dunk pak. yg pasti dengan harga rumah yg terjangkau. terima kasih sebelumnya

  60. Merlin says:

    Sungguh berita yang bagus siang ini buat saya,saya sudah lama menginginkan rumah untuk tempat berlindung kelak setelah merried,penghasilan saya kurang-lebih 2 juta perbulan….yang saya tanya apakah ada rumah yang di daerah bojong nangka tangerang banten, sebab calon suami saya buka usaha disana jadi untuk memudahkan & menghemat waktu kelak. thanks

  61. hatia says:

    kalo d daerah bandung barat dmn y?mohon infonya..thank

  62. maaf pak,info rmah kpr d semarang jawa tengah ada dmna ja pak,?

    • Anto Erawan says:

      terimakasih feedback-nya :)
      saat ini kami sedang menunggu data perumahan dari REI, segera setalah data tersebut kami dapat, kami akan posting di Rumah.com

  63. Kartini says:

    Baru baca aja sdh senang… ingin sekali mempunyai rumah sendiri.. selama ini uang habis tuk byr kontrakan.. bagaimana saya bisa memilikin rumah bersubsidi..? apa langkah awal yg hrs sy lakukan ?

  64. Nurul says:

    Saya cuma berpenghasilan kurang dari 3jt, ada NPWP dan belum pernah punya rumah. Apa bisa saya mengajukan KPR bersubsidi pak? Bgm caranya, mohon infonya ya pak, terima kasih.

  65. Leo says:

    Pak, mohon info Flpp daerah mranggen ada ga? Boleh info lokasi dimana?

    • Anto Erawan says:

      pak leo, utk daerah jawa tengah, kami belum punya datanya.. tetapi kami tengah bekerjasama dengan asosiasi pengembang untuk penyediaan data tersebut. mudah2an bisa kami tayangkan segera. thx 4 sharing :)

  66. wawan says:

    Jd gmn pak soalnya di denpasar harga rumah udah ga ada dibawah 120 jt ,, apa artinya di denpasar ga termasuk daerah yg bs dapat rumah bersubsidi,,pdhl disini msh bnyk yg berpenghasilan rendah… Mohon infonya pak ,,thanks

    • Anto Erawan says:

      memang rata2 di kota besar, rumah subsidi sudah sangat sulit ditemukan, karena harga lahan yang sudah terlalu tinggi.. mungkin pak wawan harus mencari di kawasan pinggir denpasar..
      thx 4 sharing :)

  67. azis says:

    Halo mas anto,
    Yang dimaksud penghasilan maximal 3,5 gimana sih?

  68. toni says:

    Mohon info untuk di bali pengembangan rumah bersubsidi di daerah mana sj?tq

    • Anto Erawan says:

      untuk Bali, kami belum memiliki datanya.. tetapi kami sedang meminta data tersebut dari Real Estat Indonesia.. mudah2an dalam waktu dekat bisa kami publish.. terimakasih :)

  69. indra says:

    Apakah perumahan mulia residence one benar adanya??? Harga rumah 95jt cicilan 780rb,tp qo DPnya smp 25jt… Apakah bs dgn KPR bersudsidi,mohon info rincian DP dan cicilannya… Trims

    • Anto Erawan says:

      kebetulan Rumah.com belum ada listing perumahan tersebut.. tetapi dengan harga jual Rp95 juta, mestinya bisa masuk KPR bersubsidi.. untuk lebih jelasnya, pak indra bisa lihat ke lokasi dan bertanya pada marketing yg bersangkutan. kalau bisa tanya, pengembang tersebut sudah bekerjasama dengan bank apa? karena bank akan terlebih dahulu menilai si pengembang. ini bisa jadi patokan konsumen, apakah pengembang dan perumahan tersebut layak. :)

  70. endang says:

    Mohon bantuannya informasi mengenai kpr subsidi yang menggunakan FLPP,Apakah memang tidak bisa dipindah tangankan sama sekali (dijual), dan bila tidak ditinggali selama masa kredit apakah mungkin dri pihak bank akan mengalihkannya ke kpr regular…terima kasih

  71. sugiarto says:

    utk di daerah purwokerto barat di daerah mana? apa nama websitenya?

  72. sugiarto says:

    untuk di purwokerto barat dh mana? apa websitenya?

  73. sugiarto says:

    untuk di purwokerto ada gak?

  74. Anto Erawan says:

    tergantung lokasinya, mas… klo jabodetabek maksimal harga Rp95 juta

  75. widi says:

    Bp. Anto, sy dr Sby, mau tny, sertifikat tanah apa hrs SHM atw bs yg lain termasuk Pethok D/Leter C…?
    Trus bagi saudara2 seperjuangan dimanapun Anda berada yg sdh berhasil mohon share, testi, bagi pengalaman, tips2 disini. Thx.

  76. arie zhaky says:

    Untuk daerah Pekanbaru …. ada info???
    Terutama bagi amggota TNI/POLRI Bagaimana cara dan prosedurnya. terima kasih.

  77. endang says:

    terima kasih atas jawabannya mas anto,mengenai penempatan rumah bersubsidi apakah akan ada pengalihan ke kpr reguler bila tidak ditempati dahulu,kebetulah saya mengambil rumah bersubsidi tapi tidak saya tempati terlebih dahulu,dan mengenai SHMnya lebih baik saya selesaikan pada saat akad kredit atau nanti setelah masa kredit selesai, minta sarannya mas?maaf banyak tanya karena informasi mengenai rumah bersubsidi ini minim sekali…

    • Anto Erawan says:

      untuk SHM sih terserah ya :)
      tetapi sepengetahuan saya, syarat mengambil KPR subsidi harus ditempati selama 5 tahun awal.. apakah ada pengalihan ke KPR reguler jika tidak ditempati, mohon maaf saya blm bisa menjawab :) tetapi terimakasih feedback-nya

  78. farida hanum says:

    gimana cara daftar kpr bersubsidinya ya? kita harus kemana utk menyerahkan semua persyaratannya? harus kebank btn dulu atau bagaimana? mohon bantuannya ya

    • Anto Erawan says:

      ke developer dulu, mbak… cari perumahan yg menyediakan rumah bersubsidi, setelah menemukan rumah yg cocok, pihak developer akan memberi tahu caranya mendapat KPR subsidi :)

  79. imel says:

    mohon info untuk rumah bersubsidi di daerah cilacap,banyumas,Jawa Tengah.kalau saya punya usaha.tetapi belum pernah punya rumah bisa mengajukan KPR rumah bersubsida tidak pak???mohon info & keterangannya.terimakasih banyak sebelumnya.

  80. asep says:

    kalo untuk daerah tasikmalaya ada engga kridit rukah bersupsidi.trim

  81. Rista says:

    Gmna kalo penghasilan minim untuk ambil rumah di daerah bali
    karena disana agak sulit memiliki rumah
    tolong bantuannya….dengan tipe kecil tapi harga terjangkau dengan dp mura

  82. dodi a koswara says:

    Saya cuma berpenghasilan kurang dari 2jt,saya punya NPWP dan saya belum pernah punya rumah. Apa bisa saya mengajukan KPR bersubsidi pak? apakah daerah antapani bdg ada? Bgm caranya, dan mohon infonya ya pak, terima kasih.

  83. jayanti says:

    pak kalaw di daerah semarang barat ada gak perumahan yang bersubsidi n di mana soal ny saya pengen banget punya rumah.tlg di bls y.trimakasih

  84. endipiran says:

    Pak mohon info rumah bersubsidi di Bali. Terimakasih

  85. Sri astini says:

    pak kalau untuk daerah Denpasar – Bali ada gag rumah bersubsidi,,mohon infonya, terima kasih.

  86. Klo di makassar rumah subsidihx didaerah mana ya….?

  87. panji says:

    maaf untuk daerah cibinong bogor ,lokasinya dmn ya?

  88. pandan says:

    kalo didaerah solo dan karanganyar ada tidak

  89. Jay says:

    Tolong kami diberikan info perumhann bersubsidi daerah blitar..
    yang sekarang stoknya masih ada?

  90. siti solekha says:

    kalo didaerah bontang kaltim ada tidak?

  91. teguh IP says:

    di brebes (ketanggungan) sekarang ada perumahan bersubsidi dengan harga 88 juta sekarang dalam tahapan pembangunan sudah 50%an…saya sudah mengajukan aplikasi dan booking free tapi belum akad kridit dan akan diminta uang DP(dipengembang), yang saya tanyakan apakah saya akan disetujui pihak bank dengan penghasilan saya 1,3 juta ditambah usaha kecil2an pendapatan skitar 1,5 juta perbln dan istri bekerja dengan penghasilan 900 ribu?

    • Anto Erawan says:

      Bunga rumah bersubsidi “cuma” 7,25% – cicilannya mulai Rp635.000 – Rp1,5 juta. kalau saya lihat, jumlah penghasilan mas teguh dan istri Rp2,4 juta.. jadi cicilannya bisa sekitar Rp800.000 :) semoga membantu

  92. indah pratiwi says:

    untuk didepok masih tersediakah perumahan bersubsidi ditahun 2013 , alamtnya dimana saja ????? oke thank’s

  93. Anto Erawan says:

    maaf, kebetulan saya belum dapat datanya pak.. :)

  94. Gregorius says:

    Kalo untuk rumah yg ke 2, bisa gak saya dapat rumah yg bersubsidi. Trims

  95. merry says:

    bagaimana dengan yang berpenghasilan hanya 1,5jt..
    apakah kita bisa mengajukan kredit?
    kenapa harus 3,5 jt..
    masyarakat ke bawah justru mungkin jarang dengan gajih sebesar itu..
    untuk daerah bekasi dengan gajih 1,5jt apa bisa kita mengajukan kredit?
    terima kasih…

  96. Katanya subsidi buat rakyat tak mampu, lah kok pake surat penghasilan bejuta.
    gimana rakyat kecil bisa menikmati negaranya

    kembali lagi ke tidakadilan INDONESIA KU. sungguh IRONI

  97. diktus says:

    Mas saya mau tanya, saya ada rumah katanya subsidi harga 95% dikasih contoh cicilan pake BTN yang bunga fix 7,x% sampai lunas. Ini apakah rumah subsidi ya? soalnya saya cek di blog ini g masuk daftar mas. Rumahnya di tangerang selatan dekat BSD. di deket perumahan bukit dago. Pengembangnya saya cari informasinya juga minim, nama pengembangnya PT INTEGRA NUSA SENTOSA. saya sudah booking pak tapi takutnya ternyata pengembangnya bermasalah dan bukan KPR subsidi. Mohon maaf pak soalnya saya masih belum tahu bagaimana cara menentukan itu rumah subsidi atau tidak. Berikut mas informasinya

    http://rumahmresidence.blogspot.com/

    Mohon bantuannya mas saya takut developernya bermasalah karena buat saya Dpnya cukup besar juga, 29jt (10% nilai tanah sesuai ketentuan ditambah biaya2 lainnya)

  98. mariance says:

    apakah kpr bersubsidi hanya berlaku untuk rumah yg di bangun khusus dgn kpr bersubsidi? bisa tdk digunakan jk harga rumah 250jt? soalnya kisaran segitu rumah di kalimantan timur. tq

  99. oki triyannti says:

    saya berminat sekali, kalo di kab. Blora Jawa tengah, lokasinya dmn ya? terimakasih

  100. erin blazer says:

    Saya mau tanya..kalau perumahan kpr bersubsidi di karawaci untuk tahun 2014 ada?

  101. heru says:

    Pak,sy asli org Sby tp bekerja di Samarinda,KALTIM sy tertarik dgn rmh murah bersubsidi ini dan sy berencana mencri di Sby,Jatim KTP sy Sby tp posisi sy di Samarinda. Langkah awal sy kemana dulu ini pak? Apa sy hrs plg ke jawa dulu? DAn Apa bisa sy bekrja di Samarinda, tp ingin mencari rmh subsidi di sby? Tlg infonya pak, Tq

  102. didith says:

    kalau ingin jadi pengembang rumah subsidi bagaimana caranya?kebetulan di kota saya belum tersedia.mohon infonya,thanx.

  103. ummi albarr says:

    kalo di kaltim,bulan2 ini ada gak pak….pembangunan rmh bersubsidi?

  104. Eva Sri says:

    Untuk wilayah sukabumi msh ada ga perumahan bersubsidi?di daerah mana?

    mohon infonya

    thx…

  105. Anto Erawan says:

    bisa dua2nya mbak.. bank biasanya ada daftar perumahan yg disubsidi..

  106. Anto Erawan says:

    bisa.. yg dihitung gaji pokok maksimal 3,5 juta :)

  107. Jay says:

    kalau dipadang dimana lokasinya

  108. Kunaria says:

    Klu di jakarta ad gak y.kr2 tepaty di daerah mn pak.trim

  109. iLham says:

    Kalo di daerah tangerang selatan di mana ya? Mohon jawabannya ya trima ksh.

  110. lilik says:

    mohon info untuk rumah bersubsidi di bontang kaltim ada tidak ych…. trima kasih

Leave A Reply