Rumah Berhantu Diiklankan?

Ruangan dalam rumah oleh Roger Kirby/stock.xchng

“Dijual, rumah dengan luas bangunan 90 meter persegi (dua lantai),  luas tanah 72 meter persegi, tiga kamar tidur, dan dua kamar mandi, serta satu hantu gentayangan.”

Iklan seperti itu bisa muncul–tapi mungkin tidak di Indonesia–karena hukum di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, mewajibkan penjual rumah menyertakan keterangan kalau rumah memiliki “cacat emosi”. Keterangan itu dimasukkan dalam formulir yang juga mendaftarkan cacat fisik pada rumah.

Cacat emosi yang dimaksud termasuk keterangan apabila rumah pernah menjadi tempat pembunuhan, bunuh diri, dan aktivitas paranormal, termasuk penampakan-penampakan hantu.

Di California misalnya, penjual harus memberikan keterangan bahwa pernah ada kematian di rumahnya jika kejadian tersebut mengambil waktu tiga tahun sebelum rumah dijual. Akan tetapi, penjual rumah wajib memberikan informasi lengkap, termasuk kejadian yang lebih lama dari tiga tahun, ketika diminta oleh calon pembeli.

Sementara itu di Virginia, cacat emosi wajib diumumkan kalau hal tersebut memengaruhi kondisi fisik bangunan. “Seperti darah merembes dari tembok. Anda harus memberi tahu pembeli,” tulis Mental Floss.

Di beberapa aturan di negara bagian lain, para penjual rumah seolah boleh menyamarkan kondisi cacat mental dengan menggunakan kata-kata yang lebih halus. Penjual rumah yang cerdik sebisa mungkin tak mengucapkan (atau menuliskan) kata-kata “berhantu” atau “TKP”.

This Post Has 69 Comments

  1. louise indah utami says:

    wah, seram juga ya…
    saya tidak berani tinggal di rumah seperti itu

  2. nur rahmawati says:

    apa ada yang berminat ya dengan rumah ‘berhantu’ ? tapi oke juga ‘kejujuran’ memang penting dan harus, terutama dalam jual beli

  3. yoxx says:

    kalau hantu disebut memiliki “cacat emosi”, lha kalau ada tuyulnya apa bisa disebut “bonus”?

  4. dyli hartant says:

    klo aq sih g takut,krn aq sendiri jg seorang hantu’palagi rmh itu dikshkn aq,bknnx tuk d beli.

  5. Adipura says:

    Klo murah saya mau????….ngapain takut sama hantu,..bila perlu hantunya yg bayari tuh rumah…hehehe…

  6. ekacomputer says:

    kalo rumahnya murah dan dibawah harga pasar mau juga.. he3x
    diusir dulu jin2nya baru deh dijual lagi.. :D

  7. martha says:

    to yoxx : setuju gan… hahahahhaha… bisa bantuin cari duit tambahan….

    buset dah jual rumah beriklan jujur… mereka enak di california dan sekitarnya ga kenal pocong…
    begimane gw bisa jual rumah klo gw bilang rumah gw berpocong di areal kebun… *geleng2 kepala*

  8. bowo says:

    ngaruh ke harga ngak yah? jgn2 lebih mahal ….

  9. Nano says:

    Negeri Paman Sam, Memang menghormati aturan dari negara, Bagaimana dg negara kita ?, Aturan dan hukum dapat dibeli ………

  10. awan says:

    berhantu gapapa yang penting murah dan strategis, kiat kan manusia makhluk yang paling mulia dai antara ya lain. kira-kira itu lah

  11. parcania says:

    dimana-mana jg ada hantu, ngapain tkt..

  12. Agung Prasetio says:

    Tergantung hantunnya seh…, kalo hantunyanya perempuan dan masih perawan gak apa apa dah…. :D

  13. neng yani says:

    buat mas agung……mau gitu asal hantu semok ya…hehehehe

  14. hiiiiiy, takut. jangan2 hantunya kayak suster keramas

  15. ryni says:

    klo ak bs minta togel ,
    khan lumayan buat modal.

  16. sena says:

    rumah berhantu…o.. sram,hahaha

  17. rodiah says:

    akuu maubeli kalo hantunya ramah baik nggak ngeganggu dan pastinya guanteng ya mas…..

  18. Juddin Kimang says:

    kalau aku mau beli hantunya aja brp ya ??

  19. Yuni says:

    tak apalah, kan sekalian biar ada yang diajak ngobrol

  20. cintya says:

    koq sreemm sih,..!
    kalau kya gtu sma aja boong dong,kgak ada yg beli,
    coba kalau d’indonesia kya gtu,gembel juga kgak bkal ada yg mau beli tu rumah…haha
    ^ – ^

  21. anastasius says:

    mau!!! asal murah banget….. lumayan… unik

  22. gu2n says:

    ada kos2an di jual di area tembalang, semarang. jika berminat silahkan langsung liat kondisi fisik rumahnya. disana tidak dicantumkan cacat emosinya: tapi satau saya beberapa bulan kemarin ada anak kos nya yang bunuh diri, dengan cara gantung diri disana. jika berminat langsung search aja sendiri di semarang ya…

  23. ratna says:

    keren, tapi kalau disini nggak usah ditulisin berhantu biasanya dah kliatan kalau emang fisiknya dah serem. hi…

  24. hardiyanto says:

    Asyik tuh…dimana ada rmh berhantu mo dijual…???? aq mau beli…asal murah lho..!!!! tar sang penghuni biar kerjasama dang kita buat cari duit lbh banyak…hahahaaa. Serius nih..!!

  25. hardiyanto says:

    @Gu2n….terus gimana menghubunginya tuh…!!??? Jangan2 ada hantunya malah harganya jauh lebih mahal…krn ada bonus nya…????

  26. Ayu says:

    gpp asal murah aja,,,,,kalo bisa hantunya dijadiin pertunjukan d rumah itu.
    hehe……lumayan dpt duit,,,,:D

  27. karel says:

    yg pada ga takut sama hantu..serius nih, mau beli rumah yg ada hantunya?? ini gua punya info dari temen, di daerah Percetakan Negara ada rumah yg udah lama dijual ga laku2. Katanya tu’ rumah bekas tempat pembunuhan mutilasi (inget ga? sekitar tahun 2000-an ada guru TK yg dimutilasi ama suaminya? nah di rumah itu tempatnya). Harganya murah katanya, dan depannya jalan ramai… cekidot kesana !

  28. may says:

    kan itu juga bisa permainan pikiran, tadinya belum tentu berhantu, jadi nya kita semua percaya ada hantunya…, jadi sugesti…, ..

  29. Waduh… Amit-amit deh tinggal di rumah yang ada isinya.haha

  30. Rudy says:

    Wah klo dsni dtulis begitu.. dijamin nd bakal laku…

  31. aini says:

    mau donk…. dimana tuh…

  32. widhie says:

    Kebetulan saya lagi cari rumah…nggak pa pa deh ada Bonus hantu, lumayan bisa dijadikan penjaga….

  33. vaisal says:

    pa gak salah,luas bangunan 90 m persegi sdngkan luas bngunanya 72 m persegi,yang 18 m persegi tanh dr mn bos.?

  34. papua says:

    ngapain beli rumah hantu…..mending tingal dlm tenda aja…… :-)

  35. hahah :D

    .Ngakak Terus nii gua Liat coment² an kawan² semua :)

    ckckck☺☻

  36. Muhammad Egy says:

    Hhahahah Ω↨☺☻ :D (y)

  37. Yudee says:

    kalo da di indonesia gw bayarin tuh…berharap hantunya cewe kaya Tamara Blezynski atw Ayu Azhari….hhh

  38. niaa says:

    Jangan terlalu di percaya

  39. linda says:

    bagus tuh..jujur dalam jual beli seperti yg di ajarkan nabi…. nek di Indonesia???? (no comment) :)

  40. Rangga says:

    hantu ato apapun juga jenisnya..yg penting hrg cocok….coba klo d indonesia psti sy cri lokasinya…hehehe…..

  41. kris.sadewa says:

    Well really tuch clear rules !!!.. sale buy yaaahhh ….. ghost … just sa
    tu … ya .. try a cool family .. waah … … How much ya ..

  42. Dwi. says:

    Rumah berhantu mendingan dibuat jadi wahana saja. Biar jadi duit.

  43. jessica says:

    @vaisal kann luas tanahnya yg 72m. 90 itu luas bangunan bro.. emg ke atasnya gag diitung? -__-

  44. KakLonk says:

    Kayaknya di Indonesia perlu jg bikin UU periklanan properti kayk gitu. Kan di Indonesia banyak “Para Pengusir Hantu”, jadi gak perlu takut buat beli rumah berhantu…

  45. Armaiyanti says:

    gak pa2 tinggal aja dirumh thu, kr2 gak sanggup lg angkt tangan atau lambaikan tangan anda ke kamera……

  46. mbah titulitut says:

    wong ada rumah berhantu aja koq ribut sih ……………. ya tinggal hantunya itu takut gak sama kita ……….. soalnya hantu kalo sama simbah biasanya pada takut ……..he he he he

  47. mbah kemo says:

    @Vaisal, sampeyan ngerti luas bangunan gak tho ? walau luas tanah 72 m2 bisa saja luas bangunan 100 m2….kalo bangunan tingkat 10 bisa lebih 100 m2 luas bangunannya….wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

  48. Dodi says:

    Yang harus harus diwaspadai yaitu HANTU yang nilep uang rakyat puluhan juta sampai puluhan trilyun tuk kantong pribadi dan para kroni mereka. Itu HANTU yang rumahnya di NERAKA.

  49. DAVID JAMES SILABAN says:

    Orang gila yang mau beli rumah berhantu, atau yang pingin mati di cekik hantu

  50. klo murah sih ok banget, tinggal selamatan aja..undang juga pemburu hantu. :D

  51. Muhammad Tyas says:

    Jual Aja Tuh Rumah Sama Hantu’a Cozz Dari Pada Ga ADa Yg beli :) Hahaha :p

  52. daripada di datangin hantu meskipun tampan dan ayu mereka tetap hantu,dan hantu tidak ada yang ganteng dan ayu pastilah wajahnya menyeramkan ,mendingan di datangin manusia ganteng alias suami sendiri ganteng gagah dompet tebal sayang banget sama aku… bernapas lagi

  53. Gea says:

    mau juga sih
    asalkan rumahnya di bwh harga pasar

  54. cerita seram says:

    hantu gak hrs ditakuti,,kita manusia daghh seprti hantu malahan,,hilang mulu klu da masa
    lah

  55. melani says:

    disana seh enak,,hantunya bule,,keren2.., di indonesia mahh, yg ada kuntilanak, genderuwo, pocong…,,takuutt

  56. devy says:

    jaman skg beli rmh pst ada bonusnya +hantu gentayangan.

  57. Jann Lainson says:

    Good information from you. Thanks for sharing.

  58. temmyx says:

    HEHEHE…ASIK NEH DPT UNTUNG GANDA BELI RMH BERHANTU… SELAIN PASTI MURAH KRN DIANGGAP ANGKER ADA HANTUNYA PULA… KLO GW PASTI BELI RMH BEGINI KRN HANTUNYA BS GW TANGKEP AND GW JUAL LG DG HRG FANTASTIS KE ORG2 YG DEMEN GAIB2 BUAT JAGA2 AND JD KACUNG MRK…HEHE…UNTUNG DAH BELI RMH BEGINI…

    BBRP THN LALU RMH DI PONDOK INDAH JG MURAH MAU DIJUAL GAK SAMPE 500JT EHHH PAS GW MAU BELI UDA KEBURU RAME SM BERITA MALAH SEMPET JD ACARA TIM PEMBURU HANTU AND BUAT FILM SEGALA…JD GAGAL DAH GW BELI…:P

  59. Dedi Susanto says:

    rumah hantu dijual… ?

    sini gwbeli ajah…

    pasti dapat harga murah……..

    hahahahaha…..

  60. xee says:

    udaranya pasti dingin dan sejuk

  61. alexis says:

    takut takut hi tapi bagus juga jujur yah

  62. lili says:

    Yg penting mah asal rumahnya layak huni, harga murah soal hantu yg penting itu rumah hrs selalu dijadikan sarana ibadah (buat sholat, ngaji) tiap hari jg tar dianya kabur sendiri…..

  63. oetomo says:

    kalau memang benar adanya seperti demikian, mungkin akoe orang nomor satu yang mangatakan MAU DONK tanpa persyaratan apapun, jangankan disuruh beli (kalau punya duit OKELAH) disuruh nungguin aja MAU KOQ asal lumayan nih DUITNYA….(dasar mata duitan)…hehhehehe tapi serius bro……dimana,kapan,model apa aja boleh koq..

  64. dimas says:

    Kl memang ada yg jual rumah berhantu. Walaupun hantunya banyak sekalipun beritahu saya ya. Kalau hantunya ganas malah seru.
    Serius ya.

  65. TunasWeb says:

    kalo harga rumahnya murah bngt gua sih mau2 aja..
    renovasi dikit, panggil ulama untuk ruqyah rumahnya,
    trus gua jual lagi deh dgn harga yang tinggi..
    hehehe

  66. mboz says:

    rumah saya lebih angker

Leave A Reply