Butuh Bantuan Uang Muka Rumah? Coba ke Jamsostek

Peserta Jamsostek bisa dapat bantuan uang muka perumahan. Dulu fasilitas ini hanya untuk masyarakat berpendapatan di bawah Rp4,5 juta per bulan. Tapi kini, setiap peserta bisa menikmatinya.

Menurut Tonny Weka, Kepala Bidang Pemasaran Kantor Cabang Semarang I PT Jamsostek, banyak peserta Jamsostek yang menanyakan alasan pemberian fasilitas uang muka hanya untuk peserta bergaji maksimal Rp4,5 juta. Karena alasan itulah program Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) akhirnya dibuka untuk seluruh peserta.

Jumlah pinjaman maksimal yang bisa diambil oleh peserta dengan pendapatan Rp4,5 juta adalah Rp20 juta. Sedangpak peserta dengan pendapatan antara Rp4,5 juta hingga Rp10 juta per bulan berhak mengambil pinjaman dengan nilai maksimal Rp35 juta. Sementara peserta dengan gaji antara Rp10 juta hingga Rp15 juta per bulan boleh mengambil pinjaman hingga Rp50 juta. Pinjaman dapat diangsur dalam tempo waktu 10 tahun dengan bunga 6 persen.

Karyawan harus memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan uang muka. Berikut ini kriterianya yang tertera di situs web Jamsostek.

  • Belum memiliki rumah sendiri yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai cukup dari tenaga kerja Jamsostek.
  • Telah terdaftar menjadi peserta Jamsostek minimal 1 tahun.
  • Mendapatkan rekomendasi dari perusahaan Penanggung Jawab Pengurusan PUMP.
  • Bersedia dipotong gajinya untuk pembayaran angsuran PUMP kepada PT Jamsostek (persero).
  • Setuju dan sepakat untuk membeli rumah yang ditawarkan oleh Pengembang: baik lokasi rumah, tipe rumah, harga rumah, besarnya uang muka KPR, jangka waktu maupun suku bunga KPR-nya.
  • Dinyatakan lulus seleksi KPR oleh Bank Pemberi KPR dengan bukti diterbitkan SP3K (Surat Pemberitahuan Persetujuan Pemberian Kredit).
  • Pembayaran angsuran dilaksanakan secara kolektif oleh Perusahaan penanggung Jawab pengurusan PUMP.

Perusahaan tempat karyawan bekerja pun punya kriteria. Perusahaan membantu karyawan mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan bantuan uang muka. Berikut ini kriteria untuk perusahaan.

  • Telah berdiri minimal 1 (satu) tahun dan masa aktif.
  • Tertib administrasi kepesertaan program Jamsostek.
  • Koperasi karyawan yang telah mendapatkan surat kuasa dari perusahaan untuk pengurusan PUMP.
  • Koperasi karyawan telah berdiri minimal 1 (satu) tahun.
  • Pejabat Penanggung jawab pengurusan PUMP pada Perusahaan minimal adalah Manajer Personalia.

Pengembang yang menjual rumah juga harus memenuhi kriteria sebagai berikut.

  • Terdaftar sebagai anggota REI atau APERSI/KOPPERSI (Koperasi Pengembangan Rumah Sederhana Indonesia) atau Perum PERUMNAS
  • Mendapatkan rekomendasi dari REI atau APERSI/KOPPERSI setempat (kecuali Perum PERUMNAS).
  • Telah memiliki lahan siap bangun dan mendapatkan ijin prinsip dari Instansi yang berwenang (lahan tidak bermasalah).
  • Mendapat dukungan dari Bank Pemberi KPR.
  • Melakukan penawaran rumah melalui Perusahaan peserta Jamsostek yang dikoordinasikan dengan kantor cabang PT. Jamsostek (Persero) dalam rangka konfirmasi ketertiban administrasi kepesertaanya.

Prosedur pengajuan permohonan PUMP dapat dilihat di situs web Jamsostek. Sementara untuk menemukan rumah impian Anda dengan cepat dan mudah, silakan kunjungi Rumah.com.

This Post Has 27 Comments

  1. farouk muhamad says:

    jika pinjam 60 juta, angsuran per bulannya berapa..?

    • Alex Pangestu says:

      Anggaplah bunganya 6 persen dan jangka waktunya 10 tahun. Per bulannya sekitar 530 ribu.

  2. farida says:

    kl utk gaji sebesar 3,5 jt per bulan berapa maksimal pinjaman yg bs diberikan dan berapa cicilannya tiap bulan?
    trims

  3. aria says:

    Prosesnya di jamsostek sulitnya minta ampun, aku sudah pernah mencoba sendiri, cuma di boalk-balikkan ke kantor cabang lainnya, saling melempar tanggung jawab, akhirnya pakai uang muka sendiri, kapok ngurusi di jamsostek, birokrasinya rumiiittttt……

  4. icha says:

    masa sih yg dibilang aria itu??
    kalo aku jujur ikut jamsostek diperusahaan ini lum ada sampe satu tahun, bisa ga ya??
    trus kalo gajinya ga sampe 2 juta itu bisa ga ya??

  5. Nugroho Waryanto says:

    Ku barusan ngajuin KPR PERUMNAS, kalo pake jamsostek angsuran double, ku akhirnya ambil tanpa Jamsostek 15th, eeee..akhirnya ku oper kredit karena gak mampu..nasib2..

  6. Nugroho Waryanto says:

    Ikut Jamsostek angsuran double…?

  7. Mel says:

    saya sudah menjadi anggota jamsostek sejak 2008, dan gaji perbulan 5-10juta,
    saya berencana ambil rumah di bandung dan posisi saja di luar jawa, apakah saya harus urusnya di Jawa barat juga atau bisa urus dari tempat tinggal saya sekarang ini?

    • Alex Pangestu says:

      Seingat saya harus di daerah domisili karyawan. Tapi untuk lebih pasti, coba tanyakan langsung ke kantor Jamsostek terdekat.

  8. Febe Dwi Murwani says:

    Saya sudah mengajukan ke Bank Bukopin untuk KPRnya tetapi dari Bukopin tidak bisa follow up untuk proses jamsostek karena development perumahan yang akan saya ambil bukan peserta JAmsostek.
    Apakah memang development harus ikut jamsostek?? bagaimana kalau developmentnya itu MAndiri bukan PT/CV

  9. bo says:

    pengalaman pribadi….untuk uang muka itu bisa juga ditanyakan kepengembangnya, contohnya saya, waktu itu mengambil kpr di area jonggol, ternyata pihak developernya bisa membantu untuk pengurusannya, karena ad PIC Jamsostek disana, namun kelengkapan dokumennya harus kita persiapkan, contoh : surat belum memiliki rumah dari kelurahan, surat masa kerja dari perusahaan, dll. Namun yang menjadi masalah paling nanti kesesuaian plafon dengan banknya…misal seperti kasus saya, Uang muka Jamsostek sudah disetujui, namun bank pendukungnya tidak meloloskan saya (waktu itu saya mengambil uang muka jamsostek+bank bni)……akhirnya saya goal dengan kredit bank lain (mandiri) tetapi terpaksa akhirnya uang muka via jamsostek tidak jadi terambil karena bank pendukungnya (bni) menolak memberikan kredit.

  10. Saya mau tanya, klo untuk karyawan yang gajinya kurang dari 3 jt per bulan apakah bisa unbtuk mengajukan pinjaman?. Terima kasih

  11. Apakah program ini hanya untuk karyawan tetap saja…?. Bagaimana dengan pekerja kontrak ( out sourching)….? Terima kasih

  12. wahyu hardono says:

    saya sbg wiraswasta dan mempunyai pinjaman di danamon sebesar 105jt untuk membeli rumah seharga 105jt,dan angsuran /bln 3.765.000,slama 4thn,sekarang udah berjalan 6 bulan,bisakah jamsostek membantu dan memberi kredit kpr biar bs meringankan angsuran /bln,mohon bantuanx,trimaksh.

  13. hanes says:

    klo saya bekerja di kapal pesiar untuk pemotongan gaji bagaimana? apakah posisi seperti saya bisa ikut jamsostek?

  14. hendra says:

    Kalo ngambil yang type 40 bisa ga yah??kan katanya max T36,,mohon bantuan,

  15. jenny says:

    sy peserta jamsostek udh 2 thn bisa ga ya mengajukan pinjaman kredit rumah ? gaji saya sebesar 3.5 per bulan,,, kl bs kmana sy mengurusnya / kantor saya di kelapa gading jakarta utara,,,,

  16. abdi says:

    jika mau membeli rumah second apa uang muka bisa lewat jamsostek?

  17. abdullah syafii says:

    Saya mau tanya apakah bisa jamsostek it memberikan dana cash bg karyawan tetap utk mengambil rumah tipe rst?harga rmh tsb di Samarinda cashnya 85jt?nah jd saya maunya kredit lsg lwt jamsostek selama 15th,klo urusan lwt bank it ribet dn suku bunganya setiap tahun minta ampun tingginnya!
    Kasian kt yg berpenghasilan rendah?
    Syafii di Samarinda 081346364707.

  18. abdullah syafii says:

    Saya mau tanya apakah bisa jamsostek it memberikan dana cash bg karyawan tetap utk mengambil rumah tipe rst?nah jd saya maunya kredit lsg lwt jamsostek selama 15th,klo urusan lwt bank it ribet dn suku bunganya setiap tahun berubah” minta ampun tingginnya!
    Kasian kt yg berpenghasilan rendah?takutnya bs” macet kreditnya
    Syafii di Samarinda 081346364707.

  19. andhriea tien says:

    karyawn kontrak bisa kredit rumh pake jamsostek ga?

    • Anto Erawan says:

      terimakasih feed back-nya, mbak.. setahu saya, Jamsostek hanya menghitung keanggotaan dengan masa 10 tahun untuk dapat fasilitas tersebut. :)

    • gia says:

      Di website jamsostek ada informasnya mbak. Setahu saya kepesertaan minimal 1 tahun.
      Saya baru mau coba ngajuin nih…

  20. tantotato says:

    Pintar juga jamsostek ini…. bantuan pinjaman…ujung2nya ada bunganya…. namanya membantu itu ya kudunya bisa mencairkan saldo peserta utk DP perumahan, bukan membantu pinjaman… sama juga boong….

  21. adesunarya says:

    Betul kata Comment sebelumnya, jika pinjam ke Jamsostek tks

Leave A Reply