Ini Dia, Bank dengan Bunga KPR Terendah

Berdasarkan daftar suku bunga dasar kredit (SBDK) yang dirilis Bank Indonesia pada akhir Juni lalu, tercatat 16 bank yang menawarkan suku bunga KPR (kredit kepemilikan rumah) single digit alias di bawah 10%.

Informasi SBDK yang dipublikasikan ini berdasarkan laporan yang dilakukan masing-masing bank kepada BI untuk posisi akhir bulan laporan. Data ini berasal dari bank umum konvensional yang wajib melakukan publikasi jika memiliki total aset minimal Rp10 triliun.

Keenambelas bank tersebut adalah:

  • Bank Riau Kepri (6,50%),
  • Bank Jateng (6,71%)
  • Bank Jabar Banten (8,02%)
  • BPD Bali (8,06%)
  • Bank Jatim (8,37%)
  • HSBC (8,50%)
  • ANZ Panin Bank (8,57%)
  • Standard Chartered Bank (8,62%)
  • Bank Artha Graha (8,71%)
  • Bank Sumut (8,78%)
  • Bank ICBC Indonesia (9,0%)
  • Bank Kaltim (9,03%)
  • Bank Ekonomi Raharja (9,31%)
  • Bank UOB Indonesia (9,32%)
  • BCA (9,5%)
  • BII (9,77%)

Semoga bermanfaat..

 

 

This Post Has 32 Comments

  1. a.mulyana says:

    saya gaji 2 juta..ingin mendapatkan rumah..bagaimana caranya… Tanah sudah punya 5 tumbak ,bisa dibilang warisan dari orang tua.
    Mohon bantuan sarannya

  2. ferdinand benjamin nelwan says:

    awas hati-hati dengan bank, memang pada awalnya bank memberi bunga di bawah 10% sebagai iming-2 merayu calon nasabah agar mau membeli rumah secara kredit bank, tetapi ingat pada waktu memasuki tahun kedua maka para pihak bank akan menaikan bunga secara otomatis menjadi sekitar 90% s/d 100% jadi misalnya dari 8,5% akan menjadi 17,5% dan kalau nasabah tidak mau menerima/membayar maka nasabah tersebut diminta harus segera lunasi sisa tunggakan secara tunai/langsung. inilah pengalaman saya atas bank yang saya sedang jalani sekarang. jadi apakah ini bukan merupakan tipuan? silahkan dikaji dan dicek kebenaran informasi saya ini. Terima kasih.
    FBN

  3. joseph says:

    tapi ini setahu saya juga masih ada syarat2 lainnya, seperti contoh BCA yang 9,5 %. itu untuk harga rumah diatas 250 juta tidak berlaku umum dan tidak selama KPR berlangsung.

  4. uje says:

    jangan terkecoh dengan bunga rendah…karena biasanya bank tersebut memberlakukan bunga rendah di awal kredit (biasanya hanya 2 tahun pertama) selanjutnya mereka memberlakukan bunga di atas bunga pasar.

    coba tanya kepada petugas bank bahwa bunga tersebut berlaku berapa tahun dan setelah itu berapa bunganya. kemudian bandingkan dengan bank lain.

    kepada konsumen sebaiknya pilih bank syariah atau bank dengan bunga anuitas dari awal, bukan bunga flat yang hanya 1 tahun atau 2 tahun tetapi setelah itu ikut bunga di atas bunga pasar.

    terima kasih

  5. upo says:

    kalo mau kpr sebaiknya dipertimbangkan suku bunga yang flat karena akan menguntungkan dan tidak memberatkan seandainya ada kenaikan bunga bank , karena suku bunga floating lebih cenderung naik daripada turun.

  6. Albert says:

    pak,saya mau beli rumah dgn KPR…harga 95 jt, tetapi dengan kelebihan tanah harga jual menjadi 150 jtan.apakah saya bebas ppn seperti yg ditetapkan pemerintah sbg rumah sederhana?dan yang ditawarkan di brosur hanya kpr bank BRI,Mandiri,BNI,Niaga dll,tetapi apakah saya bisa memilih bank lain selain bank diatas yang suku bunganya lebih murah.tolong di informasikan pak…trimakasih

    • Anto Erawan says:

      tentu harga 150 juta bukan masuk rumah bersubsidi.. menggunakan bank lain bisa2 saja, tetapi prosesnya akan lebih sulit dan berbelit, karena tidak bekerjasama dengan bank.. :)

  7. Suci says:

    untuk KPR harus atas nama 1 org ya ? status single apa bisa ya ngajukan KPR ? Cuma penghasilan 2jtan, dan biasa untuk gaji perbulan VIa Bank ‘M’. mohon bantuan apakah dgn seperti bisa mengajukan KPR ?
    Apa harus ada harga minimal untuk rumah yg dibeli ya? tq ^_^

    • Anto Erawan says:

      single tentu bisa mengajukan KPR, malah lebih mudah, karena tidak harus ada persetujuan istri.. :)
      harga minimal rumah tidak ada, tetapi bank lebih memperhatikan jumlah nominal cicilan..

  8. ahmad.d. says:

    mohon sarannya, saya bergaji 1,8 juta, status single dan ingin memiliki rumah, serta tidak memiliki sertifikat atau barang lain sebagai agunan, bagaimana caranya… dan jika ke bank …bank apa… trima kasih

  9. karin says:

    ada yang tahu bank yang memberi kpr untuk rumah dalam gang (tidak masuk mobil) ? tq

  10. Saya berencana ambil rumah tetapi sebelumnya nama suami dipakai untuk ambil rumah KPR lainnya. Apakah masih bisa saya dan suami ambil rumah KPR lagi?
    Terima kasih untuk jawabannya

    • Anto Erawan says:

      Ibu Ibeth, terimakasih feedback-nya..
      selama sisa penghasilan (setelah dikurangi cicilan KPR pertama) mencukupi untuk cicilan KPR ke-2, saya rasa nggak masalah :)
      banyak koq yg mengambil cicilan lebih dari 2 properti..

  11. Username* says:

    saya pengen punya rumah dengan KPR penghasilan cuma UMP bisa gak ya

  12. Iwan Setiawan says:

    saya sdh berkeluarga pengen punya rumah dengan KPR penghasilan cuma 3jt/bln bisa gak ya
    saya kost di daerah cengkareng.klw bisa daerah mana yg cocok.. tq.

  13. dian says:

    pengajuan KPR apa harus melampirkan surat Nikah, klo blm menikah bgmna caranya?ingin punya rumah dulu sebelum menikah, gaji 3jt/bln lokasi sidoarjo/jatim.trims

  14. wisnu says:

    saya buruh di luarnegri gaji 7jt/bln,pngn ngajuin kpr kira kira harga max rumah brapa ya.trus kalo kerja di luar negri gmn syaratnya,memang gaji saya di transfer lewat bank di usa.pngn cari rumah di solo jateng.trima kasih

    • Anto Erawan says:

      Mas Wisnu,
      biasanya yg dihitung bukan harga rumah tetapi cicilannya. cicilan per bulan bank semestinya tidak lebih dari 30% penghasilan, jadi utk mas wisnu sekitar Rp2 jutaan..
      Bisa saja mengajukan KPR bila Mas punya rekening bank di Indonesia. Jika tidak, sempatkan mengurus ketika mas pulang kampung ke sini :)
      atau bisa pakai nama istri atau saudara..
      demikian :)

  15. Yesa says:

    Saya kerja di luar negeri dengan gaji bersih perbulan sekitar 5juta, apa kah saya bisa mengajukan KPR walaupun saya bekerja di luar negeri?

  16. Jro jepun says:

    Saya domisili luar negeri apakah ada kpr utk domisili luar negeri ya? Bank apa aja yg bisa?
    Syarat dan ketentuan apa saja untuk bs di approves?

  17. susan paraswati says:

    saya domisili pontianak kalbar, pengen punya rmh murah bersubsidi. gaji suami 4jt/bln. info dunk lokasinya dimana aja. thanks..

Leave A Reply