Tujuh Langkah ‘Sakti’ Menjual Properti

Memasarkan properti memang tak semudah yang dibayangkan. Terkadang properti yang baik pun sulit dijual, lantaran strategi marketing yang salah.

Untuk mempermudah penjualan properti, ada tujuh kiat efektif yang bisa Anda coba:

Renovasi
Saat memasarkan produk properti, jangan lakukan renovasi terlalu banyak. Tujuan menjual adalah untuk mendapatkan uang, sedangkan renovasi saat memasarkan produk propertinya akan mengurangi keuntungan. Lakukan renovasi, tetapi tidak perlu terlalu banyak, sekadar untuk membuat rumah tampak indah dilihat.

Lokasi dan Lingkungan
Saat memasarkan properti, Anda harus mengekspos lokasi dan fasilitas-fasilitas yang ada. Misalnya, di dekat rumah ada supermarket, sekolah, dan lingkungan yang bagus.

Harga Kompetitif
Harga yang kompetitif sangat penting, karena harga di bawah pasaran akan merugikan penjual, sementara harga di atas pasaran membuat properti sulit terjual. Namun, menentukan harga yang kompetitif bukanlah sesuatu yang mudah. Anda harus mengetahui harga properti di wilayah sekitar, lalu menempatkan harga yang kompetitif berdasarkan rumah yang sudah atau sedang dijual. Dalam hal ini, agen properti bisa banyak membantu Anda.

Legalitas Surat
Kelengkapan dan keabsahan surat-surat seperti Girik, Hak Pakai, Hak Guna Bangunan harus diperiksa. Baik pembeli dan penjual juga harus mengerti perbedaan fungsi surat-surat tersebut. Dalam hal ini, jasa notaris bisa digunakan.

Bila pemilik properti yang dijual sudah meninggal dunia, maka harus dibuatkan fatwa waris. Bila ahli warisnya lebih dari satu, akan lebih baik kalau para ahli waris memberi kuasa kepada salah satu dari mereka untuk memperlancar proses transaksi.

Media Promosi
Iklan di koran atau memasang spanduk bukan lagi pemasaran yang optimal. Anda harus tahu kapan dan di media mana sebaiknya beriklan.Sektor properti juga memiliki majalah sendiri dan merupakan media yang baik untuk beriklan. Namun, belakangan media berbasis internet juga sudah semakin banyak digunakan untuk memasarkan properti, salah satunya adalah Rumah.com.

Teknis Pembayaran
Teknis pembayaran kerap menjadi masalah, bahkan tak jarang membuat transaksi batal. Untuk mencegah terjadinya masalah dalam pembayaran, sebaiknya gunakan bantuan notaris untuk membuat perjanjian proses pembayaran, seperti berapa kali dan kapan pembayaran dilakukan, serta denda apa yang dikenakan jika salah satu pihak melanggar kesepakatan.

Jasa Agen Properti
Bila penjual yang kurang memahami prosedur penjualan properti, sebaiknya gunakan jasa agen properti untuk menentukan harga yang kompetitif, cara pemasaran yang optimal, dan kerjasama dengan perbankan guna mendapat fasilitas KPR.

Selamat mencoba.

 

 

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply