Rumah Unik Anti-banjir

Rumah anti-banjir

Jakarta banjir lagi setelah beberapa hari berurutan dilanda hujan lebat saban petang. Mungkin orang yang terkena banjir di Jakarta bisa meniru desain sebuah rumah unik di New Orleans, Amerika Serikat. Rumah yang didesain Morphosis itu bisa dibilang anti-banjir.

Desain rumah yang jadi perbincangan dalam komunitas arsitek tersebut membuat rumah tidak terbawa arus. Saat banjir, rumah akan mengapung tapi tetap tertambat.

Desain rumah anti-banjir

Proyek rumah yang disponsori Bran Pitt dan Make It Right Foundation memiliki desain modern, gaya, dan berkesinambungan. Meskipun demikian, desainernya tetap mempertahankan kenyamanan dan fungsi.

Rumah unik itu belum teruji pada kondisi banjir sesungguhnya. Pada kondisi terburuk, saat rumah terputus dari hubungan listrik, rumah dapat menyimpan listrik selama beberapa hari. Pemilik rumah dapat bertahan sebelum dievakuasi.

Menurut Anda, apa yang lebih unik: rumah anti-banjir ini atau rumah dengan atap di bawah?

Versi 3D desain rumah anti-banjir

Sumber: Dornob

28 comments on “Rumah Unik Anti-banjir

  1. Rumah anti banjir yang sebenarnya bisa disaksikan di kota Palembang. Kunjungi S. Sekanak, bagian dari S. Musi dan anda akan menyaksikan banyak rumah terapung yang indah-indah di atas air sungai. Silahkan jadi turis beramai-ramai dan kunjungi ibukota Negeri Sriwijaya itu. Pasti asyik dan menyenangkan sambil berayun-ayun naik getek atau speed-boat di S. Musi itu.

  2. idenya dari rumah-rumah tradisional di indonesia yg ada jaman sejak dahulu kala…untuk menghindari arus pasang dan hewan-hewan liar. not shocking lah

  3. Desain Rumah Panggung yaa… Di INDONESIA sudah dari dulu neh Idenya, di pulau Kalimantan umumnya dan Banjarmasin Kal-Sel khususnya malah sudah ada peraturan daerah (perda no.14 tahun 2009 tentang Bangunan Panggung) yang mewajibkan untuk menggunakan desain rumah panggung dalam setiap pembangunan rumah baru.

  4. beatifull house…..tp btw kalo di papua rmh kek gi2 bs tdk y…..hbs naik2 ke punck gunung sich…..

  5. kalo digunung g perlu buat rumah tahan banjir, yg perlu tahan gempa dan tahan longsor..wkwkwkwk

  6. nah ini dia tantangan buat gubernur DKI yg baru, selain gmn g bs banjir di Jkt juga warganya dihimbau untuk buat rumah tahan banjir spt ini..dananya ambil RAPBN Pemerintah…untuk bantuan RAKYAT apa salahnya?? drpada di korupsi GAYUS?? ayo siapa yg g setuju ngacuuuungg..

  7. Rumah mengapung/anti banjir mungkin bisa dikatakan sama seperti rumah panggung yang sudah ada dan berkembang di Indonesia dari jaman nenek moyang kita. hehe.. Salah satu modofikasinya seperti ini.
    Good job! terus berkreasi dan semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *