Bagaimana Status Anda di BI?

Salah satu faktor penyebab gagalnya aplikasi KPR adalah status seseorang di dalam sistem informasi debitur milik Bank Indonesia. BI punya daftar hitam yang dibuat untuk memuat nama nasabah, baik individu maupun perusahaan, yang terkena sanksi karena telah melakukan tindakan tertentu yang merugikan bank dan masyarakat.

James Sastrowijoyo, seorang konsultan investasi, menjelaskan bahwa riwayat kredit Anda yang jeblok membuat seseorang masuk ke dalam daftar hitam. Contoh yang diberikan James termasuk tagihan kartu kredit tidak dibayar dan pinjaman motor tidak dilunasi. Tapi ia juga mengingkatkan bahwa hal kecil pun bisa membuat seseorang masuk ke dalam daftar hitam. “Cuma nunggak Rp6.000 akibat kurang transfer biaya materai pun bisa membuat orang masuk ke dalam daftar hitam,” tulisnya di salah satu artikel di blog-nya.

Bank Indonesia memiliki sistem informasi debitur (SID) yang bisa diakses oleh bank atau lembaga keuangan lain. SID berisi identitas debitur, fasilitas pinjaman yang pernah diterima, jangka waktu pembiayaan, dan kondisi pembayaran dalam dua tahun terakhir.

Ketika seseorang pernah menunggak, apalagi sampai terjadi penyitaan, dalam kredit kendaraan bermotor, orang tersebut akan kesulitan untuk mengajukan kredit lain, seperti KPR. Ada klasifikasi untuk hal seperti ini. Klasifikasi dimulai dari “lancar”, “dalam perhatian khusus”, “kurang lancar”, “diragukan”, dan “macet”.

Sebelum menyetujui aplikasi, bank atau lembaga keuangan lain akan melihat SID sebagai salah satu pertimbangan. Bank tidak serta merta menolak aplikasi ketika status di SID. “Tiap bank atau lembaga pembiayaan akan mempertimbangkan aspek-aspek lain sesuai dengan kebijakan mereka,” jelas James.

James memberikan tips agar tidak membiarkan ada tagihan macet walaupun jumlahnya tidak seberapa.

This Post Has 223 Comments

  1. Fachruli Nasrun says:

    Dear Rumah .com

    Apabila saya sudah terkena BI Checkin krn masalah kartu kredit yg macet, apakah dengan sy membayar lunas kartu kredit tersebut proses Black List saya di BI bisa di cabut? dan bagaimanakah proses informasi yg bisa saya dapatkan agar saya dapat mengetahui bahwa status BI checking saya sudah Clear….

    Mohon Saran dan Informasinya, Terima Kasih

    Rgds
    Fachruli Nasrun

  2. Tio says:

    Sewaktu melakukan pelunasan Kartu Kredit, Bapak harus meminta Surat Pernyataan Lunas Dari Bank penerbit Kartu Kredit bapak sebagai salah satu syarat berkas KPR. Dan Mengapa Bapak bisa telat atau nunggak pembayaran kartu kredit, bapak haru bisa menjelaskan ke Bank tempat Bapak mengajukan KPR.
    http://perumahan-hijau-depok.blogspot.com

  3. florencia says:

    Dear rumah.com

    Ijin bertanya nih….. mungkinkah hasil SID dari BI itu salah ???
    ada yang pernah mengalami kejadian masuk daftar hitam SID BI krn menunggak kartu kredit bank XXX,
    sedangkan dia sama sekali tidak pernah punya Kartu kredit keluaran bank XXX tersebut ???
    dan hal itu membuat dia tidak bisa mengajukan kredit apapun…..
    bagaimana solusi terbaiknya ????
    bisakah status BI cheking itu diputihkan ???

    • Alex Pangestu says:

      Harus diurus dulu dengan bank yang dimaksud tuh. Ajukan komplain ke mereka. Dengan bantuan ahli hukum mungkin membantu. Status BI bisa diputihkan, tapi butuh waktu.

  4. santo says:

    Selamat pagi.

    Terima kasih Rumah.com untuk topiknya “Bagaimana status kt di BI’. informasi yang berharga untuk menjadi kehati-hatian kt dlm mengelola keuangan(kreditor). yang ingin saya pertanyakan : jika kt msk dlm daftar tersebut, apakah data itu berlaku selamanya, atau ada masa expirednya? untuk masyarakat awam, apa memungkinkan untuk kita meng akses status kt di BI? terima kasih.

    • Alex Pangestu says:

      Data di situ tidak berlaku selamanya. Masyarakat awam hanya bisa mengetahui statusnya pribadi, setahu saya. Caranya, datang ke BI yang di Thamrin.

  5. mistono says:

    Malam,
    Saya mau tanya soal setatus saya di BI, saya adalah nasabah kpr di “bank B”. Saya beberapa bulan terakhir menunda pembayaran kewajiban saya di bank pemberi kpr itu. Alasanya cuman satu, kpr saya yang sudah berjalan 4 tahun ini belum mendapat copy sertifikat.
    Nah apakah setatus saya di BI sudah masuk daftar hitam. Pada hal tujuan saya menunda kewajiban KPR ini biar ada perhatian dari “bank B”. Sebab bank ini selalu beralasan bahwa sertifikat oleh pengembang masih dalam proses atau masih induk atau alasan yang saya sendiri gak yakin kebenarannya.

    Menurut saya bank B juga harus di cek oleh BI kenapa mengucurkan dana pinjeman ke pengembang perumahan saya tidak jeli mengeceknya.
    Kemana saya harus melaporkan bank B ini, mohon penjelasannya juga.

    Saya atau kami yang nasabah menjadi dirugikan oleh hal ini.

    Terimakasih atas perhatiannya.

    Hormat saya
    mistono

  6. Yanti says:

    Selamat Pagi,

    Saya ada teman yang mengajukan kredit tapi kendala di BI checking. katanya ada kartu kredit kedua yang masih berjalan dan ada tunggakannya. Padahal teman saya sudah pegang bukti lunas dari bank penerbit kartu kredit tersebut. Sedang Bank tersebut sendiri sudah tutup. Bagaimana bisa ya ada kartu kredit yang timbul dengan data teman saya itu sedang dia sendiri saja tidak menerima tagihannya? bagaimana caranya dan ke bagian mana supaya teman saya bisa mengecek dan komplain? Terima kasih.

  7. ade says:

    selamat pagi….

    Berapa lama jangka waktu pemutihan black list di BI??
    Jika seorang debitur tdk bs lunasi sisa tunggakan baik di finance, kartu kredit …
    Terimaksih

  8. Fitri Sari says:

    Saya tertarik dengan KPR, yang saya tanyakan apabila saya tidak pernah menggunakan Kartu Kredit, tidak pernah meminjam uang di Bank dan bahkan semua pembelian motor dll sy lakukan secara cash. Aspek penilaian apa lagi yang di lakukan BI dalam menilai para debitur yang akan menyetor pengajuan KPR. Mohon informasinya. Terima kasih.

  9. winarto says:

    Saya pernah bantu aplikasi KPR tipe 21 pada kawan deket atas nama saya. karena kesibukan saya lama tak pernah kontak lagi, ternyata dia sudah meninggal dunia. setahun lalu saya baru tahu kalau kredit tsb macet sejak th 2000 an, dan rumah sudah disita oleh pihak ke 3.
    mohon saran saya harus bagaimana ?
    terimakasih

  10. dian says:

    Senada dg saudara florencia, sy mau tanya.Bisakah suatu bank mengaktifkan kartu kredit tanpa seizin atau sepengetahuan pemiliknya?terjadi keanehan juga kalao semisal pemilik tidak pernah mengaktifkan kartu kredit tapi ternyata timbul tagihan kartu kredit.trus yang menggunakan itu siapa?Bagaimana menyikapi hal ini?dan bagaimana jalan keluarnya

  11. Munawir says:

    Terima kasih atas artikelnya ,sungguh-sungguh sangat bermanfaat bagi aku dalam yang masih awam tentang dunia perekonomian.

  12. alhafizd says:

    trimakasih rumah com .aku punya masalah di BANK cicilan lancar kok ke blokir dan itu sering.kitakan sering transaksi mengganggu sekali.begitu kita urus dari pihak BANK saat itu juga bisa di kembalikan saldo ke semula . itu berulang ulang jadi bosan nabung tuh .mau buka rek. udah punya rekening 3 BANK .gimana tuh solusinya .masa jadi jadul lagi naruh di bawah kasur… trimakasih ditunggu sarannya

  13. Wahyu says:

    selamat pagi,
    sewaktu melakukan pelunasan saya tidak mendapat surat pelunasan dari bank ini. kejadian ini hampir 2 tahun yang lalu. akhir2 ini saya ingin mengajukan kredit lagi tapi tidak bisa karena alasan masih masuk BI Cheking. biasanya berapa tahun BI Cheking ini bisa bersih kembali? apakah saya harus meminta surat pelunasan dari bank tersebut dan menggunakannya untuk mengajukan kredit lagi?
    terima kasih

  14. SUWARJUK says:

    saya terkena masalah dlm pelunasan pinjaman HSBC..tersisa 700 ratus ribuan…dan saya sudah resign dr perusahan terkait dimana saya mencantumkan noTelp Perusahan tersebut..akibatnya teror telpon ke perusahaan tersebut terus ada..bahkan dari pihak penagihan via Telp HSBC..mengeluarakan perkataan kotor dan umpatan kasar yg tidak berpendidikan bahkan berbau sarah dan sex dari Karyawan Pria HSBC terhadap operator/karyawati dari Perusahaan dimana saya pernah bekerja … sehingga membuat saya enggan utk melunasi pinjaman saya… ….saya hanya org awam..dan orang miskin..untuk porsi org seperti saya .apa pantas .hukuman .masuk daftar hitam BI……bagaimana tindakan dari BI untuk org/ para penagih Via Telp dari HSBC tersebut ….Mohon saran dan masukannya….Thanks

  15. Ukat says:

    Saya bermasalah dalam pijaman salah satu Bank di Jakarta…..berupa pinjaman untuk masyarakat dari golongan yang tidak mampu….otomatis saya masuk dlm daftar hitam BI…..tunggakan saya tersisa 700 ratus ribuan….dan saya telah resign bekerja dari perusahaan dimana saya pernah bekerja dan saya dalam mengajukan pinjaman ke Bank itu mencantumkan no telp perusahaan tsb…akibatnya teror telpon dari pihak Bank.baik ke no hp saya .terus ada….dan Teror serupa ke perusahan dimana saya pernah bekerja terus ada walaupun saya sudah resign…..Teror telp tsb berupa perkataan kotor dan umpatan..yg tidak berpendidikan..bahkan teror perkataan berbau SARA dan Telp ajakan ke arah berbau SEX dari para penagih Karyawan Pria Via telp dari pihak Bank tsb , terhadap operator karyawati perusahaan dimana saya pernah bekerja..membuat saya enggan melunasi, setelah saya dapat confirmasi dari rekan rekan kerja saya yg masih bekerja di perusahan itu…….Teror-teror Telp terus masih ada sampai sekarang ke perusahan dimana saya pernah bekerja…….Apa pantas rekan rekan saya mendapat Teror Telptsb yg tidak manusiawi yg saya sebutkan tersebut di atas dari Bank terkait? apa tindakan dari BI terhadap karayawan/ penagih Via Telp dari Bank tsb…Mohon saran dan masukannya .terima kasih

  16. arif says:

    slamat siang

    ijin bertanya nih…..klo konsumen pernah menunggak angsuran di finance(joint finance dgn Bank)1 kali angsuran sd slesai kredit.brapa lama kita bs pngajuan di bank?apa slamanya tdk bs? kt tmen hrs ng 6 bln,apa bnr? triiims

  17. zoel says:

    mau tanya :kalau kredit motor atas nama kita tapi bayar nya adik dan pembayaran nya selalu telat,itu bagaimana ya apakah di pertimbangkan juga pada saat pengajuan kpr?
    kalau lupa bayar kartu kredit sebesar 200rb sampai kartu tersebut ditutup secara otomatis gimana?mohon penjelasan nya.

    • Alex Pangestu says:

      Biasanya ada pemberitahuan dari bank penerbit kartu kredit berupa surat yang menyatakan bahwa seseorang dimasukkan ke dalam daftar hitam. Kredit motor atas nama kita, tentu kita yang dianggap telat, bukan orang lain.

  18. Pitoyo Abdi says:

    saya menunggak kartu kredit sdh hampir 5 thn dan saya sdh pindah tenpat tinggal. Pertanyaan apakah saya bisa mengecek status saya di BI???

  19. Syafril hendra says:

    Saya bermaksud mengajukan kredit di salah satu bank yg mana saya sudah menginformasikan kpd bank tsb untuk melunasi sisa kredit saya yg sedang bermasalah dengan cara memotong langsung dari pinjaman tapi pihak bank tidak menyetujui permohonan kredit saya dikarenakan kredit saya yg masih bermasalah di BI. Mohon saran apa yg bisa saya lakukan agar kredit saya dikabulkan.

  20. dinda says:

    peraturan tinggal peraturan,,
    selagi yg membuat manusia….,hmm
    seharusnya yang kita takutkan dan harus patuhi adalah peraturan Tuhan…

  21. syukur says:

    yuk..aminkan doa ini untuk kedua orang kita. “Ya Allah, ampunilah dosa kami & dosa kedua orang tua kami. masih terbayang air mata ibu yang mengalir & rintihannya disetiap malam ketika berdoa memohon kepadaMu untuk kebahagiaan kami, anaknya. Sayangilah Ibu & ayah kami sebagaimana beliau meyayangi kami sewaktu kecil. Ya Allah, Muliakanlah mereka, tiada pernah kami sanggup menggantikan setiap tetes air mata ibu & keringat ayah.”

  22. wong ndeso says:

    ada batasan waktu gak? dari daftar hitam BI, saya pernah punya pinjaman tapi saya minta surat lunas sampai sekarang tidak pernah dikasih, apakah nanti di BI nama saya masih masuk di daftar hitam

  23. djati cipto kuncoro says:

    Bagaimana, nasabah mengetahui status SID kita yg di BI….
    Trimakasih……

  24. tidak bisa karena kalau mati hutang lunas coy dalam akad kridit jelas

  25. Eva Rida says:

    Terima kasih atas infonya, teman saya mengalami black list di salah satu credit card lalu
    karna ingin mengambil KPR lalu di lunasi, tetapi setelah di lunasi dengan cara negosiasi
    dan bukti tanda terima, maka pihak crdit card tsb mengatakan bahwa pemulihan akan berlangsung selama 10 tahun, apakah ini benar
    kalo memang benar kenap harus selama itu????

    Mohon informasi terima kasih

  26. Andy says:

    Slamat Pagi..

    Saya mau bertanya, saya pernah menolong teman untuk pinjamkan nama saya kepada teman untuk beli motor (kredit)… tapi teman saya sempat menunggak cicilan, bahkan sampai motor tersebut ditarik pihak leasing… sehingga nama baik saya di blacklist bank, apakah ada cara untuk mengembalikan nama baik saya??
    terimakasih…..

  27. bowo says:

    Untuk pengajuan KPR dengan join income, apabila terdapat salah satu pihak (istri atau suami) yang bermasalah apakah bisa terkena dampaknya…..?

  28. tata says:

    Selamat Siang Rumah.com
    mau? saya pernah ditawari kartu kredit oleh bank C, kartu kredit akan hangus/expired bila tidak digunakan selama 3 bulan kedepan( otomatis tdk berlaku kartunya )namun setelah 3 bulan berjalan malah ada tagihan kartu saya. kira-kira di BI termasuk daftar hitam.
    terima kasih atas bantuan saran dan masukannya saya tunggu jawabnya.

  29. rita says:

    saya mau bertanya pak! saya mempunyai tunggakan kepada pihak kartu kredit dan saya ajukan cicilan dan pihak kolektor setuju dengan mencicil tanpa bunga, setelah saya bayar pertama dan kedua, saya mendapat tagihan kartu kredit tersebut dan teryanta masih dikenakan bunga, lalu saya telepon kolektor dan tidak pernah diangkat, sejak itu saya tidak pernah membayar lagi, saya ingin bertanya pak, bisa tidak kita mencicil kartu kredit tanpa bunga?

  30. nawawi says:

    kami setuju dengan sistim ini tapi koreksi dulu pejabat BI yang masuk daftar korupsi apa masih bisa pinjam di bank atau pembiaayaanapa juga..terdaptar dalam sistim tersebut

    dari
    Nawawi
    Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah

  31. ersiana says:

    siang pak estu, suami saya pernah punya kartu kredit bank XXX karena kami gunakan utk tarik tunai tiba2 kartu tsb di tutup tanpa pemberitahuan sehingga tdk dpt kami gunakan lagi. suami sy merasa kecewa dg kebijakan bank tsb krn kami merasa tdk pernah telat membayar angsuran kami (sampai skrg kami msh simpan rek koran awal-akhir). prnah kami ditagih pelunasan kartu tsb tp suami msh merasa kecewa dan tdk dihiraukan tagihan tsb. untuk kasus tsb
    1.apakah nama suami saya sudah masuk dlm daftar hitam ato msh dlm proses menuju daftar hitam (sampai kami melunasinya)?
    2. apakah nama sy jg kena imbasnya?
    3. berapa lama jarak waktu proses perbaikan nama tsb dengan proses pengajuan kredit baru?
    Trimakasih pak estu

    • Alex Pangestu says:

      Saya sendiri juga pernah mengalami hal seperti ini: kartu kredit ditutup, tapi tagihan datang terus. Saya cueki sampai akhirnya saya dapat pemberitahuan kalau saya akan dimasukkan dalam daftar hitam BI. Tapi nyatanya, saat saya mengajukan kredit untuk rumah dan kendaraan, pengajuan saya masih bisa diterima.

  32. Muh. Azwar Djawad says:

    Saya pernah masalah dengan pembayaran kartu kredit, tapi saya sudah lunasi 8 tahun yang lalu dengan cara mencicil dan menutup kartu kredit, tapi sampai saat ini pihak colector atau bank tidak melaporkan ke BI sehingga saya masih sering mendapat telp untuk pelunasan. sampai saat ini setiap saya ajukan kredit selalu di batalkan. Mohon Solusinya.

    thx

    azwar

  33. Percy says:

    Selamat sore Bapak Alex Pangestu, salam sejahterah selalu.

    Saya sekarang sedang kridit motor disalah satu lembaga pembiayaan ternama diJkt, bagemana kalo saya pembayaranya bagus sebelum jatuh tempo dalam satu bulan sudah saya lunasin untuk 2 atau 3bulan(pembayaran angsuran lebih awal sebelum waktu yang ditentukan). Yang saya tanyakan apakah saya bisa berpeluang besar untuk minta bantuan kridit lagi oleh bank atau lembaga pembiayaan,bagemana status dibitur saya di BI apa apa dimasukan daftar hitam atau dimasukan daftar apa dan apa bisa saya untuk ngajukan kartu kridit atau pinjaman lainnya kebank selama proses kridit kendaraan sepeda motor saya berlangsung sampai jangka waktu kridit yang ditentukan lembaga pembiayaan habis (kontrak kridit selesai)??

    Trimaksih

    • Alex Pangestu says:

      Kalau pembayaran lancar-lancar saja sih seharusnya bisa mengajukan kredit lagi. Tapi, itu kan baru satu faktor, masih banyak faktor lain yang dipertimbangkan, misalnya: pendapatan, kondisi keuangan, dll.

  34. Arjanto says:

    Status BI sendiri bagaimana dimata masyarakat apa sdh bagus kinerjanya ?

  35. khairuddin says:

    Tanya status di BI Thamrin di bagian apa yah? bisa ga diselesaikan di BI tanpa harus ke bank penerbit Kartu Kradit? Trimakasih

  36. Saya jadi PUTUS ASA…dan TRAUMA kalau dengar BI Check karena Saya mau mengajukan KPR dengan menggunakan uang muka “PUMP JAMSOSTEK atau KARTU KEANGGOTAAN JAMSOSTEK” karena ada yg mengatakan kalau bermasalah dengan Bank Lain PENGAJUAN KREDIT RUMAH dapat di TOLAK…karena saya ada KREDIT TANPA AGUNAN di Bank…apa bisa BI memberikan KEBIKSANAAN untuk Saya apabila PENGEMBANG atau PEMBERI KREDIT mengetahui SID saya…Saya sanggat mengidamkan Memiliki Rumah karena Saya sama sekali tdk memiliki RUMAH, untuk saat ini saya menyewa rumah denggan ukuran Panjang 5 m dan Lebar 4 m, denggan harga sewa perbulannya Rp.700.000,saya bertiga dengan Istri dan 1 anak, sangat tdk nyaman apa dapat kah PIHAK BI membantu Saya agar Saya. Dinyatakan lulus seleksi KPR oleh Bank Pemberi KPR dengan bukti diterbitkan SP3K (Surat Pemberitahuan Persetujuan Pemberian Kredit).Ya Allah SWT bantu Hamba-Mu ini untuk memiliki rumah sendiri…Amieen semoga CURHAT saya ini ada dapat membantu…..

  37. PAN says:

    BI bisa kasih SID untuk debitor teri, Bagaimana dengan debitor PAUS yang selama ini menggarong dan terus berhutang tanpa modal?? Apakah diberlakukan sama???. khan kasusnya banyak tuch, malahan banyak yang plesir…..gak ditangkap lagi, alasanya melarikan diri, padahal di seputar indonesia

  38. Data di SID seharusnya secara system bisa terhapus ketika Bank memasukan pembayaran dari nasabahnya, terlepas apakah itu mendapatkan potongan pelunasan atau kekurangan pembayaran materai, hal ini sangat penting agar tidak merugikan nasabah. nampaknya SID yang sekarang perlu lebih canggih lagi.

    terimakasih.

  39. riana says:

    Setahun yg lalu, Teman saya namanya masuk daftar hitam karena namanya di pinjam oleh sodaranya untuk ambil motor di dealer yg leasingnya adalah bank BPRKS. dan kemudian angsuran tersebut macet. sehingga motor tsb di tarik kembali oleh pihak leasing (BPRKS) dan pada saat pelelangan teman saya itu tidak merehabilitasi namanya yg terdaftar di bank tsb. akhirnya mengalir bgtu saja sampai kemudian nama teman saya itu masuk kedalam daftar hitam. beberapa bulan yang lalu sudah di coba untuk merehabilitasi namanya di daftar hitam tersebut karena akan mengambil KPR. tetapi pihak BPRKS tidak bisa merehabilitasi namanya kecuali dengan membayar seharga motor tsb.

    Apakah nama tmn saya itu dapat di bersihkan? tanpa harus mengeluarkan biaya belasan juta? seandainya bisa bagaimana caranya?

  40. wong kito says:

    tenang,,bapak2 & ibu2, semuanya pasti bisa, asal di musyawarahkan dengan orang yang tepat semuanya bisa diatur.

  41. dji says:

    Dimana-mana..disemua ASPEK PERKREDITAN yang di RUGIKAN ADALAH NASABAH…alih-alih jawaban ya sama semua prosedural omong kosong….CONTOH SUDAH ADA YANG MATI KARENA KARTU KREDIT ……….ITU CUMA SALAH SATU CONTOH SAJA.

  42. dji says:

    NUGGANK KPR 2 BULAN DITELEPONIN TERUS,,,,,KPR LUNAS SURAT NYA LAMA,,,JAWABAN NYA KLISE MASIH DI CHEKING,,,FEODALISME,,KAPITALISME,,,,UJUNG-UJUNG NYA NASABAH JUGA YANG SUSAH………

  43. rivan says:

    saya punya kartu kredit tapi pembayaran kadang lewat dari jatuh tempo tapi tidak sampai lewati bulan tersebut, apakah itu sudah masuk dalam daftar blacklist BI ?dan saya pernah dimasukkan oleh teman dalam no.telpon darurat tanpa sepengetahuan saya untuk pembuatan kartu kredit ternyata teman di setujui oleh Bank penerbit kartu kredit tersebut dan ternyata teman menunggak pembayaran kartu kredit tersebut dan saya sering di telpon dengan kata-kata yang tidak mengenakkan di telinga dan tidak wajar,apakah tidak ada penertiban oleh BI tentang tata cara penagihan apalagi bukan kepada pemakai kartu kreditnya? thank’s

  44. Andri says:

    Mereka selalu permasalahkan RAKYAT KECIL, ibarat pepatah SEMUT di seberang lautan keliatan tp GAJAH di pelupuk mata tdk keliatan.
    APAKAH PEJABAT BI SUDAH BERSIH?
    Klw dihitung berapa banyak RAKYAT yg dirugikan & itu tdk ada penyelesain.
    Klw seandainya RAKYAT KECIL yg nunggak & itu bukan disengaja hanya karena keadaan yg memaksa, Wiraswasta pun susah segalanya serba mahal, dan ini dikuasai oleh orang2 yg berkantong tebal & punya koneksi yg cukup kuat di BANK.
    Yang kaya semakin kaya & yang miskin semakin miskin.
    Mohon diingat BI, yg anda jalankan adalah uang RAKYAT & itu merupakan 70% uang GOLONGAN MENENGAH KE BAWAH, klw memang sebegitu ketatnya aturan itu untuk DEBITUR KECIL mohon diberlakukan kpd DEBITUR KAKAP jgn karena DEBITUR KAKAP punya konekasi kuat di PEJABAT PEMERINTAHAN atau PEJABAT BI.
    Silahkan kembalikan uang RAKYAT KECIL yg hilang di telan mereka.

    Saya mohon maaf yg sebesar-besarnya kpd Pejabat BI.
    Saya berkata demikian krn hal ini terjadi kpd saya.
    Pd thn 2003 saya meminjam uang pd BANK X sebesar 40jt untuk usaha patungan dg teman saya & saya masukkan modal sebesar 70jt total modal yg kami jalankan 140jt. setelah berjalan 7 bln bisnis mulai macet uang dipergunakan secara pribadi oleh teman saya, & kredit di BANK X macet.
    Bulan ke 9 BANK X datang menagih saya & saya mengatakan prihal kemacetan & meminta waktu pelunasan & pemotongan bunga namun di tolak oleh pihak BANK X. saya kata kan klw seandainya pihak BANK X tdk percaya saya akan temukan pihak BANK X dg teman saya namun pihak BANK X menolak. & penagihan bulan2 berikutnya mulai benada kasar & teror & membuat saya enggan utk melunasi.
    thn ke 2 saya mengajukan kredit pd BANK X dg catatan saya pinjam 60jt & 40jt utk pelunasan hutang lama 20jt utk bisnis baru saya yg saya jalani namun ditolak oleh BANK X dgn dalih saya hrs melunasi hutang lama terlebih dahulu.
    BAGAIMANA PENDAPAT ANDA DG KASUS SEPERTI DIATAS?

  45. Arif says:

    Dear rumah.com,

    Terkadang karena kurang pengetahuan tentang dunia perbankan kita tidak memperhatikan hal-hal kecil demikin. Misalnya saya mau melihat klasifikasi saya dalam melalui SID bagaimana caranya y?

  46. Murdi says:

    Waduh… Sebaiknya berhati-hati ya… Jangan sampai ada tunggakan yang terjadi. http://www.adipuramandiri.com

  47. reena says:

    saya dulu pernah BI checking diri sendiri, kebetulan saya dulu pegawai bank. ternyata lancar dan tidak ada record pinjaman sama sekali. berulang2 saya BI checking hasilnya sama. PADAHAL, saya menggunakan atau mempunyai KPR di BTN meskipun lancar. Mengapa bisa begitu??????

  48. Puturika says:

    Dear moderator, minggu lalu saya ke BI di Thamrin untuk BI Checking…. pertama kali buat saya ke kantor BI :) … ternyata banyak yang BI Checking di buku tamunya… saran saya untuk yang agak bermasalah dalam pembayaran dan yang suka lupa -lupa udah bayar atau belum…hehe… dianjurkan ke BI untuk BI Checking, tujuannya buat SAVE/AMAN status kita didunia perbankan….. contohnya saya: ketika ke BI Checking sunguh sungguh saya KAGET dengan adanya 3 nama yang sama (termasuk saya) dengan tanggal lahir yang sama… hanya alamat saja yg berbeda… tetapi lokasi masih sama di daerah Tangerang Banten….. untuk itu mohon saran Moderator, apa yang harus saya lakukan untuk mencari “Puturika Gadungan” tersebut… karena belakangan ini keliatannya sulit sekali saya untuk punya kartu kredit, yang mana kartu kredit yang saya punya hanya satu dan sudah saya lunasi…sampe2 kartu carefour aja gak di approve2… mohon sarannya… terimakasih…

    • Alex Pangestu says:

      Terima kasih sudah mau sharing. Mencari yang gadungan itu? Ke pihak berwajib kali ya :)

    • vivie says:

      Sehrsnya pihak Bank bisa lbh jeli,setau saya Ɣªήğ di cek bukan hanya nama,alamat,tgl.lahir tp juga nama ibu kandung. Apakah sama juga? Kl sama, jgn2 anak kembar :D

  49. Jhon Pantau says:

    Yang pasti ….
    Waktu Pihak bank mencari debitur maka anda di sembah bak Raja
    kalau anda sudah macet/telat dia tak peduli …
    sedangkan bunga,telat,denda kita bayar tanpa mengurangi se sen pun …
    tapi anda akan dimaki2 ,dibentak , di takutin ,di teror ama karyawan bank (kolektor)
    dengan kata2 kasar…
    MOtto setiap bank ” ADA UANG ABNG DI SAYANG TAK ADA UANG ABANG MELAYANG “

  50. Godam says:

    saran saya kepada yang mau tobat… JANGAAANNN pernah pake kredit perbankan atau apapun itu kalo anda mau hidup damai tenteram…kalo pun perlu banget … cukup satu dan gunakan hanya untuk transaksi bisnis yang bisa menghasilkan, bukan untuk konsumsi…. pake jasa perbankan hanya untuk transfer uang u/kelancaran bisnis saja… juga jangan tabung uang di perbankan lokal… mending di luar sana jauh lebih aman karena sistem mereka sudah OK… perbankan lokal banyak tikus nya… sudah banyak kasus uang nasabah hilang di tileb tapi BI dan pemerintah ga mampu selesai tuntaskan karena mereka semua pro ke penguasa…daripada simpan uang di Bank mending anda bikin safety box dirumah sendiri yang hanya diketahui istri… safety box di cor beton 13 lapis… yang bongkar pasti keder setelah itu pasti ketiban sial si angka 13… kesimpulan dan saran saya… TINGGALKAN KREDIT-KREDIT dan hidup sederhana, semampu dan sesuai dengan income anda… jika 50% rakyat negeri ini tidak gunakan kredit-kredit tersebut niscaya mereka lembaga-lembaga perkreditan yang arogansi tersebut pasti akan gulung tikar semua juga perbankan yang angkuh sebagian pasti bangkrut… mari kita perang lawan KREDIT….

  51. Tunggul says:

    Kejadian ini pbelum lama, yakni sekitar bulan Oktober 2011 yang lalu begini ceritanya : sy punya pengalaman yg sampai saat ini, masih terabaikan, awalnya sy mendapat informasi dari orang dirumah, bahwa sy dicari oleh sebuah bank, perihal urusan tagihan kartu kredit, karena ada no telp yg bisa dihubungi, dgn itikad baik sy menghubungi nomor dimaksud dan berbicara lsg dengan salah seorang karyawan nya, dan sy tanyakan bahwa ada yg titip nomor telp dan sy diminta menghubungi, dgn waktu yg tdk brp lama saya disambungkan kepada orang yg menghubungi sy.

    Kami pun berdialog : sy bertanya ada kepentingan apa koq sy dihubungi dirumah dan informasinya ada tagihan kartu kredit sy yang tertunggak, karyawan menjawab ya pa benar bapak sudah lama menunggak cicilan, krn sy menjawab dgn nada tinggi anda jgn sembarangan menuduh saya merasa tdk pernah mendapatkan kartu kredit dari bank yang anda maksudkan, dia mengatakan jika demikian lupakan saja, namun saya tdk puas krn menurut logika sy dia menghubungi saya melalui tlp dirumah berarti data yang dimilikinya adalah benar, dan sy minta waktu kepada si karyawan untuk bertanya balik seandainya sy benar memiliki kartu kredit dari bank tempat saudara bekerja, koq baru kali ini sy ditagih atau dikatakan menunggak, pertanyaan sy berikutnya : apakah sy pernah mengaktivasi kartu kredit yang menurut kamu saya miliki kalo ada tolong sebutkan tanggal dan jam nya, selanjutnya prosedur seperti apa yang dimiliki oleh bank yang sebesar ini, menghubingi sy pada saat tagihan yang tertunggak sdh lama baru di tegur, dan sy ingin tau pada saat dimana sy gunakan kartu kredit tsb sehingga muncul tagihan dimaksud, dari seluruh pertanyaan tersebut dia hanya menjawab enteng jika memang informasi ini bapak anggap tdk benar lupakan saja dan dia mengatakan tp jika ini benar nanti nama bapak akan menjadi black list di BI.

    Saya memiliki Kartu Kredit dan Pengalaman saya apabila terlambat 1 hari saja sudah langsung diobok obok oleh karyawannya.

    Pertanyaan saya apakah ini merupakan suatu permainan, atau sdh banyak kejadian yang sama kepada orang lain. Padahal bank yang sy maksudkan ini adalah suatu bank yang cukup bagus walaupun pernah bermasalah karena urusan karti kredit dgn nasabahnya.

    Terus terang karena sy merasa tdk pernah memiliki bahkan mengaktivasi apalagi menggunakan kartu kredit dari BANK TERSEBUT maka permasalahan ini saya biarkan saja,

    Mohon Tanggapan Terima Kasih

    Salam

  52. gunawan says:

    berbicara mengenai masalah kredit di bank, memang sangat sulit apalagi seseorang pernah melakukan kredit macet. yang saya tanyakan adalah bagaimana jika seseorang tersebut nunggak-nunggak tapi cuma beberapa hari saja tiap bulanya, apakah dia akan mengalami kesulitan lagi saat melakukan pinjaman?

  53. side says:

    emang bener semua komentar2 di atas…
    semua bank kan dapat sokongan dana dari BI
    jadi kalo kredit macet BI jadi rugi…
    nanti gubernur BI beserta staffnya ga bisa trima gaji.
    Padahal gaji mereka besar banget. Dari mana coba bayar mereka…??????

  54. side says:

    semua bank sama manisnya di depan
    tawarannya sangat menggiurkan.
    giliran nasabah kena cekal mereka ga tanggung jawab.
    mau menangnya sendiri.
    surat lunasnya pun ga dikirim2.
    yg dikirim debt collector yg beringas2.

  55. abiq says:

    minggu lalu aku baru tau ternyata aku di black list di BI, aku mau ngajuin KPR trus di tolak. Setelah diinget2 15 thn lalu aku pernah ikut-ikutan ambil kredit tanpa jaminan 3 juta, 1 tahun lebih aku udah cicil dg lancar trus bank tsb di likuidasi, aku jadi bingung mau bayar cicilan kemana, orang banknya sendiri bilang tunggu aja dulu. setelah 1 tahunan aku terima surat peringatan dari bank lain yg menanggung, yang isinya tunggakan ku ternyata sampai 5 jutaan, karena bunga berbunga… gila aja!!! aku ga mau bayar, kan bukan salah aku nunggak. aku kan hanya nunggu sesuai informasi bank sebelumnya. aku udah komplain, lagi lagi disuruh nunggu sampai hari ini mungkin tunggakan ku udah 50 jutaan ya….??? bank ini jd spt perampok. kalo tabungan pasif, di kerok terus dg biaya adm sampai habis… tapi urusan kredit yg ditunggak atas perintah bank sendiri??? bunganya merekah terus jadi segede bunga bangkai… capedeeee….

  56. abiq says:

    tapi… tiap kali aku appy kartu kredit selalu dapet tuh… karena pada dasarnya aku bukan maling yg mau ambil uang bank, statusku baik di kartu kredit

  57. nasip says:

    Dear para Juragan..
    Untuk sekedar diketahui oleh kita semua;
    1. semua peminjam kredit dari bank (debitur) itu wajib dilaporkan ke bank Indonesia (BI)
    2. begitu juga setiap bulan, setiap kita mengangsur akan dilaporkan ke BI
    3. jika kita terlambat mengangsur, maka tidak ada data yg dilaporkan, sehingga otomatis data kita di BI/SID, akan berubah kolektibilitasnya menjadi kollek 2
    4. jika terus tidak dilaporkan maka akan meunurn terus hingga kollek 5 alias macet
    5. pada saat kollek 5 maka kita dianggap debitur macet yang nantinya terinformasikan keseluruh perbankan, dan dianggap debitur “nakal”
    6.apabila terdapat kesalahan perhitungan pada sistem bank, misal padasaat jatuh tempo ternyata kita masih menyisakan Rp.0.6,- akan dibulatkan menjadi Rp. 1,- dan ini akan masuk kelaporan ke BI dan jika tidak segera di update oleh bank nya untuk di 0 kan maka selama hidup kita tercatat sebagai “debitur nakal”
    7. hati hati juga pada saat anda melunasi kredit anda sebelum jatuh tempo kredit, karena pada umumnya perbankan begitu ada debitur dinyatakan lunas maka sistem bank tidak melaporkan lagi ke BI. sialnya, karena bank tidak melaporkan, saldo kita di BI tetap sebesar sebelum kita lunasi, akhirnya lama-lama sistem BI mencatat kita sebagi debitur macet. meskipun dibank kita pinjam ternyata sudah lunas nas nas….

    akhirnya saran saya adalah jika anda melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo, satu atau dua bulan kedepan minta kepastian kebanknya bahwa nama anda bersih di SID. Demikian juga dengan yang lunas normal, siapa tahu masih sisa Rp. 1,- Coz macet 1 milyar dan 1 rupiah sama saja dosanya bagi BI/SID.
    Ok, semoga berguna…..

  58. dee says:

    apakah bisa ketika saya mengiyakan permintaan kartu kredit via telp saya langsung terdaftar sekalipun saya tidak tahu apakah saya telah mendapatkan kartu kreditnya atau belum & tiba2 saja dari BI saya dinyatakan macet sedangkan saya tidak pernah menggunakan kartu kredit tersebut sehingga saya gagal dalam pengajuan KPR?

  59. suprihwadi says:

    Bagaiman cara untuk melihat BI cheking lewat internet

  60. damayanti says:

    saya mau ambil kredit tanpa jaminan tapi katanya saya col 2,karena ada masalah tunggakan 2 bulan kredit motor saya,sebenarnya tunggakan itu dilakukan orang lain waktu saya over kredit motor saya setahun lalu dan tunggakan itu sudah saya bayar lunas setahun lalu dan motornya saya ambil kembali dari klien over kredit saya… tapi mengapa sekarang tetap jadi masalah saat saya mau ambil kredit untuk modal usaha,,saya bingung kalo saya mau ambil KPR apa akan jadi masalah juga histori setahun lalu yang dilakukan orang lain itu,gara2 orang lain mandeg saya mau ambil kredit buat tambahan modal usaha saya

    saya minta sarannya.

    trims

  61. deddy says:

    saya nasabah KPA bank B, pembayaran saya lancar2 saja, juga gak pernah kena denda. tetapi waktu saya cek AJB dan kelengkapan administrasi yang seharusnya sudah dimiliki bank B, mereka belum bisa menunjukkan apa-apa alias nihil.Saya pun mengecek ke BPN tentang status tanah, hasilnya masih dimiliki oleh Pemda. Begitu pula dengan izin layak huni seharusnya sudah dikeluarkan sebelum dihuni karena waktu akad kredit kami diharuskan membayar tim penilai kondisi bangunan, yang terjadi izin layak huni baru dikeluarkan setelah 4 tahun dihuni. Saya meragukan surat izin layak huni yang sdh keluar karena merasa hal tersebut terpaksa dikeluarkan karena tekanan beberapa orang warga.Dan sekalipun saya tidak melihat adanya proses penilaian bangunan. Kondisi hunian kami semakin buruk bahkan bisa diaktegorikan tidak layak huni. Dalam pemikiran saya antara pihak developer dan bank B telah melakukan persekutuan jahat dalam menjebak konsumen/nasabah. Saya sudah menyurat ke BI, Bank B, developer, dan pihak pemkot yang telah mengeluarkan izin layak huni perihal masalah ini. Seharusnya pihak BI memberikan teguran keras kepada Bank B karena terindikasi melanggar prosedur penyaluran kredit. Jangan hanya konsumen terus yang di black list kalau tidak menyelesaikan kewajibannya, pihak bank B kalau perlu dilarang menyalurkan kredit oleh BI apalagi belakangan baru kami ketahui kalau mantan owner developer ternyata adalah buronan BLBI, atau jangan-jangan BI sendiri yang mesti melakukan “internal cleaning” karena kejadian seperti ini tidak saja menimpa saya tapi ribuan orang.

  62. Yani says:

    Saya pernah kredit motor tahun 2009, tahun 2010 saya mengajukan KPR BTN, namun ditolak karena katanya saya pernah nunggak dua bulan (tempo kredit 23 bulan). satu tahun telah bergulir, semangat saya untuk punya rumah masih sama, banyak bacaan yang browsing. Sampai bulan ini january 2012 saya mengeprint SID saya di BI. Catatan kredit motor saya masih ada, malah motor yang ke dua yang saya kreddit belom ada datanya. padahal juga sudah lunas dan hanya terlambat 3 hari (dalam tempo kredit 10 bulan). Yang saya mau tanya :
    - berapa tahun yang dibutuhkan agar data kredit saya bersih dan apakah itu memungkinkan.
    - jika Bank sekelas BTN, apakah menerima jika saya melampirkan surat keteranan lunas dari lembaga keuangan yang bersangkutan.
    - apa yang harus saya lakukan agar KPR saya disetujui.
    manythanks.

  63. AHMAD FADHLI says:

    Bank-bank biasanya seenaknya memasukkan data blacklist nasabah ke BI, gw pernah baca di surat pembaca ada orang yang sudah menutup kartu kreditnya bertahun-tahun, pas ngajuin kredit ke bank ditolak karena masuk dalam blaklist BI, usut punya-usut ternyata dia masih punya tagihan Rp. 100.000,-an itu timbul karena ada biaya materai ketika transaksi penutupan (karena pas nutup bayarnya pas sesuai tagihan). Harusnya ada peraturan kalo sebuah bank mau memasukkan nama nasabahnya dalam blaklist BI dia harus membuat pemberitahuan tertulis kepada yang bersangkutan. Semoga hal tersebut ditulis dalam P-BI yang baru tentang kartu kredit. Kalo nggak berarti memang BInya yang lebih memihak sama bank/investor daripada nasabah. Ngomong-ngomong memasukkan nama orang dalam blaklist BI tanpa sepengetahuan yangbersangkutan termasuk dalam pencemaran nama baik gak ya ?

    • Alex Pangestu says:

      FYI, saya pernah dapet pemberitahuan dari salah satu bank penerbit kartu kredit kalau saya dimasukkan ke daftar hitam BI karena gak bayar tagihan kartu kredit (yang sebetulnya sudah saya tutup sejak lama). Tapi setelah itu saya masih disetujui waktu mengajukan KPR. Hehehe.

      • GUSPRI says:

        Pak Alex mau nanya dr brp Jwban Pak Alex dmn py kartu kredit dan sdh ditutup lama,tp msh di tlp phk bank & mau d mskan daftar hitam BI, tp Pak Alex mengajukan KPR dan kredit kendaran di ACC. Itu bagaimana caranya Pak? apkah kartu kredit tsbt ditutup dan dilunasi atau dibiarkan saja? tks Pak Alex atas Jwbnya.

  64. metch says:

    BI Checking? KL SDH KENA SDH GK ADA SOLUSINYA PERCUMA SAJA ATURANNYA JUGA TIDAK JELAS YANG PASTI KALO BUAT ORANG KECIL KENCENG TP KL YG GEDE2 KYK KRUPUK SJ TUCH ATURANNYA UUD JADINYA………..

  65. herbert says:

    Memang sangat brengsek para pengelola bank di Indonesia ini, seharusnya pemerintah harus juga menyiapkan peraturan yang seimbang untuk melidungi para nasabah kecil karena sebenarnya ekonomi indonesia bisa tumbuh karena ada perputaran dana oleh para nasabah kecil tersebut…

  66. yuni says:

    maaf saya mau tanya kalau saya pernah di blaklist BI karna kartu kredit tapi saya kredit sepeda motor masih bisa . kenapa buat kartu kredit lain enggak bisa lagi

  67. Utk menhindari kredit macet sebaiknya Bunga pinjaman jangan terlalu tinggi mengingat terlalu ketat persaingan bisnis hingga profit yg didapat dalam bsnis tdk sebanding dg angsuran yg hrs ditanggung tiap bulanya…..Dan Pemerintah wajib tahu keluhan2 rakyat kecil dalam persaingan bis sebaiknya mampu dan mau jadi poros tengah diantara pengusaha2 di negri ini.saya yakin jk ini terwujud maka akan terwujud pulalah kesejahteraaan masyarakat secara menyeluruh.

  68. RLX says:

    PERSETAN…….mo dftar hitam, merah, biru terserah, yg penting jaminan tdk disita….dasar PENJAJAH….bikin orang bank pusing sdikit…udah gaji besar, msh peras rakyat….msh banyak tmpat pinjam uang selain bank, ratusan juta jg bisa dgn syarat n kondisi yg sma dgn bank tp tanpa ada BI checking….plus pemiliknya n karywannya pribumi, bukan cina n jawa yg notabene PENJAJAH…..

  69. MANNUG says:

    semua peraturan itu hanya untuk orang2 yg lemah….tapi orang2 BI yg kena kasus justru dak pernah kena black list…BI sok suci aja….padahal banyak orang BI yang menyalahin juga

  70. MANNUG says:

    hai orang2 BI diantara kmu2 yng kerja di BI sempurnakah kamu? sucikah kmu? pernahkah kmu berbuat salah…?

  71. abdul says:

    Slamat sore,
    numpank nanya nih, untuk kredit macet baik kta/pinjamanmotor/kartukredit yg dicatat BI…………..
    andaikan ga bisa bayar atau kurang bayarnya……itu kan diblacklist BI…
    Untuk pemutihannya, butuh waktu brapa lama sih?… thankyu atas jawabannya.

  72. win says:

    Tanya pak, kalau di daerah di mana kita bisa bertanya tentang BI cheking (selain BI tamrin di Jakarta) ?

  73. Tya says:

    Mohon maaf yah… pada awal artikel ada kalimat:

    BI punya daftar hitam yang dibuat untuk memuat nama nasabah, baik individu maupun perusahaan, yang terkena sanksi karena telah melakukan tindakan tertentu yang merugikan bank dan masyarakat…

    mohon dibedakan antara SID dan daftar hitam. daftar hitam berisi tentang data mereka yang sering melakukan penipuan perbankan seperti cek kosong, bilyet palsu, dll…
    sedangkan SID berisi data kredit. setiap anda pinjam mulai Rp1,- di bank, nama anda akan di-entry-kan bank ke data SID, yang sementara belum ada lembaga yang menangani, masih dikelola oleh BI.
    jadi bukan BI yang ‘punya’… BI hanya mengelola data dari bank.
    Banyak sekali orang yg protes ke BI karena merasa sudah lunas, tp masih ada namanya di SID.
    Harap diketahui bahwa entry data dilakukan bank masing2 dan BI tidak ada akses untuk merubah data itu. lagipula, SID akan merecord data selama 2 tahun/24 bulan. jd jika bulan ini anda melunasi, baru 2 tahun lagi data itu menghilang dari layar SID. tapiiiii, bank tempat anda pinjam tetap memiliki data itu/tidak akan hilang.

    satu lagi. kadang anda protes kenapa sudah lunas, tp tetap tidak boleh pinjam. nah, disini bank melihat perilaku (character) yang memang menjadi salah satu ketentuan analisis pemberian kredit. memang anda akhirnya melunasi, tp setelah ‘dipaksa2′. tentu bank tidak ingin mengalami hal yang sama.

    di sisi lain, bank juga tidak boleh main ‘gebyah uyah’ menggunakan data SID. kalau si nasabah kurang lancar, bisa dilihat dulu apa sebabnya. kalau memang bukan karena character, mungkin saja masih bisa dipertimbangkan. misal karena bencana alam. karena banjir/gempa, dll usahanya hancur, sementara si nasabah sudah pegang kontrak dagang dengan banyak klien. untuk nasabah seperti ini rasanya tak rugi jika bank memberikan kredit.

    pada pertengahan artikel ada penjelasan:
    Bank Indonesia memiliki sistem informasi debitur (SID) yang bisa diakses oleh bank atau lembaga keuangan lain. SID berisi identitas debitur, fasilitas pinjaman yang pernah diterima, jangka waktu pembiayaan, dan kondisi pembayaran dalam dua tahun terakhir.

    tepatkah kalimat itu? mohon dibaca pada link di bawah ini:
    http://www.bi.go.id/web/id/Perbankan/Credit+Bureau/IDI+Historis/

    kemudian mengenai Rp6000 yg dibahas di atas, perlu diketahui bahwa SID hanya salah satu alat analisa. mintalah penjelasan pada bank mengapa kredit anda ditolak, jika anda merasa tidak punya masalah dengan bank lain sebelumnya. jika anda ingin melihat data SID anda, ada syarat yang harus dipenuhi sebagaimana link di atas.

    jadi sekali lagi, bukan BI atau SID penentu kredit anda. ada banyak faktor. dan tidak ada pembedaan untuk nasabah besar atau kecil.

    INGAT!!!!! bank itu membantu mengelola uang kita. tentu kita ingin mereka mengelola dengan sangat baik bukan? kehati2an dalam pemberian kredit (dimana bunga kredit menjadi salah satu sumber mereka memberikan bunga tabungan/deposito pada kita) merupakan cara untuk menjaga uang kita…. di lain pihak, bank juga harus ingat bahwa nasabahnya tidak hanya penabung, tp juga debitur. dua2nya harus dilayani dengan sama baiknya…

    selamat berkarya untuk Indonesia :)

  74. eko says:

    menilik kasus beberapa rekan disini, berawal dari pinjaman yang tidak dimitigasi resiko sebelumnya. baik berupa kartu kredit, pinjaman konsumtif atau pinjaman usaha.
    sebelumnya saya sampaikan, sebelum meminjam / menjadi debitur, pertimbangkan kembali manfaat dan resiko dari pinjaman anda. karena anda harus menepati konsekuensi dari pinjaman tersebut, yaitu melunasi pokok pinjaman beserta bunga yang sudah anda setujui saat menandatangani perjanjian kredit. termasuk penjualan asset apabila pinjaman anda disertai jaminan.
    sungguh sangat disesali melihat umpatan atau makian dari rekan sekalian sementara ybs sendiri tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan pinjaman.
    untuk beberapa kasus, bank mungkin melakukan kesalahan, baik dalam pendataan maupun penagihan. terlepas dari kesalahan bank, kita sebagai konsumen sudah selayaknya mempelajari dengan baik struktur dan karakter dari pinjaman yang kita ambil. perhatikan dengan detail, jangan karena kebutuhan mendesak (Butuh Uang) lantas mengabaikan hal-hal yang anda anggap sepele ternyata menjadi masalah bagi anda dikemudian hari.
    mari belajar bersama menjadi konsumen bijak.

  75. Lauren says:

    Tahun 2010 kartu kredit saya sudah tidak aktif lagi karena saya tidak memperpanjangnya dengan cara tidak membayar lagi iuran tahunannya. Apakah dengan begitu saya terkena blacklist dari BI?

  76. oke says:

    mohon bantuan dan penjelasan
    dulu saya memiliki tunggakan 2 kartu kredit yg sudah lama tidak sy bayar,dan sy pernah mengalami penyitaan kendaraan bermotor,tapi skarang saya berniat ingin melunasinya karena sy hendak mengambil rumah melalui KPR.
    pertanyaan saya :
    1. yg harus sy bayar apakah cuma pokokny saja atau dngan bunga
    2. apakah pembyaran beda bank bisa d satu tempat atau harus di bank yg bersangkutan
    3.meskipun nanti sy sudah lunasi kartu kredit macet tsb nama sy akan bersih di BI,atau tetap bermasalah karena penyitaan kendaraan
    4. berapa lama proses pemutihan dari pihak bank

  77. Wardhani says:

    Benar sekali, dulu saya pernah mengajukan kredit di bank B** . Yang pertama sangat mudah, satu minggu setelah pengajuan langsung cair walaupun saat itu saya baru memiliki kredit motor. Satu tahun kemudian saya juga mengajukan pinjaman di bank Syariah M selama tiga tahun. Dua tahun kemudian saya mengajukan pinjaman lagi ke bank B**, akan tetapi sangat sulit. Memang karena kesibukan pekerjaan dan keterbatasan waktu sehingga untuk pembayaran cicilan motor saya sering telat. Padahal saat pengajuan kredit tsb cicilan motor saya di AD**A Finance sdh lunas. CS dari bank B** pun mengkonfirmasi apa benar saya punya kewajiban di bank Syariah M, berapa jumlahnya pembayaran tiap bulan dan kenapa saya selalu telat melakukan pembayaran cicilan motor. Akhirnya saya termasuk dalam kategori 2 (kata CS bank B**) karenanya pengajuan kredit saya pun sulit dan harus melengkapi “data-data ekstra”. Sudah satu bulan belum juga cair. Ya, saya hanya bisa berdo’a dan berharap semoga bisa segera dicairkan. karena ada keperluan yang sangat mendesak.

  78. adriel says:

    Biasa nya jangka waktu berapa tahun ada pemutihan dari BI mengenai yang di blacklist ?? ( dihitung mulai dari kredit macet )

  79. adriel says:

    berapa lama jangka waktu pemutihan dari BI ?? ( dihitung dari mulai kredit macet )

  80. tami says:

    kalo nama kita sudah masuk SID di BI, apa bisa nama kita ‘bersih’ kembali.. ? jika bisa, biasanya dlm jangka waktu brp lama ya pak ? thanks

  81. martin says:

    Mohon pencerahan kalau kita macet dan tidak bayar SID benar lg bisa tidak dan kalau bisa berapa lama? dan kalau yang macet macet bayar cicilan sampai 3 bulan tapi dibayar sampai lunas SID bisa benar berapa lama ? thanks

  82. Jadi apabila BLACKLIST di BI atau LEASING orang – orang tersebut tdk dapat memiliki atau mengajukan Kredit Pemilikan Rumah…..kasian bangeet kalau begitu nasib-nya,senasibdgn saya juga dong…hidup ini kejam….tdk ada ampun,memang uang awal dari sebuah MALAPETAKA…seandainya di negara ini tdk ada Bank….tapi ada Rentenir,,,,jadi pingin rumah harus punya uang banyak…itu aja…”Mohon lah BI sekiranya dapat membantu orang2 yg blacklist,padahal pada awalnya sales2 kartu kredit saat mencari calon mereka NGEMIS2 agar orang2 dapat memakai produk kartu kredit agar menjadi MEMBER BANK – nya….jadi “JANGAN TERGIUR DGN SALES2 KARTU KREDIT…..kalau kita belum punya penghasilan yg mapan…NYESEL saya…insyallah 7 turunan jgn kenal lagi ama kartu kredit …(walau utk saat ini saya masih ada keterlibatan/urusan dgn Bank)

  83. semua bs diatasi tergantung mo nego berapa….,!!!!!!!!!!!!!!!!!

  84. semua bisa diatur …., sama orang dalam….., bi…..!!!!!!!!

  85. bagaimana bisa tahu nama seseorang masuk daftar hitam atau tidak di BI

  86. Kunjang says:

    Saya pernah punya masalah dengan kartu kredit, sehingga saya sering di telp oleh pihak bank, lalu datang debt collector dengan memberikan pilihan, pertama bayar 3 x per bulan sampai lunas, kedua bayar 50%, yang ketiga bayar bunganya aja, lalu saya pilih bayar 50% dari total tagihan, waktu itu sekitar 6.000.000, dan saya bayar 50% kepada debt collector tersebut… tiga bulan pertama aman, ngga ada yang telp ke rumah, eh bulan ke empat ada lagi telp, dan datang debt collector lagi, kemudian debt collector tsb membawa kartu kredit dan tanda bukti lunas yang sudah saya terima… Lalu bulan kemaren ada telp lagi dr bank… Saya bilang aja udah lunas, tp bank tersebut bilangnya belum. Nah bagaimana saya bisa membereskan semuanya hingga clear, sedangkan saya ngga tahu dimana alamat debt collector yang pernah datang ke rumah saya… Kalau status saya seperti ini, apakah saya juga di blacklist oleh BI???

  87. francisca says:

    tagihan di provider telephone pasca bayar termasuk tidak… kalau kita tidak punya tagihan apapun.. alias sudah lunas status kita selanjutnya bagaimana ??? thx

  88. widodo says:

    Yang harus di ingat, kita berurusan dengan BANK itu berarti kita berurusan dengan SYSTEM bukan dengan MANUSIA. Makanya ketika kita ada pinjaman yang kurang 6 ribu rupiah hal itu akan dikejar terus sampai di liang kubur. Saran saya jangan coba – coba melawan pihak Bank. Kita / Nasabah yang akan rugi sendiri.

  89. Artikelnya Bagus sekali sungguh memberikan edukasi

    melalui forum ini saya ingin menanyakan bagaimana caranya agar kita tidak masuk kedalam daftar hitam BI, dan bagaimana cara pencegahan awalnya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    Samuel Aprialdi
    Sukabumi

  90. BAGAIMANA MENGETAHUI STATUS DI BI MASUK DAFTAR HITAM ATAU GAK

  91. artha says:

    ooowhh..begitu ya
    baru tau, mesti ati2 dunk

    ide-menarik.blogspot.com

  92. Sri Q says:

    Mohon solusi nya..

    Saya ada tunggakan credit card di bank A & bank B.. tp bank B sudah saya lunasi hingga surat pelunasan diterima. Mengenai Bank A sedang dlm tahap pelunasan..
    yg mau sya tanyakan..
    1. bisakan nama saya di hapus dlm daftar hitam.
    2. bisakah kartu kredit yg pernah menunggak di aktifkan kembali..

    smua ini karna sya ingin mengajukan KPR . terima ksih.

    • Alex Pangestu says:

      1. Biasanya dalam waktu dua tahun catatan buruknya sudah hilang.
      2. Sepertinya sih bisa.

  93. asty says:

    Dear…
    Dalam waktu dekat, saya dan suami saya akan mengajukan KPR, saat ini kami masih punya cicilan kredit motor, dan kami biasanya membayar cicilan tersebut lewat atm, tanpa kami sadari pernah ada 1 x kesalahan waktu kami melakukan pembayaran , yaitu salah memasukan kode jenis cicilan yang seharusnya motor, tapi kami memasukkan kode untuk mobil, dan itu kami sadari sewaktu kolektor datang kerumah kami untuk menarik motor tersebut… untunglah smua struk2 ATM itu kami simpan, jadi bisa kami konfirmasi ulang ke finance kredit tersebut, sehingga masalah bayar membayar bisa terselesaikan, yang jadi pertanyaan kami : “apakah kejadian tersebut bisa mempengaruhi pengajuan KPR kami? mohon konfirmasi dan jawabnya

    thanks
    ast

  94. meina says:

    selamat Siang..

    Saya mau bertanya, teman saya menggunakan alamat rumah saya dalam pembuatan Kartu Kredit Bank Danamon tanpa memberitahu/ ijin kesaya terlebih dahulu, dari pihak danamon sendiri pun tidak pernah menelpon maupun survei teman dan akhirnya permohonan kartu kredit itupun direalisasi namun hingga hari ini teman saya menunggak cicilan, sehingga nama baik saya di blacklist bank, apakah ada cara untuk mengembalikan nama baik saya??
    terimakasih…..

    • Alex Pangestu says:

      Yang tercatat hanya alamat rumah saja, seharusnya nama Mbak Meina enggak masuk daftar. Coba buat lapor ke Bank Danamon, tanya prosedur yang harus dilakukan untuk masalah ini.

  95. AyangImutz says:

    Data saya dah 6 thn lebih blm ilang d Black List BI.
    BI begitu sayang sama saya….. SayaAaaang Bangeet. Krn sampai sekarangpun masih terdaftar jelas…. BLACK LIST

  96. AyangImutz says:

    Beberapa Tmn byk yg mempunyai kasus yg sama dia ganti identitas… Ajuin kredit/KK & KTA dpt d setujui. Apa perlu ganti identitas pak,Sebetulnyakan salah…. Mohon masukannya.

  97. sugeng says:

    saya punya masalah KPR karna check list oleh BANK BI Gmana jalan solusi Bapak….

  98. sugeng says:

    Sudah dua bank yang menolak KPR, Alasan bank check list pernah menuggak di bank gmana jalan solusinya Bapak ………………

  99. desy says:

    Mohon info..
    saya memiliki KPR di bank “A”, atas nama saya, yg sudah berlangsung selama 3th ini. Selama ini pembayaran selalu lancar tidak pernah terhambat. Tetapi saya ingin juga memberikan orang tua saya rumah baru, apa bisa saya mengajukan KPR lagi di bank “B” atas nama saya juga? Saya mohon info nya, karena saya tdk tau harus tanya ke siapa.. orang tua saya sdh berumur, ini adalah salah satunya cita2 mereka.. saya ingin membahagiakan mereka.. terima kasih.

  100. wawang says:

    bisakah tunggakan yg sudah 3 tahun dilunasi, sisa tunggakan saya kira-kira Rp.110.000,berapakah yg harus saya lunasi

  101. hendra says:

    Salam.
    Pak ada yang mau saya tanyakan tentang BI Checking. Saya kan mau mengajukan KPR tahun Ini. Cuma saya masih menyelesaikan Program cicilan Kartu Kredit.Kemudian tahun 2007 saya pernah ngajukan KPR tapi Developer dan tanah KPR tersebut dalam sengketa dan bermasalah shg mulai tahun 2008 sampai sekarang tidak saya bayar cicilan karena tida jelas status tanah tersebut.Hal yang mau saya tanyakan :
    1. Apakah saya termasuk golongan Blacklist BI?
    2. Bagaimana saya mengetahui status sya di BI?
    3. Saya heran pak, Kartu Kredit saya yang satu masih dalam program Cicilan, tapi saya bisa mendapat kartu kredit baru dari bank lain yang sejenis (bumn). Apakah berarti saya tidak termasuk daftar hitam BI karena bisa keluar kartu kredit baru tersebut?
    4. Syarat apa saja kalau mau menanyakan BI Cheking di BI?

    Atas informasinya saya ucapkan terima kasih.

    • 1. Kemungkinan masuk.
      2. Bisa melakukan BI checking di kantor BI Sarinah
      3. Sepenuhnya kebijakan bank menentukan seorang memenuhi syarat atau tidak. Mungkin Anda dianggap layak.
      4. Yang ini saya kurang tahu, tapi mungkin KTP saja cukup.

  102. hendrizal, ssi, msi says:

    kebijakan BI Checking harus di evaluasi, bagaimana perbandingan kredit bermasalah dahulu sebelum adanya BI Checking di bandingkan dengan sekarang setelah adanya BI checking. Jangan sampai BI checking hanya di jadikan alasan untuk mengotakan masyarakat sehingga banyak masyarakat menengah kebawah yang tidak bisa menikmati subsidi suku bunga kredit seperti KPR.

  103. iben sinaga says:

    tentang pjpa bank senilai 840.jt yg sudah setuju ikut asuransi (tanda tangan),uang sudah cair,dan bahkan sudah mengangsur pertama,kemudian sidebritur tersebut meninggal dunia disebabkan tersengat aliran listrik,tetapi dari pihak bank tersebut memaksa untuk tetap membayar dengan alasan belum cek medikal sidebritur(mendiang),nah yg mau saya tanyakan disini apa sebetulnya fungsi dan tujuan dari asuransi,cek medikal tesebut dan syarat pencairan uang tersebut,trims…

  104. jarno says:

    sekarang saya punya cicilan speda motor pd lembaga non bank.yang masih berjalan kurang 1thn.memang dalam pembayaran sering telat1-7 hari.dikarenakan pembayaran gaji saya telat.yang saya tanyakan,Apakah mungkin bila saya lunasi dendanya,nama saya bisa bersih dari blacklist bi?sedangkan angsuran saya masih berjalan????
    trima kasih..

  105. jarno says:

    kemungkinan nama saya bisa bersih .butuh waktu berapa lama?trima kasih……Mas.

  106. vay says:

    saya sedang menyelesaikan pelunasan kk via debt colt apakah masih msk daftar blbi, padahal sudah 2 tahun saya rajin membayar walaupun blm lunas.

  107. iben sinaga says:

    jadi apa jawabannya,pak??

  108. Edo says:

    Saya ditawari aplikasi Kartu Kredit Bank ANZ saya minta dikirimi aplikasi via email, namun setelah saya pikir saya urungkan (karena saya sudah punya 2 kartu kredit). Apakah kartu kredit saya bisa disetujui mereka tanpa saya mengirimkan persetujuan permohonan aplikasi kartu kredit?

  109. Dudi says:

    Perusahaan saya mengharuskan saya menggunakan corporate card yg disediakan di Bank “D”. Namun setelah saya ajukan, ternyata aplikasi saya ditolak dengan alasan nama saya muncul di SID BI, beliau menjelaskan bahwa saya mempunyai “sangkutan” (beliau tidak menjelaskan secara detail) di bank “D” tersebut.
    Apakah bisa nama saya mempunyai sangkutan di bank “D” sedangkan baru kali ini saya berurusan dengan bank “D” ini, itupun karena perusahaan saya mengharuskan saya menggunakan corporate card tersebut.
    Bagaimana cara mengecek data2 saya yg katanya mempunyai sangkutan di bank tersebut? karena jawaban yg saya terima tidak terlalu jelas. Kalaupun saya mempunyai sangkutan, bukankah seharusnya saya mendapatkan surat tagihan atau rekening di bank yg bersangkutan?

  110. caca says:

    malam mau tanya nih
    Saya punya bnyk cc tp cuman 1 yg males d byr yg lainnya lancar
    Nah sudah sktr 2 bln lebih sya mengabaikan min payment karna saya tdk merasa sampai sbegitu besar memakai cc tsb,sya sdg dlm niat baik untuk melunasi nya dan mengusut dr awal knp cc sya bisa sampai 4jt skian padahal d awalnya sya pakai 1,5 dg pembayaran 1jt stiap bulan slama 3 bln tp masih tdk ada perubahan
    Yg saya tanyakan apakah slm dlm proses ini saya tdk membayar apakah sya akan masuk black list?
    Dan saya sedang dlm pengajuan kta k bank lain dg menggunakan cc yg lancar saya bayar akan d setujui?
    Brp lama prosesnya kita masuk black list?(1-2bln misalkan)
    Trims

  111. iid says:

    pagi pak estu. saya mau tanya? nama saya dipinjam ama teman untuk pinjaman di bank, dan jaminannya jg rumah teman sy. akhir 2 ini bayar nya dia sering telat. krna bunga nya terasa berat. seandai nya dia berjanji di bank 4 bln lagi saya lunasi semua pokok pinjaman nya aja di bank , trus gimana nama sy di mata BI . TRIM S

  112. yui says:

    aq nunggak kartu kredit selama 2th, karena kasus kebakaran, harta ku abiz dilahap api, ini aq baru mulai bangkit lagi, yang aq tanyakan apa aq masih bisa buka rekening bank ya, thx info nya

  113. Deni says:

    Dear Mas Alex,

    Mohon informasinya dari beberapa pertanyaan saya :
    1. saat ini saya masih punya kewajiban angsuran Kredit Tanpa Agunan di MANDIRI , selesai november 2012 nanti [ 18 kali cicil ] ,pembayaran menggunakan autodebet rekening saya. Selama pembayaran, katakanlah jatuh tempo tgl 21 karena tidak ada saldo, baru terpotong diawal bulan bersamaan gaji saya turun..selalu seperti itu hingga kini..dari penjelasan tersebut apakah saya terhitung mempunyai tunggakan, walaupun pada akhirnya kedebet disetiap awal bulan ?
    2. apakah dengan case diatas, saya dikategorikan masuk blacklist BI ?
    3. apabila ya, berapa lamakan bisa clear yg sebenarnya kondisi saya tersendat karena usaha yang saya dirikan kurang maju

    Salam,
    Deni

  114. kia rebelina says:

    saya punya tanggungan kredit motor masih 1 tahun lagi dan saya mau buat kartu kredit bagaimana saya memang kalo bayar motor tiap 3 bulan sekali…apakah saya termasuk daftar blacklist bi? saya sudah mengajukan sid via online di bi? lalu apakah bisa berpengaruh cicilan motor saya dengan aplikasi kartu kredit saya nanti?

  115. GUSPRI says:

    Melanjutkan pertanyaan Tmn yang bermaslah dgn Bank H,,, mengenai Kartu kredit Bank H,,,bahwa sy pernah bermaslah dgn KK bank ini tp tahun kmrn sy lunasi, berhub. tinggal di kota kecil dmn Bank H,,, belum ada cab maka sy transf dgn minta dengan surat pelunasannya kpd pihak mereka Bank yg menelpon sy dan katanya mau di Fax dan dikirim tapi smp skrg belum ada. stlh itu sy mcari info ketemen2 yg pernah bermasalah dgn KK Bank H,,,kt mereka yg sdh melunasi mengatakan Bank tersebut tdk pernah mengeluarkan surat pelunasan. Jadi bagaimana kami mngecek bahwa KK tersebut sdh kami Lunasi. Tks

  116. eko j says:

    malam pak…
    saya mw tanya dan butuh pencerahan teman2 yg punya pengalaman,,,sy lg mengajukan KPR rumah, dan dalam waktu dekat ini akan segera akad,,, cuma disisi lain sy ada niat untuk meminjam uang ke bank lagi skitar 300 jt untuk memulai usaha developer,, yg sy kawatirkan apabila sy akad nanti, tdk dpt meminjam dana lagi karna ada tanggungan utk KPR?>>> PERTANYAANNYA apakah nanti nya sy tdk bermasalah dengan renc peminjaman td, karna dana tersebut sy butuh untuk usaha…. apa bila menyulitkan nantinya lebih baik sy batalkan akad KPRnya,, mohon pencerahannnya, apa saran terbaik yg harus sy lakukan….
    trimkasih….

  117. Dheena says:

    Bgaimana bila saya sudah punya kredit KPR selama 10 tahun Pak ? dan sudah berjalan 5 tahun dengan cicilan 1 juta, waktu itu saya ambil KPR untuk orang tua saya yang berumur diatas 50 tahun, sementara saya sekarang sudah berkluarga dan ada rencana mengambil KPR dengan cicilan 2.5 Pak, sementara waktu dulu orang tua saya selallu telat membayar KPR rumah tersebut. apakah saya masuk SID BI ceking dalam black list ya Pak. Mohon infonya ?

  118. wana says:

    Bagaimana dengan Pejabat BI sendiri yang terlibat korupsi apakah dia masuk daftar BI checking ? orang berhutang hanya dibawah 10 juta sudah masuk daftar BI kalau pejabat BI sendiri korupsi milyard sampai trilyunan ..

  119. nina says:

    Pak Alex, suami ingin mengajukan kpr tapi saya masih menyicil utk pelunasan kartu kredit. Apakah jika suami yang mengajukan bisa pak?selama ini suami tidak ada masalah dalam pembayaran apapun.apakah kpr suami bisa disetujui?trm ksh

  120. aw says:

    Met Siang, salam sejahtera tuk smua..
    yth. rumah.com : sy pny tmn yg pnya mslh kk & tmn sy pnya bbrp kk bank hingga 70jt & sdh nunggak 3bln. sbg catatan lain dia sdh punya rmh cm msh kredit jln 3th (katanya uang DP dr mertua, jd dia yg anggsur),& dia berniat byr lunas kk dg cara over krdt/jual rmh tsb k phk lain.
    prtnyaan : apa bs dia jual/over krdt rmh tsb lalu lunasi kk & ambil kpr lg?? bagaimana cara detail nya?? trmksh atas jawabannya.. GBU

  121. amoy says:

    seharusnya bila kita sdg melakukan usaha atau sudah bekerja tidak usah meminjam uang dari bank ataupun dari perusahaan kapitalis .. karena bilamana macet atau pinjaman tidak bisa dibayarkan, mereka spt bank atau perusahaan kapitalis tersebut hanya menyembah uang .. mereka akan melakukan apapun sampai dengan uang yang dipinjam akan kembali .. yang pasti mereka juga berbisnis, dengan harapan .. modal besar yg mereka keluarkan, akan dikembalikan besar pula oleh konsumen peminjam .. apalagi kalau macetnya melebihi batasan umum .. mereka akan menambahkan biaya cost untuk pihak ketiga sehingga pastinya tagihannya juga akan membengkak .. bila saja sang Bank atau perusahaan kapitalis itu mengurus tagihannya sendiri dan mau melakukan negosiasi atas dasar win win solution .. tidak perlu si peminjam membayarkan fee konsultan penagihan bank yang masuk kedalam penagihan Bank .. seharusnya kita juga harus tau, mana bank yang memberikan kredit kepada konsumen dengan mengedepankan asuransi kredit kepada BI .. sehingga bilamana ada kreditur meninggal atau mengalami ketidak mampuan membayar maka assuransi dapat menanggulangi keadaan tersebut .. semua adalah permainan .. siapa yang kuat itulah yang menang .. itulah hukum rimba .. hebat .. tagihan 6 juta, bbrp tahun kemudian menjadi 125 juta .. jangan juga salahkan kapitalis .. karena kita sendiri juga yang membiarkan dan menjadikan mereka tumbuh di negeri kita .. kalau saja kita berpikir ulang ttg hidup sederhana atau cukup .. maka kita tidak pernah punya keinginan untuk berhutang atau memutar uang dengan berhutang .. semoga BI tidak membiarkan praktek-praktek kapitalis kepada rakyatnya sendiri .. yang sudah susah, .. kemudian diberikan iming2xi dan dirayu utk mengambil kredit, tapi sebenarnya itu adalah jebakan untuk membuat rakyatnya miskin .. hmm .. meminta ampunlah untuk orang2x pengambil keputusan kepada tuhanNya masing2x .. karena telah membuat rakyat sengsara .. tdkkah mereka tau kalau mereka spt lintah darat, yang di hari pembalasan nanti dengan perut membuncit .. nauzubillah himindalik .. mudah2an mereka diberi ampunan ..

  122. afridawati says:

    pak bagaimana kalau cicilan kita jatuh tempo 8 juli kemudian sampai tgl 23 juli 2012 belum kita bayar apakah kalau di BI ceking tgl sekarang sudah kelihatan?

  123. afridawati says:

    pak bagaimana kalau jatuh tempo cicilan saya tgl 8 juli 2012 kemudian sampai tgl 23 juli 2012 sy belum bayar apakah kalau di BI ceking sekarang sudah kelihatan?

  124. rani says:

    Pak, 3 tahun yang lalu saya punya kredit macet. Sekarang suami saya mau mengajukan kpr. Apakah kredit macet saya akan mempengaruhi kpr yang diajukan suami saya ya pak? terima kasib sebelumnya.

  125. ika says:

    Suami sya pegang bebrp kartu kredit,tdinya utk modal usha.krn suatu saat suami sy hrus mnjlankan tugas dri ktr akhirnya usha kami terbengkalai dn akhirnya timbul tunggakan pembyran kartu kredit dn bisa diblg sdh macet lah.suami sya jga pnya bbrpa kta dn semuanya terbengkalai utk pembyrannya.dn sdh pasti jka di bank cheking pst sdh jelek lah hsilnya.nah ???? sya ingin tnyakan,apakah status sya di BI jga sama dengan suami sya mengingat sya pemegang kartu kredit tambahan.mohon infonya krn saat ini sy ingin mengajukan pinjaman utk melunasi semua tunggakan kartu kredit dn kta suami sya.sya sangat membutuhkan infonya.trima kasih sebelumnya.

  126. ika says:

    Kapan yaa pertanyaan sya akan di respon?sy benar benar membutuhkan jawaban itu.trima kasih

  127. ika says:

    Sya adlah pemegang kartu kredit tambhan an suami sya, pembyran kartu kredit tersebut sdh menunggak bbrpa bulan.apakah nma sya jga akhirnya termasuk dlam daftr nsbh bermsalah?mohon jawabannya.trimakasih

  128. YONO says:

    Bpk yg baik,maaf sy mau tnya yg sy alami skarng ini,sy seorng wiraswsta sdh 4 bln ini sy pengajuan di bank2 tdk bisa d krnkan ada pnjman sy yg di slah stu bank negara macet sdh 7 bln ini,tiap wktu/hari sy d teror trs …yg ingin sy tnykan ? smpai brp bln ,thn ke arah penyitaan itu,tp sy smua itu tdk sy ingin kan,ALHAMDULILLAH usha sy skrng ya mulai lumayn …..tp smpai skrng blm bisa byr ke bank ,penghasilan usaha sy semntara tk buat kemblkan utang sy ke org2 pribabi itu jg berbunga…ya ALHAMDULILLAH krng sedikit , apakah bisa di perbaiki hub sy dengan bank trsbut mhn penjelasan nya……matursuwun

  129. ika says:

    Pak mohon jawaban atas pertanyaan sya di tgl 26,27 dan 28. Kok belum ad jawabannya ya, sebenarnya tau ga pak utk jawaban pertanyaan sya di atas?

    • Anto Erawan says:

      bu Ika, mohon maaf baru saya jawab, karena banyak sekali spam masuk ke blog ini. begini, saya rasa nama ibu pun tertera di BI sebagai pengguna kartu kredit tersebut. jadi untuk membayar utang tersebut, sebaiknya ibu mengagunkan properti.. mudah2an menjawab.. :)

  130. hery wibowo says:

    saya ingin melunasi pinjaman almarhum bpk saya di bank BRI cabang majenang, sedangkan no rek almarhum saya tidak tau. surat2 yg berhubungan dengan bank BRI pun hilang. bagaimana cara melunasinya??? sedangkan yg dugunakan untuk jaminan adalah sertifikat rumah. tolong bantuannya.

    • Anto Erawan says:

      pak hery, saat membuka rekening atau pinjaman, biasanya bank akan mem-foto kopi KTP nasabah. mungkin bapak bisa melacaknya lewat sana.. setahu saya, bapak juga akan diminta mengurus surat kehilangan dsb.. mudah2an membantu :)

  131. budi says:

    di dunia itu emang penuh ketidak adilan, bsok kalo diakhirat pasti adil. jangan takut, yg arogan didunia akan mndapt siksaan yg lebih berat. benar sebaiknya kt hidup sederhana aja. emang sih utk org yg sdh terjerumus hutang susah keluarnya. hrs ada org yg membantu/ menolongnya. namun skrg susah memang ada org yg mau menolong org yg terlilit hutang, banyak yg egoistis. smoga Alloh SWT memberikan pertolonganNya. belajar hidup tanpa hutang lebih utama, atau setidaknya hutang tdk lebih dr 25% penghasilan kita. andaikan bank jg punya itikat baik sesuai aturannya, tdk bakalan ada nasabahnya yg macet. sering marketing bank melenakan nasabahnya di awal yg sesungguhnya itu jebakan yg menyengsarakan. kalo ada permasalahan macet pihak bank sebenarnya jg besar kesalahannya waktu analisa kredit. kalo win-win solution shrsnya pihak bank apabila ada kredit macet sdh tercover asuransi atau diubah jad cicilan yg sesuai kemampuan bayar. kartu kredit dg bunga yg sangat tinggi shrsnya punya proteksi spt itu. sayang entah itu ada kepentingan bisnis para preman, bank lebih mengedepankan debt collector sbg solusi kredit macet. para pegawai bank, maaf shrsnya anda takut azab Alloh SWT kelak di akherat.

  132. la tansi.SE says:

    saya punya kpr di salah satu bank ,tetapi pembayaran kredit saya sudah terlambat 6 bulan .apakah saya bisa mengajukan kredit ke bank lain dengan jaminan yg berbeda. tlg penjelasannya sebelum sy mengajukan permohonan

    • Anto Erawan says:

      setahu saya kredit limit KPR bisa sampai 9 bulan, tetapi itu tergantung kebijakan pengembangnya.. kredit bisa dipindah ke bank lain, tetapi harus diurus ke bank peneydia kredit saat ini, karena pada hakikatnya bank tersebut telah membeli rumah bapak ke developer.. demikian :)

  133. melati says:

    sy prnh kredit mtor melalui slh satu bank, dan sekarang sudah lunas…tp ketika sy mengajukan pnjaman di bank lain dan dilakukan BI checking oleh bank trsebut, saya dibilang blm byr selama 5bln….langkah apa saja yg harus sy lakukan, trmksh

    • Anto Erawan says:

      mbak melati bisa minta keterangan lunas dari bank pertama. setahu saya BPKB diberikan jika cicilan sudah lunas.. tetapi saya ga tau apakah itu bisa jadi alat bukti :)

  134. Adi Arianto says:

    Saya sepakat dengan prinsip hidup sederhana. Apapun alasannya, jika kita terlanjur menggunakan jasa (kredit) perbankan, maka kita telah masuk dalam jebakan “rentenir” berbadan hukum. Jika hendak memulai usaha, mulailah dengan modal sendiri, cari usaha yang kecil-kecil saja dulu.

    Praktik perbankan di Indonesia saat ini, sudah banyak yang menyimpang dari prinsip-prinsip keadilan. Debitur atau nasabah selalu dalam posisi yang kalah. bahkan, konsep syariah, yang belakangan banyak ditawarkan oleh perbankan, belum sepenuhnya selaras dengan ajaran syariah yang ada.

    Banyak di sekitar kita, terdapat bank-bank nakal. Sistem Informasi Debitur (SID) bahkan telah menjadi ‘alat’ bagi mereka untuk mengembangkan usaha ‘jualan uangnya’. Bank, acapkali menyampaikan data debitur yang buruk, hal ini dilakukan agar debitur yang bersangkutan tidak dapat mengajukan kredit di bank lain selain bank tersebut. Ini merupakan bagian dari strategi bank untuk mengikat konsumennya.

    Rasanya memang sudah saatnya pemerintah mengambil peran untuk mengatasi hal ini. Jika dibiarkan berlarut-larut, entah apa yang akan terjadi pada perekonomian bangsa ini.

    Saya yakin seratus persen, masyarakat yang mengajukan kredit di perbankan, pasti didasari dengan itikad baik. Jika tidak, mengapa mereka mau melengkapi persyaratan identitas diri yang valid?

    Jika ada yang menyerukan GERAKAN ANTI KREDIT, atau GERAKAN ANTI MENABUNG di perbankan, saya sangat setuju.

  135. saya seorang nasabah ACC,tanggal jatuh tempo saya sebenarnya setiap tanggal 25 lalu di robah pihak ACC menjadi setiap tanggal 7,dan hal ini tampa sepengetahuan saya,apakah memang begitu suka-suka pihak lesing merubah-rubah tanggal jatuh tempo,dan apakah tidak ada hak nasabah untuk keberatan dalam hal itu

  136. ipit says:

    Sy pny utang kartu kredit di beberapa bank. Dan macet sekitar 7 thn lalu. Karna suami masuk penjara dan tidak ada penghasilan. Skrg sy mau melunasinya. Kmn sy harus dtg?ke BI atau bank penerbit. Sy berencana mencicil ulang hutang hutang sy. Apakah bisa?

  137. hayatul husni says:

    saya mau bertanya.kenapa kartu kredit yg tak pernah sy aktifkan hrs dibayar jg tagihan nya dan adm nya.mhn penjelasan nya.sebab krn itu sy ter black list di BI

  138. bram sakti says:

    mohon saran saya karyawan swasta buruh pabrik yang mengajukan pinjaman sebesar 30 juta , menurut pihak bank berdasarkan SPT bapak hanya bisa mengajukan pinjaman sebesar 15 juta, dan 15 juta saya setujui namun ke esokan hari pihak bank menginformasikan ‘ pengajuan bapak tidak di setujui dengan alasan punya cicilan yang nunggak, dan saya paham pihak bank mengetahui perkreditan saya dan saya mengerti dan berpendapat tidak lolos di bi cheking nya karena tunggakan motor atas nama istri saya, yang saya bingung sudah beberapa kali pinjaman ke bank saya di tolak walau pun saya menjaminkan sertifikat dan siup usaha sampingan percetakan saya, apakan butuh 100 TAHUN untuk di percaya bi cheking, dipikir lebih mudah pinjam ke rentenir tapi itu bukan solusi , dan saya memanfaatkan koprasi karyawan untuk pinjaman 15 juta jangka 10 bulan , 3 juta untuk 2 bulan pun saya sanggup walau hanya gaji umk saya 1,3 jt daerah karawang karna ada tambahan lain di percetakan maaf bukan sombong terima kasih

  139. Its Kesenangan untuk memahami blog Anda. Artikel di atas cukup luar biasa, dan aku benar-benar menikmati membaca blog Anda dan poin yang Anda dinyatakan. Saya sangat suka muncul kembali secara khas, posting banyak lainnya yang berjarak topik. Terima kasih untuk berbagi … terus menulis!

  140. rama says:

    bagaimana cara ingin tau nama kita / orang lain yang di black list atau tidak di bank BI?
    terima kasih!!

  141. nei2 says:

    pak, ada bbrp hal yg mengganjel di benak sy, krn saat ini sy ingin mengajukan KPR:
    1. sebelim menikah suami sy pernah punya tunggakn kartu kredit, tp kemudian sdh dlunasi, kejadian sekitar 4 th lalu, apakah masi di blacklist dan menghambat BI cheking sy yang akan join income?
    2. sy pemilik 2 kartu kredit, sy sangat aktif dlm pengunaan cc utk belanja kebutuhan di supermarket, tp begitu tagihan muncul sy selalu bayar tagihan tepat wktu tdk melampaui JT. apabila sy mengajukan KPR, apakah tagihan berjalan yang belum jatuh tempo akan di lihat sbg tunggakan pd saat BI checking?

    tolong di jwb ya pak, trims

  142. garneli says:

    bank pemberi kredit harusnya tdk hanya mengacu pada SID, yg mencerminkan caracter seseorang dlm hal kredit, krn dari beberapa kasus bnyk yang sepenuhnya bukan hal yg disengaja atau bahkan mungkin adapula kesalahan dari SID itu sendiri. seharusnya dlm memberikan kredit selain caracter, kan msh ada 4 C yg lain yg lebih penting (para analis kredit pasti lebih tahu), jgn hanya krn SID orang yg seharusnya usahanya bs berkembang menjadi terhambat, padahal mereka mempunyai kemampuan bayar jika diberi kesempatan. demikian semoga menjadi masukan untuk para pengambil kebijakan dalam perkreditan.

  143. jeffry says:

    syalom,

    saya punya pertanyaan, saya mau mengajuakn kredit tanpa anggunan tapi istri punya riwayat bi ceking, dengan kasus namanya pernah di pinjam oleh temannya untuk kartu kredit dan bermasalah. apakah pengajuan saya (suami) untuk KTA akan di realisasikan .terima kasih.

  144. hery says:

    tolong penjelasannya yah..
    saya sedang mngajukan kpr rumah, setelah wawancara kemudian pihak developer telpon saya bhw data sy Di BI blacklist krn ada keterlmbatan bayar kredit motor. memang sy akui itu krn pd saat itu sistem Di kantor pos error, namun motor itu udah lunas skrg. keesokan harinya kenapa data istri sy Di jadikan alasan LG bwt mereka menjadikan kendala untuk sy. singkatnya mereka bilang bisa bantu upaya pemutihan data sy asal mnyediakan sejumlah uang.???
    bgaimna pendapat kalian mngenai kasus sy Di atas. sy yg mengajukan kpr namun data istri sy yg bermasalah mnjadi hambatan. apa benar seperti itu..
    tolong Di bantu jawabannya yah?? terima kasih…

  145. YULLI says:

    pak saya pernah ada masalah dengan kartu credit kurang lebih 12 thn yang lalu dan saya sudah pindah alamat.apakah di BI blacklist nama saya masih ada?kalau saya mau ngecek kemn?saya di surabaya.mohon bantuan infox trimakasih

  146. YULLI says:

    saya dulu pernah masalah dengan kartu credit kira2 12thn yang lalu dan saya telah pindah alamat.apa BI blacklist saya masih tercantum?apa saya bisa ngajukan kpr?

  147. iwan says:

    mohon solusinya…..
    sy pernah punya kartu kredit dan sekitar 2 tahun sy tidak gunakan lagi juga sy tidak bayar lagi. dan sy punya niatan utk melunasi kartu kredit tersebut kr menjadi ganjalan.
    mohon sarannya

    thanks
    iwan

    • Anto Erawan says:

      mas iwan, jangan kaget kalau bunga kartu kredit tersebut sudah membengkak :)
      sebaiknya mas iwan menutup dulu kartu kredit tersebut, baru kemudian mencicil “utang” mas iwan..
      mudah2an membantu :)

  148. arie p says:

    Salam,
    Saya punya pinjaman di bank A, dan kami berencana mengajukan KPR namun menggunakan nama istri, karena status istri clear dan belum pernah mengajukan KPR dan atau pinjaman manapun, apakah pihak bank selaku penjamin KPR juga akan mengecek saya? karena sudah pasti syarat KPR ada Kartu Keluarga. trimakasih.

  149. alf says:

    Ada kasus tahun 2009 seorang nasabah mendapatkan pinjaman dari suatu bank swasta nasional, lalu januari 2010 di lunasi dengan menerima surat pelunasan resmi dari pihak bank,….lalu setelah itu nasabah mengira masalah sudah selesai dan tak berhubungan dengan bank tersebut, ….sejak tahun 2010 hingga oktober 2012 untuk berbagai kepentingan melakukan proses pengajuan pinjaman ke bank-bank lainya dan semuanya DI TOLAK oleh bank karena di anggap nasabah tersebut adalah pengemplang dan mempunyai kredit macet yang terlapor di Bank Indonesia(BI), selama itu pula nasabah belum menyadari tentang keadaan dirinya bahwa dia mendapat daftar hitam di BI, karena merasa tak mempunyai kasus,lalu 14 oktober 2012 nasabah penasaran dan akirnya meminta SID ke BI, dan hasilnya di ketahui bahwa ternyata si nasabah termasuk daftar hitam BI……..sehingga keesokan harinya nasabah mendatangi bank ybs dan menanyakan kepada petugas bank tsb, apakah dirinya mempunyai tunggakan dan rekening nasabah aktif apa tidak? dan jawaban bank mengejutkan : betul saudara nasabah mempunyai tunggakan dan rekening anda sudah closing dengan status “kredit Macet”….kemudian setelah nasabah memperlihatkan surat pelunasan tahun 2010(2 tahun lalu), sehingga pihak bank berusaha menganulir jawabanya yaitu mengakui secara lisan bahwa kesalahan ada di pihak bank dan tindak lanjut di beritakan di suruh menunggu jawaban dari pimpinan dan akan di telpon kembali…….
    KERUGIAN NASABAH; selama 2 tahun nama baiknya terganggu dengan “BI Cheking” status 5= kredit macet(pengemplang)=daftar hitam, sehingga seluruh perbankkan di indonesia mempunyai persepsi negatif terhadapnya…akibat yang lain bisnis dan berbagai keperluan dengan perbankan kususnya menjadi terganggu sehingga berbagai peluang terlewatkan selama 2 tahun. Secara psikologis terganggu karena setelah kesulitan bermitra dengan bank sehingga menurunkan semangat juang nasabah dalam menjadi pengusaha dan keperluan lainya. dll……
    PERTANYAAN SAYA….apakah hak nasabah tersebut?apakah nasabah bisa meminta ganti rugi?, apa kesalahan bank tersebut menyangkut pidana dan perdata?apakah bisa di kategorikan pencemaran nama baik? Karena faktanya nasabah sudah melunasi hutangnya sejak 2010?, apa saja pelanggaran bank tersebut?kemana melaporkan bank tersebut? Bagaimana cara memperkarakan secara hokum?, … mohon pencerahanya…terimakasih.

  150. Rini says:

    Selamat siang,
    Saya mau tanya, saya mau mengajukan KPR, bagaimana kalau suami saya yg masuk ke data blacklist di BI karena pernah terlambat bayar tagiah credit card.
    apa mempengaruhi pada proses pengajuan KPR saya..

    Terima Kasih

  151. magdalena gloria says:

    Pelajaran berharga buat semua, hati2 mengajukan permohonan kartu kredit melalui tele marketing, sebaiknya kalau mau bikin kartu kredit langsung aja ke bank nya.

    Seperti kasus saya, tgl 24 Oktober 2012 kemarin saya baru melunasi kartu kredit citibank atas nama saya sebesar Rp. 4.730.000, entah siapa yg mempergunakan nama saya, padahal saya tidak pernah memiliki kartu kredit apapun di bank manapun.

    Kok bisa? Rumah saya di bogor, tapi nomor telfon yg tercantum adalah nomor Jakarta. Kok citibank bisa2nya approved??? Spesimen ttd juga beda bangeeet.. jauuuuuh..! Tapi citibank diem2 aja tuh, ngga reaksi apa2, malah nyaranin saya untuk tetap bayar. Gila.

    Saya berencana untuk mengajukan KPR, namun ditolak, alasannya adalah bahwa saya tercantum dalam daftar hitam di BI. Pelunasan kartu kredit yg tidak pernah saya miliki ini terpaksa saya lakukan demi membersihkan nama saya, agar KPR saya dapat terrealisasi. Berat memang, tapi apa daya? Tdk ada jalan lain. Mau ribut2 sampai keujung manapun bank mana mau ngerti sih?

    Surat keterangan lunas sudah saya dapatkan, dan pihak citibank akan melaporkan ke BI 1×24 jam. Semoga saja benar. Dengan membaca masukan2 dan pengalaman2 diatas, saya jadi pesimis deh.

    Hari Senin ini saya akan mengajukan lagi KPR, saya benar2 terburu oleh waktu dan berpacu dengan umur, jangan sampai saya sudah nenek2 nanti saya ngga punya rumah hanya karena hal beginian. Capek saya, berurusan dengan bank, kalau bukan karena terpaksa banget.

  152. Pitox says:

    Jika istri kita pernah terkena kredit macet apakah saya sebagai suaminya yang mau melakukan kredit untuk pembelian rmah atau mobil akan terkena dampaknya?

  153. mas Mul says:

    saya pernah punya masalah dg kartu kredit (sampe hari ini belum saya bayar karena ga pernah ditagih).
    saya juga punya masalah di 4 (empat) leasing, 3 lunas yg 1 bermasalah.
    ada juga dari provider selular sampai 5 jutaan, jg tidak terbayar sampe hari ini.
    tapi saya bisa KPR (walaupun tersendat2 dan sempet hampir dieksekusi) alhamdulillah lunas.
    saya jg bisa KTA di salah satu bank (alhamdulillah lancar dan sudah lunas).

    saya kesulitan untuk apply kartu kredit lagi. desember kemarin iseng2 apply di mall, bbrap hari kemudian ada telpon dr mereka, tanya2 tentang alamat masa lalu saya, tempat kerja saya yg lama dan tunggakan2 saya, bahkan no telp dan hape saya yg lama mereka punya. akhirnya apply saya diapprove. tapi hanya 2 buah krt kredit silver pdahal apply gold.
    awalnya mau saya tolak karena saya applynya gold, tetapi card center mereka bilang “terima aja dulu pak, kita lihat tahun depan ajuin lagi jadi gold, ini kesempatan buat bersihin nama bapak lho”

    jadi kesimpulannya bagaimana?? blacklist? adakah?

  154. nentautako says:

    sebenarnya inti permasalahan adalah masalah hukum di indon yg masih timpang… masih dimiliki oleh penguasa alias yg punya kontrol utk jumlah finansial yg banyak… coba mungkin kalu kita uda kek di amrik… semua mungkin bisa bisa fair.

  155. Anita says:

    Saya dan suami tersandung masalah daftar hitam BI ketika ingin mengajukan KPR di Bank Syariah Mandiri. Status saya di BI kol 5 (macet).

    Awalnya saya bingung, karena selama ini merasa tidak pernah ‘nakal’ saat membayar kredit, baik itu rumah yang saya akad kredit 2006 lalu di BTN juga kredit sepeda motor.

    Setelah saya terlusuri ternyata, baru ingat. Sekitar awal 2003, Tante saya minta tolong demi menyambung hidup tiga anak yatimnya (paman saya meninggal dunia meninggalkan tiga anak), ingin menebus kios di Sentra Antasari Banjarmasin dengan cara kredit di Bank Mandiri Banjarmasin.

    Nama dan KTP saya dipinjam oleh Tante saya. Singkat cerita, transaksi Kredit Usaha Kecil di Bank Mandiri Banjarmasin pun terjadi. Namun, saat berjalan, sekitar 5 kali cicilan Tante saya dan pedagang lain di Sentra Antasari ini bingung dengan status kios mereka yang mengambang karena status sengketa antara investor dan Pemerintah Kota Banjarmasin.

    Pedagang pun sepakat termasuk Tante saya menahan pembayaran kredit. Nah, sejak itulah nama saya masih tercatat sebagai penunggak kredit.

    Pertanyaan, saya bagaimana memulihkan nama saya dari kasus tunggakan kredit yang sebenarnya tidak pernah saya pakai.

    Saya harus kemana dulu?

    Terima kasih sebelumnya.

  156. mia says:

    pak alex saya mau nanya,, saya pernah ada masalah dengan kk sktr 7thn yg lalu, sebelum saya nikah, sekarang saya udah nikah rencananya mau ngajuin kpr atas nama suami saya, kira2 bisa ga ya pak? makasih

  157. zulkipli says:

    Saya pernah pinjam uang tanpa agunan salah satu BI, jangka waktu 2th, angsuran ke 5 saya dpt phk dari perusahaan tempat saya bekerja, otomatis spi saat ini saya belum dapat mengangsur perbulannya, apa lagi untuk melunasinya, setelah beberapa bulan kemudian saya mengajukan lagi pinjaman dengan maksud buka usaha kecil kecilan, tetapi pinjaman saya tdk dapat di cairkan dengan alasan pihak bank bapak msh ada sangkutan pinjaman di bank lain, dan nama saya masuk dalam daftar hitam, mohon dari BI solusi yang terbaik, saya bukan korup tapi saya ngutang, dengan bekerja otomatis pasti saya bayar, katanya dengan adanya pinjaman membantu orang awam atau orang miskin bisa bangun dari keterpurukan, tapi ternyata lain,

  158. SRN says:

    Saya punya tagihan di beberapa bank , setelah nego dengan bank tersebut akhirnya saya bayar dan saya terima bukti lunas dari bank tersebut , 2 minggu kemuadian saya mengajukan KPR ke bank , apakah KPR saya dapat disetujui ??

  159. anggi says:

    pak alex, saya mau tanya..

    saya memiliki kredit modal kerja di Bank Mandiri utk jangka waktu sampai 4th, selama ini pembayaran angsuran selalu lancar karena melalui autodebet per bulan nya melalui rekening saa.. yang ingin saya tanyakan apakah saya masih dapat mengajukan KPR? atau dengan status saya yg memiliki kredit modal kerja saja saya sdh msk dlm daftar BI Checking?

    terima kasih sebelumnya pak

  160. raden ja'i says:

    Mohon pencerahannya Bapak dan Ibu yth,..Tahun 2006 akhir KK saya hilang, seingat saya saya masih punya tunggakan sekitar 4juta an,saya tdk bisa lagi membayar via atm krn tdk mencatat nomor KK tsb,maka ketika pihak bank menghubungi saya saya sampaikan masalahnya,dan pihak bank mengirimkan kurir utk menemui saya dan saya dapat membayar langsung dengan mendapat tanda terima, bulan berikutnya sang kurir tidak datang lagi (sayapun lupa menanyakan nomor kartu saya) saya lihat di tanda terimanya juga tdk tertera no kartu saya,hanya informasi nama dan bank penerima serta tdtangan sang kurir saja..lalu th 2007 awal saya kedatangan debt collector (sekitar 3 bulan setelah kehilangan kurir) kepadanya saya sampaikan hal yang sama dan sy membayar angsuran dengan kuitansi kepada DC tersebut,(sy diminta membayarnya via DC tsb dengan alasan sudah dilimpahkan ke perusahaan tempatnya bekerja)..lalu kembali sang DC tidak datang di bulan berikutnya, di bulan ke-2 sang DC datang dengan meminta sejumlah uang (seingat saya saat itu dia minta 3 juta) untuk langsung “menyelesaikan” karena saat itu saya tidak punya uang,saya minta waktu beberapa hari itupun yang saya sanggupi hanya 1.5 juta saja,..dan dia setuju. 2 hari berikutnya DC tersebut datang dengan membawa salah satu rekannya,..lalu saya serahkan uang tersebut (1.5 juta ) dan saya minta tanda terima, DC itu menyampaikan bahwa kwitansinya tdk bawa, tapi dia memberikan no hp nya dan no hp rekannya, seraya menyampaikan bahwa saya tidak akan ditagih tagih lagi,…..Saya lega, walaupun masih ragu karena sy tdk memegang bukti kwitansi,saya berharap sang DC datang utk menyerahkan kwitansi, ternyata sampai saat ini tidak ada,….tahun 2009 saya coba aplly KK di bank yang berbeda, ternyata di approve,..lalu th 2010 sy kredit motor di leasing, kembali di approve tanpa masalah, lalu setengah tahun berikutnya saya kredit lagi 1 unit motor di leasing yg sama dengan motor sebelumnya, di approve lagi,……….sampai saat ini kredit motor saya lunas tanpa masalah, KK saya pun masuk kategori “lancar” tertera di rekening koran……Nah Masalah kemudian timbul bulan lalu, ada telephone ke kantor yang meng atas namakan bank penerbit kartu kredit saya yang dulu (kebetulan saya yg menerima telephone itu),..lalu saya jelaskan penyelesaian saya, tapi dia ngotot bahwa saya masih berhutang,..keluarlah jurus bahasa kasar,jorok dan memancing emosi,..akhirnya saya mintakan dia mengirim surat pemberitahuan tagihan saya yang resmi agar saya dapat melihat dari perusahaan mana mereka ini,..tapi mereka menolak dan terus mengeluarkan kata kata kasar dan tidak etis,…..akhirnya saya tutup telp dan tdk pernah menerima telp nya lagi,…Pertanyaan saya,..Apakah saya harus mengikuti si penelphone untuk membayar kembali dan mengakui hutang itu?,…bagaimana dengan DC yang di awal sudah menyatakan “menyelesaikan” tunggakan saya,..dan memang nyatanya apply KK saya yang sekarang diapprove,..leasing motor saya sampai 2 kali tidak bermasalah,..??……mohon saran dan bimbingannya, Terima kasih

  161. Anto Erawan says:

    pihak finance di sini non-bank atau bank? kalo non-bank setau saya ga tercatat di BI

  162. Anto Erawan says:

    bisa kena.. saat menutup kartu kredit sebaiknya meminta surat lunas, jadi ada bukti saat hendak mengajukan kredit :)

  163. rohni says:

    Slmt siang pak.saya mo tanya ni..suami saya punya tunggakan di sebuah bank 5thn lalu sblm nikah sama saya.dan suami saya di blacklis di bi.apakah saya kena masalah jika saya mengaukan kredit atas nama sayaSenadiri.apakah nama suami saya selamanya di blackklost kalau tunggakannya tdk di lunasi?trmksh

  164. nasud nur says:

    saya juga mengajukan kredit ulang ke bank B nyatanya kredit aku di tolak alasanya masih anda belum bisa di berikan kredit ulang alasanya KARENA MASALAH BI CHECKING yang jadi permasalahan saya sudah melakukan pelunasan di percepat ketika aku ingin mengajukan kembali kok di tolak
    mohon penjelasan teman- teman

  165. Linda says:

    Halo pak, mohon pendapatnya. Saya dan suami berencana mengajukan KPR di bulan Jan 2014, nah sebelumnya saya sudah mulai mencari2 informasi mengenai syarat KPR dan salah satunya adalah mengenai BI Cheking. Lalu beberapa hari yang lalu saya melakukan BI cheking untuk memastikan status saya, ternyata diantara 6 bank pemberi kredit, 5 diantaranya kol 1 dan sisanya kol 5 alias kredit macet di bank C sebesar Rp.890,051. Melihat hasil tersebut saya segera melakukan pelunasan dan menurut pihak bank C mereka akan mengupdate data SID paling lambat dalam 2 bulan ini. Sekarang saya tidak mempunyai hutang di bank ataupun lembaga keuangan manapun. Yg ingin saya tanyakan adalah, apabila hasil BI checking suami bersih dah saya pernah masuk kol 5 walaupun sekarang sudah lunas, bagaimana peluang saya untuk mendapatkan KPR? Nilai kredit yang saya ajukan sebesar 210jt rupiah dengan masa kredit 15thn. Apabila penghasilan saya dan suami di gabungkan adalah sebesar Rp.6,5juta perbulan apakah bank bisa memberi plafon kredit sebesar itu dengan catatan besar penghasilan dan record saya di BI? Menurut bapak berapa plafon kredit yg bisa di berikan oleh bank? Mohon pendapatnya, hal ini agar apabila KPR disetujui namun plafon kredit diturunkan kami sudah tau berapa yang harus disiapkan untuk menutup selisihnya. Terima kasih banyak

  166. fanny says:

    tlg tny gn sy pny suami yg uda kena blacklist bi+sy ada rencana untuk mengajukan kpr dg nama sy apa diizinkan ya sm bi+sy uda check ke BI scr online lalu untuk mengetahui hasilny gmn?apa sy hrs ke BI ato hsl check dikirim ke email sy?jujur wkt sy check scr online sy takut tersangkut dg kasus suami yg uda dblacklist sm BI pdhl sy sdr msh bersih.alasan terkenany blacklist krn kartu kredit yg dibuat modal usaha tp itu uda 3th lalu dan itu krn usaha sy bangkrut mkny suami g bs byr kartu kredit yg macet gt.mhn penjelasanny makasih

  167. lsapek colt says:

    saya punya hutang di bank bri 50jt,udah berjalan 4 kali angsuran dengan ekonomi saat ini saya sulit untuk mengembangkan usaha di daerah saya ‘saya takut uang akan habis lamakelamaan,.apakah bisa saya mengembalikan pokok hutang saya 40 jt,jadi lebih ringan

  168. Ade says:

    Saya pernah ngambil kpr tahun 2000. karena sy kena phk terus rumah sy oper kredit, kira2 kena black list gak ya?
    terima kasih sebelumnya,..

  169. ferra says:

    Saya Ada masalah dengan pengajuan kpr rmh .katanya Karena big checkingny jadi ga visa dip roses kpr rmhnya.
    Padahal masalah tunggakan kredit card says sdh brs Dan lunas.
    Sudah setahun lamanya.

    Tapi pihak bank ditunjuk oleh kpr perumahan menolak pengajuan kpr rmh saya.
    Bagaimana Cara until mengatasi masalah big checking saya.?

    Thnks

  170. nurman hardiman says:

    Assalamu’alaikum…
    Saya mau tanya…
    Wkt. saya bertanya pada marketing saya bisa gak kredit rumah?
    Tapi status pekerjaan saya kontrak..
    Jawabnya bisa…(ekspresi meyakinkan)
    Kemarin hari kamis 12 Sept 2013 saya wawancara…
    Dan saya melihat berkas saya palsu…
    Di dalam berkas saya dinyatakan karyawan tetap…
    Dalam 2 minggu lagi saya akan di ACC jadi karyawan tetap…
    Yang saya takutkan pihak depeloper menghubungi ke perusahaan tempat saya bekerja…
    Dan ketahuan bahwa berkas saya palsu,sedangkan perusahaan tempat saya bekerja anti dengan berkas palsu…
    Rumah gak dapet,pekerjaan pun hilang…
    Mohon bantuan apa yang harus saya lakukan?
    Sedangkan saya menginginkan berkas asli…

  171. jefrisa says:

    Mas sy mau tanya sy mengajukan KPR dan sudah d acc dr pihak BTN .
    Dan skrg sy btuh dana..sy mau mengajukan pnjman.ke bank ttpi.sy blm akad kredit apa dr pihak BTN akan melakukan BI checking lg thdp sy??mohon.pencerahannya..trmksh

  172. Anto Erawan says:

    semestinya masih tercatat.. untuk itu anda bisa melakukan BI checking..
    silakan baca dulu link artikel di bawah, semoga membantu:
    http://www.rumah.com/berita-properti/2013/7/4886/masuk-black-list-bank-indonesia-ini-jalan-keluarny

Leave A Reply