Kelebihan dan Kekurangan Investasi Lahan Kosong

Investasi lahan kosong atau kavling tanah memang menguntungkan. Tanpa dirawat pun, seperti investasi rumah atau ruko, harganya akan tetap naik. Namun, Anda juga harus jeli melihat kelebihan dan kekurangan investasi tanah. Sebelum membeli, pastikan legalitas kavling tersebut free, clean, dan clear.

Free artinya bebas sengketa, dimana nama pemilik sesuai dengan yang tertera di sertifikat tanah. Clean, artinya tanah tersebut tidak sedang digunakan untuk kegiatan ekonomi lain atau ditempati oleh orang lain yang tidak berhak. Sementara clear artinya ukuran tanah tersebut tepat, seperti yang tertera di sertifikat, serta cocok batas-batasnya.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan investasi lahan kosong yang dinukil dari buku “Menjadi Kaya Melalui Properti” tulisan Panangian Simanungkalit:

Kelebihan
Pertama, dari sisi biaya, perawatan tanah kosong tergolong kecil. Sebidang tanah memang tidak memerlukan pemeliharaan yang sulit. Berbeda dengan properti berupa bangunan, seperti rumah, ruko, kantor, atau kios.

Kedua, capital gain bisa diperoleh dalam jangka panjang (lebih dari lima tahun). Apa bila Anda ingin menjualnya setelah lima tahun, maka umumnya nilainya sudah meningkat dua kali lipat.

Properti yang memiliki return dan capital gain yang tinggi sebaiknya jangan dijual dalam waktu singkat. Jika ini Anda lakukan, maka sama saja Anda menyembelih angsa yang bertelur emas. Sebaliknya tunggu dulu hingga harganya naik signifikan. Biasanya, kenaikan nilai properti akan sangat terasa  setelah lima tahun.

Ketiga, nilai tambah (added value) bisa diperoleh ketika lahan tersebut dikembangkan. Belakangan banyak ditemukan pengembangan perumahan dalam skala kecil yang dikemas dalam bentuk cluster. Jika lahan tergolong strategis, bisa juga kavling tersebut dijadikan ruko.

Kekurangan
Lahan kosong umumnya tidak dapat menghasilkan income, berbeda dengan investasi rumah atau ruko yang dapat disewakan. Namun, jika lahan tersebut berada di lokasi yang sangat strategis, seperti di hoek atau di tepi jalan raya, lahan bisa disewakan sebagai lokasi kafe atau warung tenda. Kavling berukuran luas juga dapat dijadikan sebagai lahan parkir, pool taksi, dan lain-lain.

 

 

This Post Has 2 Comments

  1. saya itu bingung saya py dagangan tanah kosong tengah kota sdh sy sewakan ke penyewa krn saya butuh uang saya jual sampai sekarang ini blm ada pembelinya sy sdh melakukan berbagi macam cara pasang iklan baik diinternet,media massa kelemahan tanah sy itu depannya lebarnya hy 20 m2 pdhal luasnya 4.290m2 bentuknya sedikit ngantong itu permslhannya bagaimana cara mengatasinya

    • Anto Erawan says:

      ada teman saya yg punya problem yang sama.. apakah tidak mungkin tanah tersebut dipecah? tentu dengan mengorbankan sebagian tanah untuk jalan.. tapi ibu bisa mengonversikan harga tanah yg dipakai sebagai jalan tersebut ke dalam harga jual.. mudah2an bermanfaat :)

Leave A Reply