Syarat Pengajuan KPR

KPR diajukan dengan mengisi formulir pengajuan kredit, formulir pemesanan unit dari pengembang, serta melunasi biaya pemesanan dan uang muka. Saat pengajuan ada dokumen-dokumen yang wajib disertakan. Berikut ini adalah seluruh dokumen tersebut.

(Baca: Proses dan Biaya Pengajuan KPR)

Dokumen standar:

  • fotokopi KTP,
  • akta nikah atau cerai,
  • kartu keluarga, dan
  • dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB).

Dokumen yang perlu disiapkan jika pemohon seorang karyawan yang bekerja untuk perusahaan:

  • slip gaji,
  • surat keterangan kerja dari perusahaan, serta
  • buku rekening tabungan yang menampilkan kondisi keuangan tiga bulan terakhir.

Sementara itu, jika pemohon adalah seorang wiraswasta, dokumen tambahan yang diperlukan:

  • bukti transaksi keuangan usaha,
  • catatan rekening bank,
  • NPWP,
  • SIUP,
  • surat izin usaha lain, seperti surat izin praktik untuk dokter, dan
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

477 comments on “Syarat Pengajuan KPR

  1. UNTUK MENDAPATKAN K PR TDK MUDAH SPT YG DIHARAPKAN MASARAKAT EKONOMI MENENGAH KEBAWH.SEHARUSNYA JUSTRU K PR UTK ORG ORG EKONOMI MENENGAH KEBAWAH.

    1. bener banget nih mas,temen saya banyak yang komplen,,
      mereka hanya pegawai rendahan soalle,dan mereka juga mau kredit rumah,,

    2. iya.. betul jg, orang2 bank melihat dari sisi Ekonomi kta, wlupun seharusnya dan sebenarnya orang yg berekonomi menengah ke bawah yg harus di kasih KPR, sbb mereka hidup hanya ngontrak dan berpindah2,sementara orang yg ekonominya menengah ke atas mereka aturan gak perlu ngajuin KPR, sbb mereka mampu membeli, namun orang Bank punya aturan yg lain kali…. serta tidak peduli dengan keada’an orang yg sangat membutuhkan KPR.

      1. ini bukan masalah orang kya ato miskin mas bro tapi yg nmnya pengusaha mana ada coba yg mau ambil resiko rugi ato penunggakan pembayaran karena si peng kredit tidak mampu lancar dalam melaksnakan kewajiban pembayara apalagi klo wraswasta ato pekerja yg tidak punya gaji yg tetap stiap bulannya kan mending kasih dkredit ke orang yg punya pnghsilan tetap stp bulan dan menjamin bsa lancar dlm pembayaran.Bukan begitu mas bro

        1. pak mau tanya gimana y ciri-ciri atau tanda-tanda KPR bank akan cair?.kt marketing bank KPR yg aku ajukan akan cair setelah bank tersebut meminta PBB asli (alias copy yg berwarna merah)
          apakah hal tersebut benar adanya?tx

    3. Tepat sekali… KPR hanya berlaku untuk Karyawan yang Gajinya diatas 5 jt dengan tidak punya beban Hutang banyak alias BI Cheking lolos itu pun hanya dpt perumahan RSSS (entah brp banyak S nya, hehehe). dan utk wiraswasta lebih berat lg, hrs memiliki Rek. Koran dgn transaksi bulanan diatas 100 jt. kpn masyarakat kita akan punya rumah….??? dapatnya, Perumahan dari Warisan Ortu Indah & Mertua Indah… gkgkgk….

    4. benar sekali…. KPR itu ternyata untuk menengah keatas !!!!, susah seukaleeeeeee pengajuannya, apalagi karyawan kontrak..nasib..deh……yang mending jual warisan atw tinggal di Pondok mertua indah aja deh…tw begini sy pengen dijajah lg deh..dr pada di negeri sendiri semua repot kl ngak kaya..nasib……nasib

  2. Saya ingin KPR RUmah untuk orang tua saya..
    Tapi saya tidak tahu diaman KPR yang mempunyai suku bunga yang murah..
    Dan yang menengah ke bawah..

    Terima KAsih
    Debby

  3. selamat sore…

    yang ingin saya tanyakan adalah apabila saya hanya seorang pegawai OS dan slip gaji bulanan hanya pas untuk membayar cicilan KPR,,apakah permohonan saya dapat disetujui oleh pihak bank?

    terima kasih,

    1. Biasanya sih bank tetap mempertimbangkan asalkan jumlah cicilan 1/3 dari gaji atau total pendapatan suami dan istri.

          1. Saya pernah mengajukan KPR tetapi sangat berbelit – belit dan harus menunggu proses menunggu dengan waktu yang sangat lama…membuang waktu,

    2. Setahu dan sepengalaman saya.. bahwa ada sebagian ketentuan yang berbunyi karyawan yang mengajukan KPR gajinya tidak boleh di potong lebih dari 2/3 dari gaji yang diterima, sehingga kalau gaji anda hanya cukup untuk kebutuhan pokok maka Mustahil KPR anad akan disetujui oleh Bank manapun.

      1. Suami saya bekerja sebagai expatriat International Oil Company sudah hampir 12 tahun kita melanglang buana bekerja untuk Repsol, 9 tahun di Repsol Argentina dan sekarang di Repsol Peru sebagai tenaga ahli Geologie dan Geofisika (G and G) sementara gajih semua di transfer ke Rekening di Indonesia, boleh kah kami mengajukan kredit KPR karena kami ingin membeli rumah di Rancamaya Golf Estate yang tipe besar dan menghadap ke lapangang golf dan harganya tidak terjangkau kalau kami harus membeli dengan harga cash tapi dengan kredit kami pasti bisa dan kami juga punya agunan surat rumah kami yang sekarang di daerah Bintaro, kami ingin membeli di rancamaya untuk rumah hari tua kami karena kebetulan kami adalah golfer, begitu kalau bisa apa syaratnya dan kalau enggak bisa apa alasannya, terima kasih, kami tunggu kabarnya di email saya, terima kasih…

    1. ada.. selatan jakarta.. Cinere Green Valley.. letaknya persis di belakang Cinere Hospital.. tipe yg ditawarkan 36/90 dan 45/105. Thx

  4. saya,sarankan bisa ngak untuk KPR masyarakat menengah kebawah di permudahkan seperti pembelian sepeda motor dengan uang muka kecil,proses mudah.

  5. carabya gmana untuk bisa mendapatkan rumah bagi ekonomi lemah dan adakah bank yang mau meminjamkan uangnya dengan bunga rendah, tolong pikirkan masyarakat yang yg tidak memiliki rumah tapi solusi apa yg jitu.

    1. KPR harusnya bisa untuk siapa saja asal dokumen dan pendapatannya cukup. Selain itu, setahu kami, pemerintah sedang menggodok pembiayaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Kita tunggu kabarnya.

  6. mana ada kegiatan ekonomi pro rakyat yang ada ekonomi kepentingan,yang bawah dilirik hanya untuk kampanye.jadi siapa pun yang memimpin RI 1 sama saja hasil nya .sistem di tiru seharus nya seperti cina terutama di bidang hukum.bravo china.

  7. suami mengambil kpr, ternyata di tengah perjalanan pengen pindah ambil kpr di tempat lain, rumah yg lama udah over kredit, kira2 bisa nggak suami ambil rumah lagi..? bermasalah nggak nanti karena di BTN ada 2 nama yg sama.. mohon penjelasan, trimakasih..

    1. APA BISA KPR LAGI, SEMENTARA MASIH ADA KPR YANG MASIH BERJALAN TETAPI SUDAH HAMPIR SELESAI. TOLONG DIBALAS VIA EMAIL

      1. Bang Alex, saya karyawan swasta dan karyawan outsourcing dengan pendapatan 1 bln 7.000.000 dan kontrak saya diperusahaan ini pertahun dan kalau tidak diperpanjang gmana? apakah ada kemungkinan permohonan KPR saya disetujui? dan

  8. Tlong Bank bukakan KPR untuk Rakyat pas-pasan. Coba Kementerian Perumahan Rakyat benar-benar melindungi dan memperhatikan rakyat pas-pasan.

  9. Dari dulu saya dan suami ingin sekali mengajukan kpr pada Bank tempt kami selama ini menjadi nasabah,tp selalu saja terganjal dgn masalah uang muka/DP 20%.Ada g ya bank yang bisa membantu,dengan syarat DP max 10% atau mungkin tanpa DP?

    1. Seingat saya Jamsostek bisa bantu deh. Kerja samanya dengan BTN. Coba hubungi Jamsostek untuk infonya.

      1. Selamat pagi pak ALEX PANGESTU
        Saya ingin sekali mengajukan/ambil rumah melalui KPR sayangnya untuk DP saya belum terkumpul,dan saya bekerja sbagai marketing di VANECTRO gimana caranya ya pak agar saya bisa mendapatkan rumah KPR .?????…..

  10. saya masih karyawan kontrak tapi masih single pula di 1 tahun masa kerja orang tua saya punya ide untuk mengalokasikan uang mereka untuk pengambilan rumah KPR di daerah tangerang, di brosur tertera harga dari tahun 5, 10 dan 15. orang tua saya ambil cicilan yang 5 tahun tapi yang aneh nya kenapa pada saat menunggu akad kredit di beritahukan dari pengembang DP yang semula hanya 10juta menjadi 16juta yang di beri informasi bahwa orang tua saya kena bunga komersil, masalah nya rumah tersebut di tujukan untuk saya beserta cicilannya cukup kaget dengan kosekwensi bungan komesial tersebut cuma yang saya ingin tanya kan kenapa mesti ada bunga komersial sedang kan masa pensiun orang tua saya masih 8 tahun lagi…………?

  11. saya punya usaha warung di areal tiara dewata tapi belum punya ijin usaha.Apakah ini bisa di pakai jaminan untuk mendapatkan KPR BTN? Mohon penjelasan

  12. Saya ingin tanya berapa lama proses akad kredit setelah semua persyaratan dilengkapi? Proses wawancara awal telah dilakukan 6 bulan lalu.
    thx

    1. Dari pengalaman pribadi saya, harusnya tidak selama itu. Kalau tidak salah, 2 minggu sampai 1 bulan setelah wawancara, saya di-approve. Coba tanyakan saja sama bank-nya.

    2. biasanya kalau mau akad kredit bank akan mengeluarkan semacam SPK (surat Persetujuan Kredit). SPK ini dapat diperpanjang apabila anda membeli rumah second yang surat2/dokumen kelengkapan dari Pihak Pertama (Penjual) kurang lengkap (karena biasanya akad kredit dihadapan notaris yang ditunjuk). Jika bank belum mengeluarkan SPK berarti anda dianggap gagal untuk memperoleh KPR
      smoga info ini berguna

  13. Sy mau tanyani?…Renc sy mau ambil KPR ,tp Sy pake sertfikat tanah atas nama kepemilikan kakak sy/atas persetujuan dr kk sy jg. Bs nda? mhn petunjuk”y & kami ucpkan terima kasih banyak.

    1. Kalau untuk ini sepertinya perlu surat-surat tambahan. Untuk pastinya, coba tanyakan ke bank yang ingin digunakan jasanya.

  14. saya cuma tukang ojek.penghasilan ga menentu.sekarang tinggal dirumah kontrakan bisa ga mengajukan kpr ya……………(mudah2han) bukan mimpi untuk punya rumah sendiri.

  15. Saat pengajuan ada dokumen-dokumen yang wajib disertakan salah satunya dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB). Mengajukan KPR kan karena belum punya rumah, kalau harus menyertakan dokumen tersebut ya jelas tidak ada. Berarti tidak bisa mengajukan KPR dong?

    1. SHM, IMB, dan PBB bisa dipegang oleh developer. Anda bisa meminjam. Kalau developer-nya sudah bekerja sama dengan bank, developer akan bantu urus. Untuk rumah second, Anda bisa pinjam dari pemilik sebelumnya.

  16. saya mau tanya bbr hal :
    1. kalo Kita ada Perputaran uang di bank Rp.80 jt s/d Rp100 jt per/bulan… , (bersih keuntungan 40% dari nilai tsb) kira-kira bisa ambil KPR rumah yang harga Berapa ya..?
    2. kalo nga ada Siup bisa nga kita Kpr ?
    3. Bank Syariah apa yang Relatif bunganya rendah ?

    Terima kasih

  17. saya sangat tertarik dan minat untuk membayar rumah yang sedang saya kontrak tahunantiap tahun 5jt. harga rumah tersebut mau di jual dengan harga 170 jt, lokasi di dalam perkampungan.mobil masuk tapi buntu, surat masih akte jual beli ( AJB ) bisa kah rumah tersebut di KPR kan? bagaimana caranya? sukur2 tanpa harus pake uang muka! saya PNS Gol. III Mentok, ditunggu jawabannya, terimaksih

  18. Saya pernah mengambil kpr di daerah Cileungsi pada tahun 1999, untuk masa angsur 10 tahun. dan sekarang sudah lunas kurang lebih 7 tahun lalu, tapi sertifikatnya belum saya ambil, kira2 sertipikat tersebut di bank bisa hilang tidak karena belum ada waktu untuk mengurusnya, karena sertipikat tersebut adanya di BTN Bogor, mhn jawaban

  19. Tolong diperhatikan kualitas bangunannya juga, karena setelah akad kredit bangunan yang sudah diserahkah ke pembeli harus banyak perbaikan lagi, Mohon bagian bank benar-benar memperhatikan ini, Perhatikanlah kami rakyat kecil.

  20. aslm…
    selamat pagi Bapak Alex pangestu di tempat

    saya karyawan swasta ingin mempunyai rumah kpr, gaji per bulan 2.6 jt ,bisakah say memiliki rumah kpr, saya tidak mengerti caranya…terimakasih.

    wslm

    1. wah pa cecep dgn gaji 2,6jt cukup utk pengajuan KPR,kalau cari dibogor hubungin saya pa,sy bisa bantu siapa aja yg ingin punya rumah dgn kridit.Atau yg pengen punya rumah tapi ada masalah gaji,status kerja,surat-surat atau kondisi – komdisi tertentu,bisa hubungin saya 0878 7028 5717,sms aja nanti saya telpon

  21. Permisi, saya ingin bertanya ala kadarnya yang melintas dalam benak saya setelah membaca artikel ini. Saya mau tahu kira – kira untuk di Indonesia lebih baik memiliki rumah atau apartment? Dengan pertanyaan saya tersebut dapat membantu saya menghilangkan keraguan ingin memiliki rumah atau apartment.

    Terimakasih banyak bila di jawab, saya akan sering berkunjung ke website ini untuk melihat respon jawabannya.

    1. Tergantung keperluan. Untuk di Jakarta yang lahannya sudah sempit dan akses ke kota-kota satelit semakin sulit (baca: macet), tinggal di apartemen yang dekat kantor sangat masuk akal. Saran saya pribadi: pilih apartemen kalau mau tinggal di tengah kota seperti Jakarta, beli rumah kalau mau tinggal di daerah pinggiran kota besar. Ada yang punya pendapat lain?

    2. memang kalau apartemen dari segi keamanan lebih baik,,baik keamanan intern maupun terhindar dari banjir,,tapi kalau dari segi nilai apartemen jauh lebih merugikan daripada beli rumah,,,karena harga jual untuk apartemen nilainya merosot dibanding harga rumah,,

  22. saya ingin membeli rumah dgn harga 55 jt dan akan saya bayar 20 jt,lalu sertifikat saya balik nama a/n saya sendiri,pertanyaan saya bisa kah saya meminjam uang untuk membayar sisa kekurangan untuk membeli rumah yg saya beli,dengan cara dengan jaminan sertifkat yg sudah saya balik nama,atas nama saya sendiri.dan klo bisa rincian nya apa saja yg diperlukan untuk meminjam uang di bank,dengan tenor 3th.trima kasih

  23. permisi..
    saya mau tanya, jika saya hanya karyawan kontrak yg bkerja di suatu instansi ikutan KPR ??
    saya rakyat yg menengah ke bawah, apakah bunganya ringan dan tidak jadi merugikan ???
    trimakasih..

  24. saya seorang wiraswasta puny btoko buku,istri saya seorang pengajar TK ,apakah saya bisa mengajukan kpr ?sementara rumah yg saya inginkan di daerah kebumen jawa tengah mohon jawabanya terima kasih.

  25. saya seorang PNS di Bekasi ….saya ingin membeli rumah KPR tetapi saya ga punya tabungan …. apakah saya hrs punya tabungan dulu …. kalo hrs punya tabungan dulu, berapa rupiah batas tabungannya untuk bisa ngambil perumahan melalui KPR …. terima kasih ….

    1. Tabungan itu biasanya dipakai untuk mengecek kondisi keuangan pemohon KPR. Jadi kalau tak punya, bank kesulitan mengetahui kondisi keuangan calon nasabah.

  26. Pak Alex Pangestu, saya ingin mulai usaha kos-kosan. Ada rumah kosan akan dijual, tapi modal untuk belinya kurang. Apakah saya bisa mengajukan KPR dengan agunan rumah yg saya tempati? Rumah saya didaerah sarijadi, tapi jalan depan rumah lebarnya hanya “semobil”, apa bisa dijadikan agunan? Trus bank mana yang bunganya rendah? Terima kasih

  27. permisi mau tanya ada 2 pertanyaan pertama –> sya ingin ajukan kpr,tetapi saya baru 3 bln bkrja dan istri saya sudah 8th bkerja yg saya tanyakan ?? bisakah saya mengajukan KPR sedang kan saya baru 3bln bkerja.—> yg ke dua saya punya DP 20 jt sya ingin ambil kpr 2th berapa cicilan perbulannya dan andai bisa join income atas nama siapa untuk pengajuan nya istri saya atau nama saya sedangkan saya baru 3 bln bekerja.trima kasih

  28. Selamat siang…
    saya mau tny..saya mengajukan KPR di sebuah bank dan saya seorang karyawan disebuah CV. Yg mau saya tanyakan, apa benar klo kary di CV di mintai FC SIUP TDP ?
    Terima kasih…

  29. Pengajuan KPR apa bisa dipergunakan untuk merenovasi rumah orang tua

    terima kasih atas jawabannya

  30. Selama ini pengembang ataupun penyelenggara KPR tak pernah melirik pada nasib kami. Saya seorang TKI yang selama ini bekerja keluar negeri utk sekedar memiliki rumah dan menyekolahkan anak, tetapi pemerintah/ instansi terkait DEPNAKER tidak pernah menjembatani niat kami para TKI ini…..
    Apakah ada kesempatan bagi Saya untuk mencoba memiliki rtumah lewat penyelenggara KPR dalam hal ini CIMB NIAGA….?

  31. saya ingin memiliki rumah tp saya tidak memiliki SHM ato jaminan lainnya. saya bekerja sebagai karyawan kontrak.. apakah bisa mendapatkan KPR? bgmn caranya yg mudah dan tidak memberatkan saya.. terimakasih.

  32. saya hanya punya ktp dan syarat-syarat kpr diatas saya tidak punya, sekarang saja kost apa bisa ya ngambil perumahan lewat kpr???

  33. siang pa saya bekerja sebagai security di salah satu perusahaan 1/2 BUMN mau memiliki rumah sendiri tapi tidak ada KPR yang mempercayai karena saya pekerja kontrak & bila saya mengambil secara langsung terlalu berat di uang muka, tolong dong pa carikan solusinya

  34. Saya sudah lama ingin mempunyai rumah melalui KPR. Namun beberapa tahun lalu saya mempunyai masalah dengan kartu kredit karena perusahaan tempat bekerja bangkrut sehingga tidak bisa membayar tagihannya. Kira-kira apakah bisa disetujui karena sdh masuk black list bank? dan berapa lama black list itu berlaku? terima kasih.

  35. ibu saya punya asabri tapi selama ini tidak dipakai untuk ambil rumah kalau saya pakai untuk ambil KPR apa bisa dgn persetujuan ibu tentunya. trima kasih penjelasannya. misal kalau bisa di lokasi surabaya atau sidoarjo

  36. Kalau diliat dari semua pertanyaan,hampir smua jawaban rata-rata “tergantung dari bank” dimana kita ngajuin kredit nya. nah kalau bole saya tanya, Bank mana nih kira-kira yang ok?kalo masalah bunga nya…smua hampir sama sih paling beda tipis.cuma proses ina inu nya aja yg makan waktu. ada rekomendasi bank yg cukup koperatif dan ok gak bung?

    1. Kebetulan saya pakai BRI dan mulai dari awal sampai sekarang tidak pernah ada masalah. Orang-orangnya pun siap sedia membantu saya dan sering meningatkan saya untuk membayar beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo. Ini pengalaman pribadi yah… hehehe.

  37. sore pak estu. sy ingin KPR tapi syarat dan birokrasinya sangat100x rumit. saya punya pemikiran “amrih gampange” saya punya sertifikat dsb atas nama ortu saya gadaikan untuk mendapatkan uang tunai. uang tunai tsb untuk beli rumah secara tunai. setelah sertifikat dsb dari rumah yg baru sy beli tersebut keluar rencananya akan kami gadaikan untuk menebus sertifikat rumah ortu. jadi kami tinggal mengangsur rmh baru. Pertanyaan saya :
    1. Untuk perhitungan bunga apakah akan semakin berbelit?
    2. apakah pemikiran bodoh ini pantes sy sampaikan pd calon developer?
    Tolong dijawah ya pak estu…….. trimsssssssssssss

    1. Untuk perhitungan bunga, coba simulasi KPR di sini. Lalu, sepertinya tidak ada salahnya bertanya pada bank atau developer. Biasanya marketing mereka bersedia membantu.

  38. berapa % kemungkinan pengajuan KPR di setujui? karena kalo nggak disetujui Booking Fee/dp Angus donk, apa ada KPR dengan DP sekitar 5-6 Jutaan tanpa Jamsostek?

  39. susah memang urusan nya mau pinjam uang dmana-mana???… padahal saya kpngin sekali pinjam dana tuk bangun rumah atau beli rumah seken…..

  40. to pt. jamsostek tolong jngn persulit karyawan yg mau pinjam uang?.. kan ada jaminan uang pesangon kita, apalagi karyawan yg sudah bekerja puluhan tahun…….please dong ahhhh……………

  41. saya ingin merenovasi rumah,apakah saya dapat pinjaman dengan agunan rumah tinggal yg akan direnovasi? saya dan suami bekerja di swasta dngan gaji RP 1.500.000 perbln (RP 3.000.0000) berdua. apakah kami bsa mengajukan kpr? bagaimana caranya mohon bantuannya, terimakasih

  42. mana ada bank yang pro rakyat miskin,tengok aja syarat dan birokrasi bank.jlimet…..met.yang jelas klau mau beli rumah nabung dan berdo’a.GITU AJA KOQ REPOT.

  43. saya mau bertanya,,,kemarin saya sempat melakukan pengajuan KPR,,dengan jadwal akad kredit seharusnya bulan maret 2012,,tapi pihak developer dengan alasan bahwa pemberian subsidi dari pemerintah ,untuk type yg saya ambil , batas waktu subsidi itu harus diurus sebelum januari 2012,,jadi disini saya harus melakukan pembayaran DP secara full sebelum bulan desember 2011 berakhir,,yang saya tanyakan sebenarnya akad kredit itu kondisi rumah sudah jadi berapa persen,,sedangkan rumah yg saya ambil sepertinya belum dibangun,,bagaimana cara komplain jika kondisi rumah tidak sesuai dengan spesifikasi,,, dan apakah benar subsidi pemerintah untuk rumah type 22 itu berakhir sampai desember 2011,,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak,,,

    1. Saya dulu waktu akad kredit rumah juga belom jadi. Hahahaha. Terus sekarang udah telat nih. Harusnya September kemarin serah kunci, tapi diundur ke Desember. Sepertinya Desember juga gak mungkin, karena kemaren ngecek ke lokasi, cluster-nya baru sebagian jadi. Komplain bisa diajukan ke customer service pengembang.

      1. Pak sebenarnya prosedur yang benar untuk mendapatkan KPR itu bagaimana sih?
        1. Wawancara – disetujui – start mencicil – rumah dibangun – serah terima kunci atau
        2. Wawancara disetujui – rumah dibangun – serah terima kunci – start mencicil.
        Karena antara saya dan teman saya yang ambil KPR namun beda developer kok lain ya prosedurnya?

        Kalau misalnya memakai prosedur ke -2 namun developer menunda – nunda untuk serah terima kunci padahal rumah sudah jadi, apakah konsumen bisa mengajukan tuntutan? sepertinya disini posisi konsumen lemah. Sedangkan untuk membatalkan ambil KPR jelas DP akan hilang.

        Trim’s Pak alex.

  44. Sayangnya uang muka untuk pembelian rumah cukup tinggi dan kayak KPR juga nggak banyak membantu. Saya udah berulang kali mengajukan KPR terkendala dengan masalah D/P yang tinggi dan syarat2 KPR yang kadang kurang berpihak kepada golongan rendeah dengan pendapatan 2 jt kebawah. Seharus pemerintah udah mulai berpikir.

  45. saya karyawati swasta,pgn mengajukan KPR,tapi dengan gaji yang minim dan tiadk punya tabungan apa pengajuan saya bisa di acc ? mohon penjelasan

  46. Selamat Siang,

    Pertanyaannya singkat saja :
    Bagi seorang karyawan swasta,untuk mengajukan KPR,apa ada batas usia? jika ya berapa batas usia maksimal? saya tunggu jawabanny.terimakasih.

  47. Saya ingin membantu menjawab pertanyaan Bapak Eman.
    Untuk pengajuan KPR bank minimal umur 21 tahun dan umur maksimal pada saat kredit berakhir umur 55 tahun (pegawai) dan maksimal 60 tahun untuk profesional/wiraswasta. terima kasih. AGUS (SO CONSUMER LOAN bank pemerintah)
    Jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut mengenai KPR bank dapat mengirim via email:
    yomes9898@yahoo.com

  48. Kemarin saya dan suami mengajukan KPR tetapi pengajuan kami tidak disetujui bank, Padahal semua syarat sudah lengkap, tidak ada BI cheking, dan DP sudah kami bayar secara cash. Pihak bank hanya mengatakan kalau dana yang tersimpan di rekening kami kurang. Padahal menurut hitungan kami dengan cara yg diberitahukan pihak bank, seharusnya kami masih bisa masuk. apakah memang pengajuan KPR buat orang menengah ke bawah dipersulit???

  49. Bagaimana kalau dana KPR digantikan dana utk pembelian tanah lapang termasuk pagar permanen keliling lahan tsb ,utk bangun perumahannya secara bertahap, agar bisa mendapatkan lahan yg lebih luas .Jika bisa mendapatkan lahan yg lebih luas bisa membuat usaha misalnya tanaman sayur,buah,ternak,kolam ikan,home indusrti. Kalau di negara jiran ada istilah industri estated. Hal ini baik juga diterapkan di Indonesia krn jika hanya sebatas rumah tempat tinggal saja menjadikan penghuninya tidak produktif.

  50. Saya seorang pelaut, bekerja berdasarkan contract tanpa jaminan status permanent(tetap). Ingin memiliki rumah melalui KPR. Saya ingin tahu dengan latar belakang pekerjaan sekarang dapat memiliki rumah dengan KPR tanpa hardcash,seperti yang saya lakukan sebelumnya. Kalau ada bank penjamin mana yang bersedia dan apa persyaratannya

  51. saya pengen rumah,kerjaan saya buruh bagaimana caranya bisa,kpr.
    kpr didaerah gemolong,solo sragen

  52. Saya baru ajukan kpr 6 bln yang lalu karena saya blm punya yg saya ajukan hanya type 21

    booking fee 1 jt, dp sudah saya bayar, semua syarat sudah saya lengkapi, tetapi ditolak degan

    alasan yang tidak jelas dr pihak bank. Saya punya card kridit sdh 9 thn tidak pernah ada masalah,

    punya anak baru 1 blm sekolah lg, yang saya mau tanyakan apakah setiap yang ajukan kpr

    Booking fee nya harus hagus setiap yang ditolak?

    Padahal teman saya satu kerja punya anak 3 sekolah lg ambil yg type 27 di setujui.

    1. kepada para sahabat ku…mintalah simulasi KPR sebelum mengajukan KPR agar kita tahu batas kemampuan kita untuk kpr bisa disetujui atau tidak dan untuk menghindari hilangnya Bookingfee,,,kebetulan saya berprofesi sebagai marketing perumahan disetiap konsumen saya yg mau kpr pasti saya akan simulasikan dahulu agar konsumen merasa nyaman

  53. sy wiraswasta di provinsi Gorontalo. Gaji pokok 1.500.000/bulan. bisa ajukan KPR ga ya???

    thankss

    1. Tergantung pengajuan pinjamannya berapa. :) Kalau jumlah cicilan tidak terlalu besar, bisa saja.

  54. sy bekerja di kapal..yg slip gajinya tdk pernah sy terima..kira2 bisa tidak sy mengajukan KPR..karena sy lihat setiap persyaratan mengajukan KPR hrs menyertakan slip gaji..

    1. Setahu saya, slip gaji itu wajib diberikan sebagai bukti ada pendapatan. Coba tanyakan apakah bisa hanya dengan mengandalkan buku rekening tabungan.

  55. Bapak / Ibu yang terhormat,saya seorang janda kbtln saya wira usaha wrng makan..maaf bukan depot maksud saya tdk depot yg berhubungan dgn siup maupun pajak pembelian,saya tinggal di perumahan dan kebetulan depelopernya bermslh taruh kata bangkrut,sdngkan saya dlm pembelian rmh tersebut memberi uang muka 30% dr harga rmh tsb,nah skrng penghuni perumahn tersebut mengupayakan utk mendptkan sertifikat.pd saat ini sdh msk proses pemecahan sertifikat masing2 rmh,dan menunggu utk pensertifikatan dinotaris,dng demikian kami seperumahan mengajukan KPR sendiri – sendiri…utk menutup biaya dinotaris dan kekurangan pembayaran pembelian rmh tsb.ya..Allah bapak / ibu seperti saya ini apakah tdk bisa mengajukan KPR utk melunasi rmh saya.utk tempat tinggal anak2 saya dan ibu saya yg sdh tua,sedangkan penghasilan warung saya dlm 1 blnnya Insyallh keuntungan bersih ada 2.5jt /bln.Bapak /ibu..tlng saya bagaimana saya bisa mengajukan KPR,..tlng bantuannya bapak suwun

    1. Selama bank melihat Ibu masih bisa mencicil tanpa membebani biaya sehari-hari, bisa saja di-approve. Syarat lain tentu surat-surat resminya lengkap.

  56. saya seorang karyawan di bdg,yg ingin membahagiakan istri & anakku,tuk mmpnyai rumah sendri karna slma ini kmi ngontrak.ada keinginan tuk mengjukan KPR tpi yg jdi mslh DP/U.muka yg berat buat kami.klo ada pengembang KPR tanpa U.muka saya mau ngmbil KPR itu.tpi persyaratan & ID pemohon tetap hrus komplit…trim’s

  57. sebenarnya apa yang ditakutkan oleh bank pemberi pinjaman, toh kpr jelas jaminannya adalah properti itu sendiri,meskipun peminjam tidak sanggup bayar bank bisa menjual properti tersebut,
    dan yang orang yang mau kpr tentu adalah dari kalangan menengah kebawah( untuk rumah sederhana )

  58. Apapun caranya kpr itu hanya untuk orang yang punya tabungan besar, uang nya banyak, gajinya gede, sudah punya SHM IMB dll, pokoe ribet, bla bla bla.
    orang miskin kaya ane, dan saudara2 yang berpenghasilan pas pasan hanya mimpi dapat rumah.

    semoga mendapatkan kesuksesan dan rizki yang banyak bagi kita yang belum mampu
    :-) ,,, Aminn. salam sukses hahaha

  59. sekarang sy sedang mengajukan KPR. Tpi dgn tiba2 sy di minta scpatya akad kredit dgn alasan spy tdk kena pajak 10% dri harga bangunan. apa memang ada aturan baru di 2012 tenta pajak ? smntara pemberitahuan pas di hari trakhir 2011.

    1. Sepengetahuan saya (mohon koreksi kalau salah), pajak 10 persen (PPn) saat pengajuan KPR itu memang ada tapi tidak seluruh rumah. Misalnya, rumah sederhana sehat yang harganya di bawah 55 juta tidak dikenai PPn. Mengenai perubahan dari tidak ada pajak lalu menjadi ada pajak, mungkin itu promo dari pengembang. Coba saja ditanyakan ke mereka untuk info lebih jelas.

  60. saya,seorang supir, inginmembahagiakan istri dan anak,saya bekerja di perusahaan oli terkemuka di indonesia bisakah punya rumah. gaji pokok saya 1500000.ya kalo di total,semua per bulan mencapai 3500000 bahkan lebih,bisa kah saya mengajukan kredit rumah,dan bank mana yg bisa di gunakan untuk kpr

  61. kebanyakan cuma teory aja kenyataanya kita susah kok dapat nya terus saya juga pernah punya di cikarang cicilan bulanan 425000 tapi uda masuk tahun ke 2 lewat BTN malah naik jadi hampir 600ribu lebih saya kesal saya tutup padahal sudah lunas uang muka semuanya entah skarang kemana rumahnya ngak tau………

  62. saya seorang tukang ojeg yang berambisi ingin memiliki rumah sendiri, bisa tidak saya mengajukan KPR? jgn takut ga dibayar saya bukan penipu!!

  63. pak alex saya mau tanya, saya seorang karyawan swasta, gaji yang saya terima selalu berbentuk chas tidak pernah ditransfer ke rek bank, saya ada rek bank hanya untuk transaksi side job saya. dan rek yg satunya hanya untuk tabungan. Apa dengan trafic rekening seperti itu bisa di setujui oleh Bank kalo saya ambil KPR … trims

    1. Bisa saja, asalkan slip gaji tersedia sehingga bank tahu bahwa ada pendapatan tetap. Untuk tabungan yang dijadikan berkas untuk pengajuan KPR, pakai tabungan yang jumlahnya paling besar :).

      1. lngsung saja ya pak, saya hnya seorang karyawan swasta, dan sya hnya punya ktp, surat nikah, dan kartu klrga, serta slip gaji, kira2 bsa gk saya dpt KPR dg DP yg terjangkau?

  64. Saya pingin sih ambil KPR tapi kalau syaratnya harus ada dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB).sama aja gak bisa so kalau ada syarat tsb berarti sudah punya Rumah buat apa ambil KPR lagi. Buat syarat ya yang logika

    Kecuali kalau syaratnya cuma :

    fotokopi KTP,
    akta nikah atau cerai,
    kartu keluarga, dan
    slip gaji,
    surat keterangan kerja dari perusahaan, serta
    buku rekening tabungan yang menampilkan kondisi keuangan tiga bulan terakhir.

    Kalau syarta tsb mungkin bisa terima yang sanagta berat surat IMB,SHM,PBB

    Tolong dikoreksi buat syaratnya

    1. SHM, IMB, dan PBB itu bisa didapat dari pengembangnya kalo kita beli dari pengembang. Saat punya tanah, kita sudah punya sertifikat kepemilikan. Untuk bangun rumah, kita butuh izin membangunnya. Jadi otomatis, syarat itu terpenuhi. Ada yang bisa informasi lengkap?

  65. saya mau tanya, saya memiliki KPR BTN tenor 10th, sudah jalan 2 thn, saya ingin membeli KPR lagi, sedangkan saya sudah memiliki KPR BTN. pertanyaan saya apakah saya masih bisa mengajukan KPR untuk membeli rumah lagi. KIra-kira ada gak bank yang bisa menyetujuinya dengan syarat tersebut? trimakasih,,,

    1. Bisa saja asalkan Mas Hendri dinilai mampu membayar cicilan oleh bank kedua. Mas Hendri akan disurvei dan dinilai layak atau tidak, termasuk kemampuan membayar, untuk mendapatkan pinjaman.

  66. Dokumen standar
    fotokopi KTP,
    akta nikah atau cerai,
    kartu keluarga, dan
    dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB).

    Gimana orang-orang untuk kalangan menengah kebawah seperti saya bisa mengajukan kredit?orang syaratnya aja mesti punya agunan??? kan saya belum punya SHM, IMB, PBB dan rata-rata orang kredit rumah memang kebanyakan belum punya rumah?????

    1. Kalo beli rumah dari pengembang, SHM, IMB, dan PBB diurus mereka. Kalau bangun sendiri, kita harus urus sendiri dulu. Sebelum bangun rumah kan kita perlu IMB. Ketika beli tanah, kita dapat SHM.

  67. saya mau tanya,
    saya memiliki KPR BTN tenor 15thun,pertanyaan saya
    mengapa jumlah pembayaran saya tidak sesuai dengan perhitungan kalkulator KPR dari bank, dengan pembayaran saya setiap bulan,
    misalnya
    saya KPR jumlah 46juta dengan bunga flat 14%
    dari kalkulator kpr bank bulanan saya seharusnya Rp. 624101.02
    tapi kok bulanan diwajibkan bayar +- 670.000

    itu kenapa ya mohon keterangannya bagi yang tau,terima kasih
    minta tolong di jawab di email saya saja mbh_joe@yahoo.com

    terimakasih sebelumnya

    1. Lebih baik ditanyakan ke bank-nya langsung. Siapa tahu memang ada biaya tambahan di luar cicilan.

  68. saya memang beli perumahan pak alex,
    tapi anehnya
    teman saya juga beli perumahan tapi beda tempat,
    dia pengajuan KPRnya lebih besar +- 55juta
    dengan kurun waktu sama 15 tahun, bulannya kok malah sedikit +- Rp.630000

    itu lo yang saya bingungkan

    1. Iya. Saran saya, coba ditanyakan ada biaya apa di bank tersebut. Kenapa berbeda dengan simulasi.

      1. mas saya dan istri saya bekerja tapi istri saya sudah jadi karyawan tetap tetapi saya masih kontrak bisa tdk join income tapi pake nama istri saya pendapatan join income mencapai 4700000 sebulan

      2. mas saya dan istri saya bekerja tapi istri saya sudah jadi karyawan tetap tetapi saya masih kontrak bisa tdk join income tapi pake nama istri saya pendapatan join income mencapai 4700000 sebulan bisa tdk saya mengajukan kpr

  69. kemarin sy mengajukan kpr,persyaratan lengkap,nilai pinjaman ke kpr 247 juta,dp sdh lunas,yg membuat sy khawatir tdk diacc adalah tabungan sy dibank tinggal 11 juta,tp sy punya deposito 50 jt an anak sy,bunga sy ambil tunai tiap bln 900 rb perbulan,jatuh tempo deposito juni 2012,menurut bpk,kpr sy bs diacc?tks pak

  70. saya pernah macet di kartu kredit, tp itu sudah berjalan skitar 6 tahunan. bs tidak untuk mengajukan kpr lagi, karena saya pernah ditolak karena ada catatan kredit macet. namanya jg menengah kebawah.. tlg saran baiknya, makasih….

    1. Bisa kok. Asal besarnya cicilan dan gaji sejalan. Artinya, cicilan tidak akan membebani kebutuhan sehari-hari secara umum. Bank bisa menilainya dengan melakukan survei.

  71. dari sekian saran yg baik semua disini saya hanya kasi masukan buat kmentrian perumahan rakyat tolong lebih (khusus)di perhatian lagi buat kami,semua rakyat indonesia khususnya masyarakat menengah ke bawah untuk masalah kpr buat rakyat untuk rumah com jadilah fatner untuk jadi jembatan ke instansi yg terkait buat semua rakyat indonesia >>>>salam sukses <<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>merdeka<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<

  72. sekedar pelurusan ….

    yang dimaksud dokumen kepemilikan agunan (SHM, IMB, PBB) disini adalah dokumen dari rumah baru atau second yang akan kita KPR kan dimana yang memiliki dokumen kepemlikan ini ada dari pihak developer untuk rumah baru dan untuk rumah second adalah dokumen kepemilikan dari rumah si pemiliknya… tinggal minta fotocopy surat dokumen (SHM, IMB, PBB) itu saja kok sudah bisa…. Dokumen ini yang nantinya akan disimpan oleh pihak bank aslinya sebagai jaminan jika kpr anda disetujui.

    semoga membantu ….

  73. buat pak andi ,…

    selama anda tidak melunasi kredit macet anda walau 10.000 perak maka berarti anda masih di blacklist oleh BI dan ini yang membuat anda gagal untuk disetujui oleh bank mana pun .

    saran saya lunasi kartu kredit macet anda pada bank penerbit kartu kredit anda …ini akan membuat peluang anda diterima pengajuan kredit bisa dipertimbangkan oleh bank …ini membuktikan anda punya itikad baik untuk membayar hutang anda…

    semoga membantu …

  74. Saya rencana ambil rumah lewat kpr BTN . DP sudah lunas SP3K sdh sy bayar , bulan ini mau realisasi , pertanyaan saya untuk realisasinya apa bisa mundur sampai bulan april .soalnya sy perlu mempersiapkan dana untuk notaris dan biaya tamabah ruangan ke pengembang ?

    1. Negosiasikan saja ke bank-nya. Kasih penjelasan kondisinya. Mudah-mudahan bank-nya bisa mengerti.

  75. Minta tlg….Proses KPR Mudah Bagi para Pelaut/mereka yg mata pencariannya di Laut (marine),s’bab mereka jarang/hampir tdk pernah ADA Di rumah
    TOLONG KONFIRMASInya

    Thank’s…………..

  76. saya mau beli perumahan tapi ternyata imbnya tdk ada. waktu pembeli pertama menanyakan kpd pihak bank ternyata pihak bank sdh menyerahkan imb tersebut.tapi pembeli pertama mengaku tdk menerima .yang saya tanyakan hilangnya imb tsb sehrsnya menjadi tanggung jawab siapa apakah developer atau pihak bank.dan apakah sangat penting kegunaan imb tsb???

  77. siang pak!

    sy punya cita2, bangun lapangan futsal di daerah saya bantar gebang, pertanyaan nya bisa ga rencana sy, di biayai oleh bank dgn sistem kpr, dengan agunan rumah pribadi dan tanah yang akan di bangun, sementara usaha saya sdh berjln adlh warung kelontong. dan kondisi tanah yg akan di bangun adlh tanah orang lain yg mau di jual, luas tanahnya 8000mtr, tlng infonya!

    1. Setahu saya KPR itu khusus tempat tinggal. Untuk tempat usaha, coba tanyakan langsung ke bank, seperti BII di (021) 788 69 811.

  78. mau ty pak… klo sudah wawancara ke bank BTN trus di ACC nya kapan ya???? saya juga sudah di survei by tlfn ke kentor demikian jg dg suami saya. terima kasih

    1. Coba ditunggu sampai 30 hari setelah wawancara dan survei. Atau, coba saja hubungi staf marketing yang melayani Ibu.

  79. saya ingin sekali beli rumah buat ibu saya tetapi sya hanya guru honor di SD negri, bagaimana carany supaya dapat membeli rumah melalui KPR, tpi saya tidak punya dokumen kepemilikan agunan,saya jg blm nikah, tolong dong dipermudah dan uang mukanya juga jangan mahal2, berikut cicilanya,klo cicilan 600 rb kebawah saya sanggup,
    Atas perhatianny saya ucapkan terima kasih,,,tolong ditanggapi…..

    1. Ibu Riyanti bisa coba gunakan Jamsostek untuk mendapatkan bantuan uang muka perumahan. Coba saja datang ke kantor Jamsostek terdekat.

  80. saya ingin meminjam uang dengan agunan sertifikat rumah a/n saya sendiri,saya baru bekerja 4 bln dan istri saya sudah 7th bekerja.pendapatan saya join income sekitar 3jt + 250rb dari kontrakan rmh saya jadi total 3.250 jt.saya hitung di kalkulator kpr bank btn untuk pinjaman 35jt tenor 3th suku bunga 13% perbulan cicilan sekitar 1.3jt bisakah untuk joint income dng cicilan 1.3jt/bln.dan atas nama sapa saya harus mengajukan utk masa kerja diatas 1th.trima kasih

  81. Saya ingin sekali memiliki rumah sederhana di Surabaya saya karyawan di perusahaan ternama MRA GROUP PT Rahayu Arumdhani international sudah lama bekerja 7 tahun lebih hampir 8 tahun. saya sudah berkeluarga istri saya juga bekerja, kami ingin membeli rumah dengan KPR gimana caranya dan bagaimana mendapatkan rumah yang sederhana dan murah dengan cicilan yang bisa di jangkau oleh kami. mohon bantuannya agar kami dapat memiliki rumah dengan nyaman dan lingkungan yang bersih dan ramah.. terima kasih salam fanny & Family

    1. Untuk mencari rumah, Mbak Fanny bisa gunakan situs web kami di http://www.rumah.com. Mbak Fanny bisa cari rumah berdasarkan rentang harga, lokasi, dan ukuran. Di situs web kami langsung ada simulasi KPR sehingga Mbak Fanny bisa langsung memprediksi pengeluaran untuk pembelian rumah.

  82. Pak alex saya pingin ambil rumah tapi gaji saya Rp. 2.500.000/bln, saya sudah surve harga rumah 65 jt, dp 15 jt, saya mau ambil cicilan yg 5 thn nominal Rp. 1.300.000/bln, status saya ms bujang. apa kira-kira bisa di acc oleh bank ya.

    1. Bank biasanya hanya mengizinkan 1/3 dari gaji yang dipakai untuk cicilan. Tapi, tak ada salahnya dicoba. Biasanya, bagian marketing bank akan bantu cari solusi. Misalnya, dengan menambah waktu cicilan jadi 20 tahun.

  83. per januari 2011 FLPP thn 2010 dan PKO thn 2010 antara menpera dgn BTN tidak berlaku lagi. kami calon konsumen menjadi resah karena FLPP dan PKO yang baru belum disahkan. Kami berharap pemerintah cepat mengeluarkan kebijakan baru.

  84. syarat-syarat tersebut perlu ditegaskan …”HANYA BERLAKU YANG BERAGAMA DARI SALAH SATU 6 AGAMA YG TERCANTUM”……. .

    Diluar 6 agama tercantum….TIDAK MENDAPAT AKTA PERKAWINAN… artinya…. TIDAK BISA MENGAJUKAN KREDIR…….

  85. kalau saya bekerja di perusahaan di luar negeri n domisili disana apakah bisa mengajukan KPR?
    syarat2nya apa?

  86. Baru-baru ini KPR saya di Tolak BTN, alasannya nama saya di black list oleh BI. sebab sering terlambat dalam mencicil, tapi semuanya telah lunas. pertanyaan bagaimana cara memberishkan nama saya. tks

    1. Apabila pembayaran selanjutnya tidak terlambat, status tersebut bisa luluh sendiri. Tapi, butuh waktu. Silakan periksa status Anda di kantor BI di Thamrin.

  87. mengapa pengajuan KPR lebih rumit di banding pengajuan kredit kendaraan padahal :
    1.Barang Anggunan tidak bisa di pindah tangankan/di gadaikan
    2.Barang Agunan tidak bisa di bawa lari karena barang statis
    3.Jika terlambat bayar gampang sita kembali dibanding kendaraan
    4.Harga jual kembali akan lebih tinggi
    5.Orang akan berpikir dua kali kalo rumahnya di sita dibanding sita kendaraan [ lebih Utama ]

  88. sya mau tanya.
    untuk UM dengan menggunakan jamsostek disini saya mendapat 2 tawaran yang berbeda dan aneh. yang 1 adalah jamsostek berharga 15 jt. dan yang ke 2 adalah jamsostek berharga 20 jt.ini yang bener yang mana??hal tersebut sama-sama diuruskan oleh pihak developer.

  89. Saya akan membeli rumah dengan KPR, akan tetapi saya pernah ada masalah dengan salah satu Bank swasta yang katanya saya menunggak kredit pada tahun 2009 kemudian saya melunasi 2010. Padahal saya tidak pernah mengajukan kredit, akan tetapi ada di BI Checking bahwa saya pernah kredit. Darimana data yang diperoleh itu??????????

    Kemudian tahun 2010 sudah dilunasi dan saya berdomisil di Wonogiri Yogyakarta……Kenapa bisa begit???????………………….

    Setelah saya datangi ke Bank tersebut kemudian saya dibuatkan surat yang isinya biaya administrasi, padahal saya tidak pernah punya rekening di Bank tersebut……., sampai sekarang di BI Checking nama saya masih terpampang…………….

    apa yang bisa saya lakukan……….???apakah ulah Bank tersebut kemudian saya bisa mengambil KPR??????……meresahlan rakyat nggak bisa mnegurus……

  90. saya pernah urusan urumah dengan KPR BTN semua syarat sudah saya penuhi.bahkan penghasian 10x lipat dari angsuran rumah yang diwajibkan.tapi pihak KPR membatalkan sepihak.
    ..kenapa kok sulit sekali ya…?

  91. Pak Alex,

    Saya bekerja di salah satu perusahaan Luar negeri yang membuka cabang di Indonesia, setahu saya kantor cabang di Indonesia ini belum resmi, jadi rasanya sulit bagi saya untuk mendapatkan slip gaji dari perusahaan tempat saya bekerja, selama ini saya gajian melalui transfer ke rekening bank.

    Apakah saya bisa mengajukan kpr??

    1. Coba jelaskan kondisinya ke bank. Siapa tahu bank bisa menyetujui hanya dengan melihat kondisi keuangan dari buku tabungan.

  92. gimana dgn yang kerja, tapi kondisi keuangannya tidak bagus, artinya sebenarnya gajihnya mungkincukupkalau harus dipaksakan untuk dipotong angsuran KPR, tapi performa rekeningnya menunjukkan hal yang sebaliknya, kalau ditelusuri disebabkan oleh banyak hal… entah karena boros atau karena keperluan dadakan….gimana tuh..kan kebanyakan bank akan pukul rata aja…bahwasannya dia tidak layak dpt KPR, padahal rumah kebutuhan pokok…

  93. malam pak….
    saya seorang pekerja di sebuah retail ga ta seberapa apa bisa dengan gaji sy yg minim , saya bisa ambil kpr di daerah bandung?…

  94. Saya mencoba untuk mengajukan KPR beberapa kali…tetapi selalu under estimated dr Pihak Developer dan Bank dengan alasannya Single..emang kalo single gak boleh ngajuin KPR yah…

  95. sy dan suami sy pngen bli rmh, tp DP yg d’mnt tggi. dan uang kami blm ckup. yang ingin sy ty’kan bs g y bl rmh bru tp g pake DP..ada g Bank yg mo ksh KPR. n bs d’ ACC ya……….????????!!!!!!

    tnx

  96. siang mas alex…mohon pencerahanx…sy seorang pns gol III dgn penghasilan 2,4/bln sdngkan suami sy seorang kary.swasta dgn penghasilan 6 jt/bln.kami berniat membeli rmh bekas dgn harga 170 jt. yg menjadi uneg-uneg sy…bank mana yg bagus menjadi pembiayaan kami? kira-kira brp yg bisa d acc kan, setau sy klo rmh bekas bank hax bisa 70% sj. sy jg kesulitan membayar dpx..apakah bisa dengan menjaminkan SK sy k bank t4 sy menerima gaji? apakah tdk akan ketauan oleh pihak bank pemberi kpr apabila sy menjaminkan sk sy ke bank lain…terima kasih baxk atas waktux…

  97. saya ingin mengajukan kpr,tapi kurang percaya bahkan karena saya sebagai bekerja di perusahaan pelayaran,tapi bank susah untuk acc.

  98. saya mau jual dengan harga murah 250 juta di bandung,tapi orang yg mau beli rumah saya ingin di kpr kan,saya sih boleh2 saja,tapi saya bingung dengan cara itu,apakah persyaratan saya pun di lampirkan? mohon bantuannya,dan seberapa persen biasanya akad kredit di acc?..bila pengajuan 250 juta?.
    dan berapa persen DP yg harus di siapkan? mohon balasannya sesegera mungkin.

  99. Salam sejahtera pak estu, pak bgm caranya untuk mengetahui status developer yang akan saya pilih? krn kemampuan saya utk mengajukan KPR yaitu pada developer kecil yg mungkin namanya blm dikenal masyarakat. minta tolong dibantu ya pak. trimakasi

  100. nah kalo kitanya pedagang atau freelance masih bujang tp ga punya syarat2 diatas gmn, tppunya duit

  101. saya ngambil kpor atas nama bibi saya. di akad 2 tahun pertama hanya bayar bunga subsidi saja dan tahun ke 3 pokok ama bunga, tapi pada faktanya sampai tahun ke-4 masih tetap cicilan bunga saja ( karena jarang di print out). di tanyakan masih di proses. kira2 kena denda bunga g yah.. kalau iya berarti penipuan dong..

  102. sya pengen skali punya rumah,walupun harys yg tipe 36.untuk mengajukan KPR,di bank mana ja yg Bisa,trus bantuannya seperti apa dan bagaimana?

  103. kok KPR sekarang tambah banyak syaratnya, kalau gak punya tabungan dan punya agunan tapi punya gaji tetap apa gak bisa juga utk ambil KRP

  104. Salam,
    Sebenarnya semua oorang butuh rumah yang dalam jual belinya bermartabat, adil dan saling membutuhkan, kenapa konsumen kpr selalu ditempatkakn pada posisi dihina, direndahkan dan diangap tidak mampu? so coba pikirkan kenapa kredit motor or mobil jenis barang bergerak dan harganya lebih mahal daripada KPR malah menempatkan konsumen sesuai harkat serta martabat manusia, praktis, cepat, tidak bertele-tele dan terpercaya
    Kenapa kredit KPR harus berurusan dengan Bank, berjuta2 syarat, uang muka uang depan dan bututnya ANDA DITOLAK , HAHAHAHAHA BILA TIDAK NIAT JUALAN KPR LEBIH BAIK NGAMEN

  105. saya ingin bertanya,
    saya mengajukan kpr, memang benar saya di acc dengan alasan penghasialan saya digabungkan dengan istri 1/3, dengan perhitungan masih ada 1/3 untuk saving, namun memasuki cicilan ke 2 tiba-tiba, cicilan naik luar biasa dari 1,2 menjadi 1,8 jt, apa hal ini tidak bertentangan, kalau di lihat berarti ini akan memakan 1/3 dari dana saving dan kebutuhan lain, apa ini tidak menipu pembeli, karena mau tidak mau harus tetap membayar, apa BI tau akan bank yang spt ini ???

  106. Mau nanya… saya punya sebidan tanah ukuran 15 x 20 saya ingin bangun kos-kosan. bisa ngak saya bangun kos-kosan diatas tanah saya sendiri dengan KPR.. mohon infonya… makasih

  107. Klo kita KPR ,sertifikat atas nama pemohon biasanya jadinya berapa lama ya?krn sdh setahun sertifikat atas nama saya blom selesai2. KPRnya melalui BNI… thx infonya

  108. mohon pencerahannya pak….
    saya sudah beli rumah dari developer,yg rmh itu hasil oper kredit pada teman bapak saya.
    selama ini saya mencicil ke pihak bank dan sudah lunas,tapi setelah saya mau balik nama ternyata gak bisa…Hal ini dikarenakan developer yg bermasalah sehingga harus menunggu keputusan MA bahwa siapa yg menang gugatan,itu yg berhak menandatangani sertifikat para konsumennya.

    Nah…pertanyaannya sampai kapan saya harus menunggu??sedangkan saya berencana mau mnggunakan sertifikat itu untk pengajuan kredit untk usaha….sedangkan dari pihak bank sendiri menolak sertifikat rmh yg sdng bermasalah ini…..Padahal saya ini nyicilnya ke bank,tp setelah lunas koq mau ngajukan kredit ditolak karena developernya yg gk tanggungjawab….urusan intern developer mana saya tau….yg saya inginkan sertifikat rmh bs dibalik nama,itu aja.

    trus klo sudah gini kemana saya mau mengadu ya,pak??

    1. Komplain ke developer, beri mereka deadline, lalu tanyakan bentuk pertanggungjawaban jika deadline tidak dipenuhi. Good luck!

  109. saya mau nanya,,,,kenapa kalo ingin kpr persyaratanya kok ribet dan susah bangeeettt,,, padahal semua orang ingin punya rumah dan pasti akan membyar cicilan rmh itu,,sekalipun tdk sanggup bayar toh rumah itu pasti ditarik,,yg jd pertanyaan saya,,,kok seribet itukah untk memiliki rumah idaman????tolong dong dipikirkan dan dicarikan solusinya..kalo kita pingin punya rumah,otomatis kita pasti akan bayar sampe lunas,karena itu kewajiban yg mutlak…jd kalo bisa persyaratan dipermudah dan jgn dibikin ribet…toh rumah itu tdk bergerak,jadi gak bakalan kabur…

  110. Salam,
    Segala bisnis pada dasarnya ada margin (untung) tapi mengapa dalam kredit KPR nasabah diperlakukan tidak manusiawi, martabat dan sebagai hukum pedagang (pembeli adalah raja), so kenapa kredit mobil/motor/kartu dkredit hal barang bergerak tidak butuh syarat A s/d Z, tapi kredit rumah barang yang tidak bergerak dan harganya dibawah moda syaratnya AAABBBZZZ, niat jualan rumah atau hanya mau menghina/merendahkan orang baik langsung or tidak langsung

  111. asalamualaikum, saya mau tanya kalau ngajuin KPR gimna sih koq bingung saya, apalagi mngenai syarat syaratnya,ada prin tabungan 3 bulan terakhir,sedang kita tiap bulan habis,gimna solusinya trims

    1. Tetap diajukan deh atau coba perbaiki kondisi keuangan dengan menghemat atau cari pendapatan lain :)

  112. KPR……… “diskriminatif…. dan melnaggar HAM ” ……… yang dapat memperoleh KPR…hanyalah yang beragama… diantara 6 agama tercantum….. diluar 6 agama tercantum tidak bisa mendapatkan KPR…………….. soalnya di negri ini diluar 6 agama tercantum…… ‘TIDK MENDPATKAN SEPENUHNYA HAK-HAK SIPIL” …. walaupun UU tidak mengatakan demikian. Pastas sekali kalau negri ini tergolong NEGARA PELANGGAR HAM….. dan dibuktikan dengan hal-2 seperti Kredit ke Bank semacam ini…………..”buktikan kalau tulisn ini salah”…. silahkan hubungi email tersebut……..

  113. Klo mengajukan KPR susah sulit berteletele ikut preview saja bagaimana caranya ” BERTERNAK PROPERTI ” serta di bimbing langsung oleh Mentor dan ketemu dengan devloper langsung beli rumah.

    klo mau tau caranya preview akan di adakan di 4 kota Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi agar lebih jelas ikuti work shopnya,,,

  114. saya mau kpr tapi di tolak terus , beberapa tahun lalu sy punya kartu kridit tapi sudah 4 th udah sy lunasi. apa Bank yg ngeluarinKARTU KREDIT ngak ngasih tahu ke BI ,jadi kalau mau kpr di tolakkkkkkkkkkkk……………..

  115. dear all, mending cara berpikirnya dirubah, jangan terlalu melulu KPR. lebih bagus punya rumah CASH. caranya………..!
    1. harus punya uang
    2. berfikir cerdas & kreatif
    banyak kok, rumah2 yg harganya 60-100jt-an.
    1. Fokus tuk dapat uang tanda jadi – paling 5 jt
    2. Fokus angsuran 20jt (bisa khan cari pinjaman)
    3. Tinggal pikirin sisa pelunasannya.
    4. Klo dah dapet sertifikat, tinggal jaminin deh k bank tuk ngelunasin pinjaman. pasti ada sisanya. syukur2 bisa dapat rumah lg dari sisanya. tinggal pikirin bayar k Bank. kontrakkin deh rumah. yg bayarin cicilan ke bank dari kontrakkan. Simpel kan. Tidur jadi bisa nyenyak. Amiin.

    Kuncinya : harus fokus, cari rumah dibawah harga pasar (keliling kampung, cari 10 rumah press jd 3 trus jad 1 – ambil deh). yakin deh bisa.

  116. @suryono bapak minta surat keterangan dr bank yg mengeluarkan kartu kredit kalo anda sdh lunas mgkn saja pada saat BI checking msh tmbul sehingga kpr anda di tolak

  117. KPR itu sapi perah bukan membantu tapi menjebak !!!! bayangkan utk 15 thn cicilan perbulan bayar 2.6jt hanya 400rb yg mengurangi pokok siaanya 2.2jt bunga. itu BANGSAAT PENINDAS RAKYAT

  118. sy pernah di tolak mengajukan kpr subsidi terus terang sy jengkel dan kecewa krna uang muka yg kecil dan angsuran yg ringan knp ga di setujui pdhal gaji sy sangat cukup untuk membayr cicilan tersebut…samapi skrng sy ga tau alasan apa knp sy di tolak.dan samapi saat ini sy sdh mengajukan kpr lagi tp belum ada kabrnya…

  119. Saya pemilik perusahaan CV Putra galuh Mandiri Yang bergerak di bidang erbengkelan industri makanan ringan yang jelas tidak ngepet. lokasi saya di Kp Cibodasa Kertaraharja Cikembar Sukabumi Jl Pelabuan 2 Km 13. Saya punya tiga rumah yang layak huni dan bersertifikat SHM nama sendiri. Ingin saya ajuin KPR tapi kata orang prosesnya lambat Tuan tuan tolong bantu saya untuk mewujudkan itu saya ingin buat rumah bakal tinggal mertua yang telah beri anaknya sama saya untuk di ergunakan sebagaimana mestinya. terima kasih kalo anda bantu jelas kokom nya ada.

  120. Saya pemilik erusahaan CV Putra Galuh Mandiri. yang bergerak di bidang perbengkelan industri makanan ringan dan jelas tidak ngepet. lokasi Jl Pelabuan 2 Km 13 Cibodas Kertaraharja Cikembar Sukabumi Jabar. Saya Punya tiga rumah layak huni bersertifikat SHM atas nama sendiri
    Saya ingin mengajukan KPR tapi katanya pengurusanya rumit susah dan lama. Tolong dong orang Bank Bisa bantu saya ga yang siap bantu kokom mah aya. saya ingin buat rumah mertua yang telah beri saya anakna untuk dapat di pergunakan sebagaimana mestinya Makasih

  121. kpr sebaik benar di tujukan untuk masyarakat ekonomi lemah, jangan ada bunga tapi dalam bentuk lain contoh biaya admistrasinya dan pengurusan surat ditambahkan ke harga rumah

    kalau di daerah bukit tinggi – dimanakah kita bisa mendapatkan rumah yang dibangun untuk masyarakat penghasilan rendah jwbnya di tunggu

  122. pemerintah harus mengutamakan masyarakat menengah kebawah & yang belum punya rumah sendiri jangan hanya untuk invest orang yang udah punya banyak rumah

  123. Mf sebelumnya untuk pemerintah,subsidi kpr 2012 kapan di cairkan saya sudah di acc ahir th 2011 oleh btn syariah tapi subsidi sudah tidak ada , katanya awal 2012 akan ada tapi kapan?

  124. sy seorang karyawan kontrak di LSM asing dengan pendapatan yang lumayan, tetapi keinginan sy untuk mengambil KPR terbentur dengan aturan “harus karyawan tetap”. Bagaimana sarannya agar keinginan sy tersebut dapat terwujud.
    Sebagai catatan: walaupun status karyawan kontrak, tp sy pekerja profesional yang biasanya kita selalu dapat kontrak baru dgn Organisasi lain disaat kontrak yg kita jalankan akan segera berakhir. Artinya tidak ada kekhawatiran mengenai resiko KPR macet….
    Atas sarannya sy ucapkan terimakasih…?

  125. saya pnya rumah luas 80m2 buka di perumahan sdh sertifikat nama sendiri tapi IMB masih nama pemilik pertama. apakah unk renovasi melalui kpr bisa ?

    1. Setahu saya sih harus balik nama dulu baru bisa karena berisiko bagi yang namanya masih di sertifikat.

  126. saya tinggal di daerah perbatasan antara surabaya dan sidoarjo, idealnya harus berpenghasilan berapa agar pengajuan kpr dapat diterima?

  127. KPR terkadang menjadi beban bila tidak diperhitungkan secara baik sejak awal, agar tidak terbebani bunga bank, lebih baik menggunakan cara secara syariah, karena sesuai akad di awal. So…. perhitungkan secara baik sejak awal jangan menjadikan beban dikemudian hari.

  128. Saya kurang tahu persis, tapi bisa kok. Cuma biasanya kalau KPR kan jangka panjang, misalnya 10 tahun. Kalau dalam waktu 2 tahun dilunasi, tergantung kebijakan bank, bisa ada biaya penalti.

  129. Pak, saya mau membeli rumah orang tua saya yg mau di jual dengan cara KPR rumah second, tetapi ktp saya beralamat sama dengan rumah yg mau di jual itu, apakah bisa bank menyetujui ???

  130. saya mau tanya apa benar kalo ngajuin KPR harus ada NPWP dan SIUP perusahaan? karena saya sudah pernah ngajuin tapi ditolak krn perusahaan tempat saya bekerja keberatan / engk mau kasih fotocopynya, jadi data2 yang sudah saya masukkan jadi hangus bersama boking fee nya. mungkin engk itu hanya akal-akalan dari bagian pemasarannya yang nakal, untuk ambil keuntungan dari booking fee saya? karena kalau perhitungan gaji, saya rasa cukup. terima kasih.

  131. Mau tanya kalau saya mengajukan kpr tapi record bank saya jelek tapi semuanya udah lunas sih apakah saya ada kemungkinan untuk diacc oleh bank yg bersangkutan.makasih

  132. Saya seorang karyawan perusahan Asing dan saya di tugaskan di Luar negeri setiap bulan,Schedule/jadwal saya kerja adalah = 1 bulan kerja dan1 bulan libur dan pulang ke indonesia,
    saya pernah mengajukan KPR di negara saya sendiri tapi tidak di setujui,tanpa alasan yang jelas,bisa kasih solusinya buat saya supaya saya bisa memiliki KPR dan mempunyai Rumah yang sederhana untuk keluarga saya di indonesia

    Treimakasih

    1. Ajukan lagi, kali ini tanyakan alasan jelasnya jika ditolak. Bilang sama bank-nya, ok gak apa-apa ditolak, tapi bisa minta alasannya agar bisa saya perbaiki untuk pengajuan berikutnya.

  133. saya pedagang tiap kali mkengajukan kredit KPR selalu gak di ACC
    apa mungkin pedagang gk boleh ambil rumah KPR ya..
    gak adil…

    1. Hahahaha. Boleh kok, Mas. Orang tua saya juga bukan karyawan kok. Coba ditanyakan ke bank apa alasan jelasnya biar pengajuan berikutnya bisa dilengkapi.

  134. sy PNS, pernah ajukan KPR ke BTN, ko bisa ditolak ya, alasan KTP lama, krna yg baru sedang proses,
    kalo lewat BAPETARUM bagamana caranya ya, tlng dibantu ya

  135. saya rindu punya rumah sendiri, saya ibu rumah tangga tapi saya mau beli rumah atas nama saya, tapi dengan slip gaji suami saya , karna saya tenaga lepas jadi tidak punya slip gaji. saya udah pernah mencoba mengajukan KPR tapi ditolak karena umur suami saya mendekati pensiun pada hal di tempat suami saya bekerja umur 65 tahun aja belum di perbolehkan pensiun. mohon solisi yang terbaik buat saya supaya saya bisa punya rumah

  136. Dimana2 klo sdh berhubungan dengan Bank, jangan harap orang yg statusnya GAK MAMPU … permohonannya di SETUJUI.
    karena Bank hanya MEMBANTU orang yang sudah MAMPU.
    Klo gak percaya … silahkan aja ajukan pinjaman, kpr dsb ke Bank, klo tidak anda temukan jarak yg sangat jelas antara yg MAMPU dan GAK MAMPU.
    di Indonesia sekarang … sudah terang2an melakukan Penjajahan kepada Rakyatnya sendiri.
    Apa yg bisa kita (RAKYAT KECIL) Perbuat ?
    Mau KPR … ? Baru mau buka Usaha … ? dijamin Bank TIDAK BAKALAN menyetujui Permohonannya.
    Jujur saya sdh hopeless terhadap Bank dan Pemerintah di Negeri ini.

  137. Pak, bgmna perkembangan terakhir soal KPR ini? apa sdh ada kebijakan baru dr pemerintah utk subsidi KPR bagi PNS berpenghasilan rendah?

  138. dear pak alex…
    saya karyawati swasta bergerak dibidang industri perkebunan ingin bertanya apa bisa pengajuan kpr di padang sidempuan tapi saya bekerja diluar kota sidempuan tampa agunan dan dimana saya bisa mendapatnya informasi yang lebih detail.

  139. Mengapa FLPP hanya untuk tipe 36?Sedangkan tipe dibawah 36 saat ini blm dpt subsidi…Padahal kami ingin KPR untuk tipe 27 bunganya 9.75% slama 2 tahun,selanjutnya ikuti suku bunga berlaku..Tapi untk tipe 36 bunganya malah 7% flat sampe lunas…Bukankah ini aneh?Menurut pak alex aneh ga?

    1. Memang agak aneh. Untuk rumah yang lebih kecil, yang seharusnya harganya pun relatif lebih rendah, seharusnya ada bantuan juga. Kita tunggu saja. Mungkin segera ada revisi.

  140. Selamat pagi….sejak phk th 2000…saya ..cuma usaha warung makan..sederhana aja..d.pejaten barat .tidak ada izin usaha,dan tinggal juga d tempat tsb , pendapatan per hr..rata2 750.000,.dan tidak punya jaminan apa2….apa ..ada kemungkinannya..saya ..bisa mengajukan..kpr…?

    Terima kasih

    mamisella

    1. Kalau tidak ada laporan keuangannya sulit. Usaha yang diperhitungkan adalah usaha yang terdaftar. Tapi mencoba tak ada salahnya, kan?

    2. mudah mudahan disetujui mbak. asal bisa ngeyakinin orang bank bahwa mbak bisa bayar tuh biaya bulanannya

  141. apakah pekerja outsourching bisa ambil KPR ? saya sudah bekerja di suatu perusahaan swasta dari thn 2002 tetapi status saya masih outsourching karena saya bekerja pindah-pindah site skrng ini saya bekerja utk PHE ONWJ.

    mohon pejelasannya dong…???

    wassalam,

    Arief Jaya M

  142. map ,,saya mau nanya tpt lain di pembicaraan ini..
    begini pa saya mau take over rmah dari btn ke mandiri …kira kira apa saja yg harus saya lakukan

    thanks,

  143. yaaa lagi membayangin punya kpr…………….. ih PNS gol rendah…………………….mana mungkin gaji pas untuk makan…………………..

  144. Siang Pak, 4 Tahun yang lalu saya beli rumah over kredit dmn pd saat saya beli baru jalan 2 tahun, berarti sekarang dah jalan 6 tahun sedangkan sisa masa kredit 9 tahun lagi. Nah yang ingin saya tanyakan suatu saat saya ada dana dan saya bayar lunas kira kira giman hitung hitungannya ??? selama 4 tahun ini cicilan pebulan 650.000 -800.000. tergantung bunya Bank Niaga. Terima kasih bantuannya.

  145. Saran saya asumsi untuk kalangan menengah ke bawah ( harga rumah dibawah 200 jt bila perlu dibawah 150 jt )
    1. Kalau pembayaran rumah perbulan 1 juta, pendapatan kita harus 4 x cicilan / bulan artinya, pendapatan anda harus 4 juta
    2. Untuk DP biasanya disiapkan uang antara 40 jt sampai 50 jt (( harga rumah dibawah 200 jt bila perlu dibawah 150 jt )

    syukur2 pemerintah bikin rumah murah dekat dengan jakarta ( jarak tempuh 1 s/d 2 jam )
    dan jgn sampai diambil para spekulan alias orang2 berduit yg hanya ingin berinvestasi

  146. Saya dan suami ada rencana untuk merenovasi rumah yang sekarang kami tempati, tapi permasalahannya dana yang ada kurang untuk merenovasi , apakah saya bisa mengajukan KPR untuk merenovasi rumah. Surat rumah yg kami tempati belum bersertifikat baru akte jual beli saja ,tapi rumah ini memang punya saya pribadi, kira2 bank tidak ya menerima pengajuan pinjaman kami

  147. Pak…numpang tanya. Saya karyawan swasta (karyawan tetap). Berniat ambil kredit untuk renovasi rumah. Jaminannya adalah rumah yang hendak direnovasi. Hanya rumah tersebut masih atas nama ibu saya dan terletak di dalam gang yang tidak bisa dilalui mobil. kira-kira bank mana yang bisa mengapprove dengan persyaratan ini ya?

  148. Saya tinggal di Kalimantan Timur,Balikpapan Kaltim,
    Selama kurang lebih 15,17,tahun. pinggin rasanya punya rumah KPR Tetapi dengan ketentuan &syarat KPR yg sangat tinggi dak mungkin rasanya bisa punya rumah di Balikpapan.dengan gaji yang pas pasan…..
    saya sebagai Karyawan swasta.mungkin hanya bisa mimpi x
    punya rumah….

  149. Salam Pak,,,Saya adalah karyawan Swasta yang ingin sekali punya rumah demi untuk membahagiakan Istri dan anak saya untuk bisa menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah & Warohmah akan tetapi saya tidak punya uang untuk bayar DP rumah KPR tersebut, saya hanya punya Saldo Jamsostek yang saat ini kurang lebih jumlahnya Rp 6.000.000,-. Nah yang ingin saya tanyakan apakah bisa saldo Jamsostek saya ini untuk DP rumah KPR tersebut terus mohon solusinya kira-kira saya harus kemana untuk bisa punya rumah KPR dengan DP pakai saldo Jamsostek saya ini,,,,mohon tanggapannya Pak,,,Terima kasih.

  150. bagai mana cara nya saya akan mengajukan KPR
    tapi nama saya sudah di pinjam kaka untuk KPR multi dan sudah selama 7 tahun kemudian nama saya sudah di black list karena kaka tidak lancar pembayaran nya
    saya sendiri belum memiliki rumah
    sekarang saya ingin memiliki rumah sendiri bagai mana seharus nya
    mohon saran dan petunjuk bagai mana saya bisa mengajukan KPR dan saya bisa memiliki rumah untuk keluarga saya

    1. Wah, sayang sekali, Mas. Tapi masih boleh mengajukan kok, walaupun mungkin persetujuannya akan agak sulit. Jelaskan saja kondisinya ke bank. Barangkali saja mereka mau mengerti.

  151. saya mohon bantuan bagai mana saya karena saya sudah memimpikan walau hanya RSS tipe 21 saya asal saya dapat memiliki dan dapat memberi perlindungan buat anak dan istri saya.sekali lagi saya mohon bantuan bapak. ibu . saya tunggu sebelum nya saya ucapkan terimakasih

  152. SAYA PNS KAB. BENGKAYANG KALBAR GOLONGAN III B MAU MENGAJUKAN PERMOHONAN KPR, DIMANA SAYA BISA MEMASUKAN BERKAS PERMOHONAN

  153. Assalamualaikum. Boleh dong ane nyenggol. Salam hangat bua teman teman ane dimana saja berada, ane pesan jangan kebanyakan ngutang,,….. Repot coy. ni’mati aja yang ada,,…,,, iringi dengan hati yang tulus

  154. Apalagi seorang gadis yang cantik jelita,,,,,, Abang pesen Jangan suka keluyuran di malam hari nanti takut ga lunas KPR nya. Senggol senggol lagi buat kang odu ame teh Ebreg jangan nunggak mulu tuch bulanan nya

  155. omong kosong aja , bank tak peduli aturan pemerintah, yg penting aturan dia aja…nasib-nasiban aja masyarakat susah bs dpt kpr

  156. Buat semua teman.. Kalian pengin tau kenapa susah dpt KPR..
    Soalnya Banknya takut kalo2 rumahnya kalian bawa kabur.. xi..xi..
    Soalnya kita orang kecil dianggap kayak keong yg suka bawa rumah kemana2..

  157. Ada yg bisa bantu?
    Saya tinggal di wilayah BSD, saya memiliki tanah ±300 m2, dengan bukti kepemilikan AJB. Saya mau bangun rumah diatas tanah tersebut. Rencana Anggaran Biaya ± Rp.150 jt. Pertanyaan saya :
    1. Bank mana yg memiliki fasilitas untuk hal tersebut dengan jaminan AJB?
    2. Kira2 angsuran untuk 10 Thn dan 15 thn brp?
    3. Contact person yg bisa dihub.
    Tqu.

  158. Saya pegawai swasta single parent bisa tidak ambil KPR ? Tapi saya maunya rumah yang sudah jadi . Bila ada orang yang mau jual rumah seharga Rp.300.000.000 lalu Bank yang ambil terus kita kpr sama Bank … bisa ga ?

  159. saya pengin sekali kredit rumah,..tapi meskipun saya sudah lengkapi semua persyaratan kebanyakan Bank mem pending aplikasi saya : rencana ambil type 45 dg harga 325 jt…

  160. Mas Alex ni Developer, Broker, atau blogger sih? Jawabannya normatif sekali. Andaikan ada problem solver untuk masalah perumahan ini….

  161. saya mau minta petunjuk masalah KPR.masalahnya begini pa’ saya punya sebidang tanah dan bersertifikat dan sudah punya bangunan sekitar 50% ,saya sudah ke bank BCA cabang berau Kal_tim menanyakan tentang KPR tp,kata orang bank BCA baru bisa kalau bangunan 80% saya mau petunjuk pa’ dan satu lagi sertifikat masih atas nama mertua.apakah bisa pake surat kuasa.trima kasih

  162. bagaimana jika seorang seniman ingin kpr? apakah bisa? wirswasta bukan pegawai jg bukan… monggo di respon…..

  163. Saya baru bekerja di tempat baru selama 1 thn, apakah saya bisa mengajukan KPR? Jika besar cicilannya lebih besar dari 33% gaji, apakah tidak setujui oleh bank pak? Dan jika digabungkan pendapatan saya dan istri dapat memenuhi syarat tersebut, tetapi istri saya bekerja sebagai agen asuransi, apakah KPR yang saya ajukan dapat disetujui?

    1. Berikan fotokopi rekening tabungan istri yang menunjukkan aliran dana pendapatan. Lebih baik lagi kalau istri juga bisa memberikan laporan pendapatan resmi dari perusahaan asuransi.

  164. Saya boleh mengajukan KPR tetapi untuk biaya renovasi rumah org tua saya, apakah boleh yah ? saya dan suami berkerja dan belum lama diangkat sebagai pegawai tetap di suatu perusahan asing, apakah bila seseorang mau mengajukan KPR harus minimal 2 th sebagai pegawai tetap ? mohon jawabannya dan terima kasih.

  165. Pak Alex,profesi saya pelaut dan kerja di kapal asing dan tidak bisa medapatkan Surat keterangan kerja dr perusahaan tempat sy bekerja,hanya slip gaji yg bs sy dapatkan, bisa kah saya mengajukan kpr? Gaji saya mendekati 45jt per bulan.thanks.

  166. Itu blm DP nya Lho, Teman2 gw banyak yang begitu terutama KPR di daeah bekasi, mana kualitas nya jelex lagi.. dasar Lintah Darat Semua nya.. Makan tu Duit Haram untuk anak istri Lho..

  167. ‎​​ nama saya sutiawan,saya ingin sekali memiliki rumah,dengan kredit rumah btn/kpr dalam wkt dekat ini,bgmn ya caranya ??trima kasih mohon infonya :السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

  168. Mas, kalau saya mau ajukan KPR apakah bisa penggabungan menggunakan gaji saya + suami? Terus kalau DP nya pakai jamsostek pakai nama saya (karena di kantor suami tdk ada jamsostek) tapi pengajuan KPR nya atas nama suami saya bisa gak ya?soalnya saya outsourcing tp tidak pernah dipindah2 perusahaan (outsourcing dari jakarta dan saya ditempatkan di bandung) dan gaji saya pun lebih besar dari suami.Lebih baik gimana ya mas?

  169. saya sdh pegawai tetap, saya ingin sekali KPR rumah di jogja tp dengan uang muka sekitar 2jt angsuran flat tiap bln sekitar 800rb/bln dengan masa angsuran 10-15th ada gak ya??
    trimakasih…

  170. pak alex saya ,mau tanya, saya sama sekali tidak berpengalaman masalah membeli rumah, apakah saat saya mengajukan KPR di bank mereka bisa memberi petunjuk saya membeli rumah atau saya sendiri yang menetukan?

    kemudian saya dan suami penghasilannya setelah digabung hanya 3,5juta apakah saya bisa mengajukan KPR?

    trimakasih :)

  171. Bagaimana caranya agara nama saya bersih kembali di Bank Indonesia.
    Tahun lalu saya membeli rumah dgn pasilitas kredit KPR BTN, namun KPR saya di tolak BTN karena nama saya di black list BI. Memang saya pernah meminjam uang di salahsatu bank pemerintah dan dalam mengangsur sering terlambat namun saya telah melunasinya. Sekian dan terima kasih .

  172. KPR = Kalau Punya Rupiah yang banyak baru bisa transaksi ……. Gitu loh ….!!!!!!!!!!

  173. Bagaimana caranya agara nama saya bersih kembali di Bank Indonesia.
    Tahun lalu saya membeli rumah dgn pasilitas kredit KPR BTN, namun KPR saya di tolak BTN karena nama saya di black list BI. Memang saya pernah meminjam uang di salahsatu bank pemerintah dan dalam mengangsur sering terlambat namun saya telah melunasinya. Sekian dan terima kasih .

    Balasannya mana ya kok belum ada.

  174. kyknya KPR agak sulit bagi saya yang wiraswasta tanpa ada legalitas perusahaan spt yg ditulis diartikel (NPWP, TDP, SIUP, dsb)..atau kah ada solusi lain bagi org yg kerjanya spt sy untuk mengajukan KPR??

  175. ada sedikit pertanyaan yang ingin saya tanyakan mas, kenapa kami para pengemudi taksi yang ingin sekali memiliki rumah sendiri selalu di abaikan apakah kami tidak layak untuk mendapakan fasilitas kpr sementara kpr tersebut adalah kpr bersubsidi, apa subsidi yang diberikan oleh pemerintah hanya untuk kalangan menengah keatas itu bukan subsidi namanya tapi korupsi kali

  176. mas kpr bersubsidi itu apa dan diperuntukan untuk siapa? dan kenapa saya yg hanya seorang pengemudi taksi tidak bisa mengajukan kpr btn iersebut

  177. Saya seorang istri yang setiap bulan mendapatkan uang dari suami yang bisa dibilang uang sisa perbln masih lebih dari cukup setelah uang saya pakai untuk keperluan belanja dll, dan saya tidak mempunyai tanggungan hutang dari kartu kredit atau yang lainnya tetapi masalhnya saya tidak bekerja dan hanya mempunyai 1 mobil sbg harta yg bergerak. Apakah saya bisa dengan mudah mengajukan KPR? Salam dan terima kasih.

  178. Saya Kerja Salah satu Developer Rumah ditangerang..Saya Juga Staff KPR dan Collection Dept…Hampir Tiap Hari Mhadapi Konsumen Yg Mengurus KPR Ke Beberapa Bank..Thn 2011, Salah Satu Bank Pemerintah Sedikit Simple Dan Mudah Pngurusannya..Meski BI Checking Collect 5 asal ada surat pelunasan keterangan dari instasi dari yg bersangkut pautnya dgn kita yg bermasalah. Trims( Hp.081218461246).Harry

  179. Wah ngomongin KPR itu ia banget ……………..krn aq ini merantau sdh lbh 10 tahun blm punya ” yg namanya rumah .moga mimpiku terkabul kan ………….amin! tapi dgn gaji yg kurang dr 2.5 juta apa bisa?

  180. pleasedech ya mas broe n sis,nich KPR kalo gampang buat yg ekonomi menengah,GUE pejabat lokalnya kagak dpt komisi donk,makane ane sebagai pejabat ane putusin agak dipersulitlah pokoknya,kita cari yg folusnye banyak,biar komisi ane juga lebih banyak.jadi yg buat budget tipis tg aje ntar ane bikinin program tipe 21 pinggiran(pinggir kali)

  181. Saya mau tanya kalau seandainya ditengah jalan KPR saya over kredit. karna saya menginginkan lokasi lain kira2 masih bisa apa tidak saya mengajukan KPR lagi. sedangkan masa KPR saya 6 th lagi. trims

  182. Salam bang alex!

    Sy seorng ibu tungal yg kerja sebagai TKW di negara asing.sy tringin mempunyai sebuah rumah untk dijadikan

    tmpat berteduh setiap sy cuti kekampung halaman dicilacap/kroya.mohon bntuan bang alex blh tlng carikan rumah dngan harga 50jt secara kredit.thx.

  183. SELAMAT SIANG
    SAYA DARI DULU INGIN BNGEET BISA BELI RUMAH UNTUK IBU SAYA,KARNA DARI DULU KAMI CUMA NGONTRAK ,BOSEN,JDI PENGEN PUNYA RUMAH SENDIRI.
    SAYA CUMA SEORANG KARYAWAN KONTRAK DI SUATU PERUSAHAAN DGN BESAR GAJI RP1500000,-
    DAN SAYA JUGA BELUM MENIKAH,BISA GAG ORANG SEPERTI SAYA BISA MEMBELI RMAH KPR?
    TOLONG DI BANTU YEA PAK,DAN KIRIM JAWABAN KE EMAIL SAYA,RHATY_12@YAHOO.CO.ID

  184. saya ada sisa tanah di rumah ortu yang mau saya bangun utk rmh sy sendiri. utk kpr apakah bisa n syarat2nya seperti apa?

  185. sy seorang PNS sejak tahun 1997 Kementerian Pertanian sampai sekarang saya tidak mempunyai rumah untuk pasilitas perumahan saya sangat mengharapkan sekali bisa dapat pasilitas KPR tersebut tapi sudah banyak dimiliki oleh pejabat2 untuk anak2nya bagaimana supaya saya bisa mendapatkan KPR dengan gaji 3500 tersebut.

  186. sulit memang….bahkan pihak bankpun minta biaya macam-macam selain biaya pada umumnya..bahkan minta presentase…gimana dong….

  187. Pak alex.. saya mau tanya kalo kita ada masalah di BI cheking nama kita masuk daftar blacklist masih ada kemungkinan di apprv ga permohonan kpr nya.? trus bapak ada saran bagaimana untuk menghapus nama kita dari daftar blacklist BI.terima kasih

  188. KPR oh KPR…………..!!!!!
    Syarat-syarat sudah lengkap, eh ada syarat yang lain lagi. KPR cuma membiayai 80% dari harga rumah yang mau dibeli, trus 20% nya cari kmana??????
    Kita kan mau pake KPR karena memang tak punya uang tunainya.
    Terpaksa ditunda lagi deh beli rumahnya, ngumpulin uang dulu buat yang 20%nya, hiiiiikz….!!!

  189. saya ingin menanyakan,apakah benar jika rumah yg mau kita beli dgn KPR , KPR nya tidak akan disetujui oleh bank (walau syarat2 yg lain telah terpenuhi) jika rumah tsb ada di dalam gang atau jalan di depan rumah kurang dr 3 meter?
    Terimaksih….

  190. saya bekerja di perusahaan swasta, umur saya April lalu, 47 tahun, apakah ada bank yg masih bisa memberikan masa KPR 10 tahun. mohon infonya. Thx

  191. Apa Gak ada subsidi silang yah? malahan klo seperti saya karyawan kontrak, klo pengen ngajuin kpr bisar cepet di acc di bank malah harus dengan bunga yang gila!!!!! seharusnya pemerintah berpikir bijak!!!! orang kaya, sarat mudah, bunga kecil pdhl cicilan dimana2….

    yang kaya semakin kaya…yang miskin semain miskin!!!!!

  192. dear all,

    saya ngelami tekanan oleh developer karena sudah di minta untuk kpr sedangkan rumah belum rampung dengan seolah mengacam untuk dibatalkan. yang herannya saya pihak bank seolah tidak peduli dengan keadaan rumah yg tidak ada pintu, jendela, kamar mandi, saluran pembuangan air, sumur bor, listrik, drainase dan jalannya. masa saya harus kpr dengan rumah cuma ada dinding dan atap saja??

    apa ketentuan rumah yg sudah bisa di kpr kan all??? kemana saya harus mengadu???

    thanks b4

  193. Apakah seorang istri bisa mengajukan KPR? karena suami nya punya tunggakan kredit macet (kartu kredit). mohon infonya.

  194. Saya berniat membeli rumah seken dengan KPR…masalahnya belum sertifikat/hanya ada AJB. Adakah bank yang bisa ? Apakah bisa bila dengan cover notes dari notaris bank ? Terima kasih

  195. Untuk Karyawan dan pegawai rendahan susah dapat KPR apalagi bila sudah berurusan sama yang namanya BANK banyak birokrasinya yang nyusain bagi yang berpenghasilan rendah, tapi akan dikabulkan sama bang-bang yang lain

  196. dear all

    saya berserta suami berniat membeli rumah dengan cara KPR, tapi saya ragu akan di approve oleh bank karena kondisinya suami saya seorang anggota POLRI dan kami masih mempunyai hutang di bank serta memiliki kredit motor (tapi alhamdulilah tidak pernah nunggak bayarnya).kami juga memiliki penghasilan tambahan yaitu sebuah kontrakan dan 3 buah kamar kost , sedangkan saya istri berkerja di perusahaan swasta, pertanyaan saya bisakah denga kondisi tersebut saya mengajukan KPR ??

  197. Saya mau nanya, kebetulan saya pihak penjual dan pihak pembeli siap untuk mengajukan KPR atas Rumah saya, yang saya tanyakan persyaratan apa saja yang harus saya persiapkan untuk ke bank -nya ? Terimakasih.

  198. kenapa bank susah nge acc kpr untk pgawai/pekerja menengah kebawah. karna banj tidak mau ambil rugi. bank juga bukan dari hasil uang pemilik bank, tapi dari nasabahnya sendri yg mreka klola. maknya disebut bank gk mau ambil rugi, karna jika bank trsbut mmberi untk pgawai yg kurang dri biaya pndpatannya kurang dan pgawai trsbut blm psti dngan penghasilannya maka bank punya rasa takut bila pembayarannya bermasalah. krna bank yidak mau rugi mengeluarkan uang akhirnya hrus jadi masalah yg tdk diinginkan. toh bank juga punya karyawan yg hrus dibayar setiap bulannya.

  199. PENGAJUAN KPR MEMANG GAK MUDAH, KADANG DI CEK CF KITA APA TERLIBAT DENGAN HUTANG ATAU TIDAK, DITAMBAH LAGI DP (DUIT PAKSA UPSS….) 30% GMANA GOLONGAN KECIL BSA DAPAT RUMAH YA, YA SUDAHLAH……

  200. Selamat sore pak Alex,saya mau menanyakan mengenai rumah bersubsidi, apa yg dimaksud dengan rumah bersubsidi karena sampai sekarang saya masih kebingungan dengan hal itu,dan satu lagi ada gak ya KPR yang menawarkan DP nya di cicil karena terus terang untuk membayar DP nya saya tidak punya, dan saya hanya sebagai karyawan kontrak di sebuah perusahaan BUMN, mohon utk jawabannya dikirim ke Email saya.terima kasih untuk Infonya

  201. Saya seorang honorer di sebuah lemabag pendidikan terkemuka di bandung..sudah 3 tahun saya menjadi tenaga honorer..saya ingin sekali memiliki rumah.adakah caranya atau adakah bank yang bisa memenuhi keinginan saya?karena saya sudah berkeluarga dan ingin mempunyai rumah sendiri..dan bagaimana dengan program pemerintah drngan FLPP nya?

  202. Bagi seorang karyawan yg memiliki penghasilan tetap, kemungkinan besar pengajuannya bisa di acc. tapi bagi saya dan tentunya teman2 yg berwirausaha sendiri dengan hasil yg tidak pasti dan bahkan penghasilan bisa melebihi gaji karyawan dlm 1 bulan sangat rumit untuk mendapatkan persetujuan.

  203. ass..iya nih KPR sekarang bertambah rumit ditambah lg suku bunganya yang tidak pasti tiap tahunnya..saya jadi bingung mau ambil KPR,knp kok malah dipersulit.katanya harus setor 20 – 30% untuk uang muka.solusinya gimana ya?mau dong..makasih

  204. Dear Mas Alex,

    Mohon informasinya dari beberapa pertanyaan saya :
    1. saat ini saya masih punya kewajiban angsuran Kredit Tanpa Agunan di MANDIRI , selesai november 2012 nanti [ 18 kali cicil ] ,pembayaran menggunakan autodebet rekening saya. Selama pembayaran, katakanlah jatuh tempo tgl 21 karena tidak ada saldo, baru terpotong diawal bulan bersamaan gaji saya turun..selalu seperti itu hingga kini..dari penjelasan tersebut apakah saya terhitung mempunyai tunggakan, walaupun pada akhirnya kedebet disetiap awal bulan ?
    2. apakah dengan case diatas, saya dikategorikan masuk blacklist BI ?
    3. apabila ya, berapa lamakan bisa clear yg sebenarnya kondisi saya tersendat karena usaha yang saya dirikan kurang maju

    Salam,
    Deni

  205. Bagaimana jika persyaratan surat sertifikat IMB SHM PPB masi proses? tapi bagunan ada 70% jadi? sementara kredit yg diajukan hanya 30% dari harga bagunannya.

  206. saya ingin bertanya yaitu saat ini kan saya sedang dalam proses KPR, sudah wawancara dan tinggal menunggu keputusan dari pihak banknya apa disetujui ato tidaknya, nah yg saya tanyakan apakah klo sudah disetujui berarti saya akan lanjut ke proses akad dan saya harus menyiapkan biaya kpr sebesar kurang lebih 6%, nah apakah benar saya harus membayar sebesar 6% dari jumlah plafon yg saya ambil sebesar 500jt dalam jangka waktu 20thn, krn saya bertanya ke pihak bank lain katanya hanya di kenakan biaya apprisial dan besarnya nggak sebesar 6% itu. mohon infonya donk klo sudah pernah ada yg melakukan proses seperti saya ini.thanks

  207. Saya mau coba KPR tapi banyak banget yg harus di persiapkan..

    sedangkan klo sy tanya di Bank, gaji minimum 2.5JT untuk ikut KPR bersubsidi..

    klo Gaji sy + Istri di gabung bisa sih sampe 3 JT, tapi itu gaji Gross kira2 bisa dapet gk ya untuk KPRnya..??

    Thx, Yosua..

    1. mas yosua bisa mencoba KPR FLPP dari kemenpera.. syaratnya penghasilan pokok MAKSIMAL 3,5 juta.. tenor cicilannya pun dinaikkan jadi 20 tahun, sehingga cicilan dan DP lebih rendah.. atau BNI juga punya KPR griya idaman kerja sama dengan REI dengan tenor bahkan sampai 25 tahun.. mudah2an menjawab :)

    1. pak herman, sebaiknya bapak menilai sendiri, apakah bapak layak mendapat KPR, karena selain BI, hanya bapak yg tau apakah bapak punya sangkutan utang ke bank atau tidak.. jika bapak yakin tak ada sangkutan utang, tak ada salahnya bapak mencoba mengajukan KPR.. mudah2an menjawab :)

  208. Intinya: Mulai usia kerja, mikir masa depan, menyisihkan uang menabung untuk DP rumah (jangan mikir dadakan gitu dah). Semua orang asal punya uang dan pekerjaan pasti bisa kredit rumah. Terima kasih

  209. Sy seorang karyawan BUMN belum mempunyai rumah tp sy sudah punya tanah ukuran 5 x 22 M untuk dibangun rumah penghasilan sy +/- Rp.3 juta/bulan gimana caranya sy bisa membangun rumah tersebut ya mohon sarannya terimakasih

    1. jika anda punya sertifikat tanah tersebut, anda bisa coba ajukan kredit ke bank dengan mengagunkan tanah tersebut.. biasanya kredit sekitar 70% dari harga tanah..

  210. sya seorang guru,tapi guru honor. Sya pernah ngajukan kpr keBank tapi ditolak
    Karna slip gaji sya tidak ada gaji pokonya dan sya bukan guru tetap.
    padahal penghasilan sya tidak hanya guru,
    Yang sya mau tanyakan bagaimana orang seperti sya bisa mengajukan KPR ya….
    Dan klo ada bagaimana caranya….?

    1. mas bambang, memang aga sulit, karena bank punya prinsip mencari untung. tetapi ada beberapa bank yang membolehkan pencicilan KPR untuk mereka yang tidak punya penghasilan tetap. setahu saya BNI dan BTN punya produk seperti itu. BNI bahkan telah bekerjasama dengan REI untuk mengucurkan KPR Griya Idaman yang bisa dicicil hingga 25 tahun–direncanakan akan jadi 30 tahun. semoga bermanfaat

  211. gimana sehh cara pengajuan utk KPR? sedari dulu saya ingin sekali dengan program ini, tp krn saya awam jd tdk mengerti secara detail proses maupun mekanisme nya….??

    1. mas ahmad, jika anda membeli rumah dari developer, anda tak perlu khawatir, karena biasanya developer telah bekerjasama dengan bank untuk menyediaan KPR. semua proses KPR biasanya akan dibantu oleh developer. perlu dicurigai, developer yang tidak bekerjasama dengan bank..

  212. saya mw mencoba mengajukan KPR tp gaji saya msh UMR jakarta,belum sampai 2 jt,dan suami saya bekerja dikurir gajinya sama UMR jakarta juga.bagaimana bisa ga ya untuk pengajuan.

    1. Bu Fitria, dalam membiayai KPR, bank akan melihat gaji Anda dan suami serta penghasilan sampingan Anda berdua.. saat ini BNI bekerjasama dengan REI mengucurkan KPR Griya idaman dengan cicilan hingga 25 tahun–dan ini akan diikuti beberapa bank lain. makin lama jangka waktu pembayaran, mestinya makin sedikit jumlah cicilan yang mesti Anda bayar per bulan. semoga membantu.
      tq
      anto

  213. kalo belum menikah sudah mengajukan kpr bisa ga? niatnya mau di cicil jadi kalo sudah menikan sudah punya rumah..

  214. Saya kepengen sekali punya rumah,,pengen sekali ambil KPR gaji saya sama suami saya sudah di atas UMR Jakarta,,tapi kami mentok dengan permasalahan DP..kami sekarang sangat menyayangkan uang kami tiap bulan abis buat kontrakan di jakrta yang tambah besar biayanya sekarang kami ngontrak 1,2juta tiap bulannya..kami punya penghasilan sampingan juga jualan pulsa dan ol shop,,yang lumayan labanya..cuma hanya permasalahan DP saja..mohon di bantu kami pengen sekali punya rumah

    terimakasih

    1. persoalan DP memang sering menjadi masalah buat calon pengguna KPR, apalagi jika Ibu ingin membeli rumah tipe 70 keatas, karena sesuai peraturan BI, DP harus 30%. namun untuk tipe dibawah itu, kisaran DP masih 10%-20%. terkadang bahkan ada pengembang yang memberi subsidi DP atau memberikan potongan DP. mungkin ibu dan suami mesti lebih rajin melihat perumahan mana yang sedang ada promo subsidi DP atau potongan DP.

      Atau Ibu bisa cari produk KPR dengan cicilan lebih panjang sampai 25 tahun, dengan demikian DP bisa lebih rendah. BNI sudah punya KPR Griya Idaman, dan BTN setahu saya juga sudah melakukan itu.

      mudah2an bisa membantu.. :)

    2. Kalo ibu peserta jamsostek bisa mengajukan pinjaman uang muka rumah ke jamsostek…. deploper nya juga sudah banyak yg sudah kerja sama,,.

  215. Mohon Bantuannya.

    Umur saya masih 25thn, & saya mau kredit Rumah Tipe 36, saya sudah bekerja selama 1thn, sudah karyawan. Penghasilan saya di atas 2jt.
    Saya ingin kredit rumah di daerah bekasi/Depok. Mohon informasinya, Terima kasih.

    1. Mas Fachry, memilih rumah seperti memilih jodoh :) jadi mas harus melihat dulu lokasi yang paling ideal. setelah menemukan lokasi dan harga yang sesuai, mas fachry bisa memilih besaran DP dan jangka waktu cicilan rumah tersebut. jangan lupa pilih pengembang yang baik. caranya, bisa dengan melihat track record pengembang tersebut di proyek2 sebelumnya.
      pengembang yang baik juga bekerjasama dengan bank sebagai penyalur KPR, karena bank biasanya telah melakukan investigasi kinerja pengembang tersebut.
      jika sudah dapat rumah dan pengembang yg cocok, silakan melakukan transaksi..

      semoga bermanfaat :)

  216. Mohon Bantuannya.

    Umur saya 25thn, saya sudah bekerja selama 1thn & sudah karyawan. Penghasilan saya 2jt ke atas. Saya Ingin mengajukan kredit rumah tipe 36, di daerah Bekasi/Depok.
    Mohon bimbingannya, Termia kasih.

  217. Optims aj Bapak..2 Adik..2.. pada prinsipnya gampang kok, karena developer nanti jg mbantu kelancaranya..OPTIMIS aja yakin semut binatang kecil aja di beri kesempatan dan bisa punya rumah untuk berlindung. apalagi kita manusia.OK yg lebih utama mulailah sesuatu dg yang HALAL…insya Allah Berkah. amiiin.

  218. promo dari bank commonwealth

    Selama bulan agustus 2012
    bunga kpr fix 1 tahun 6,99%
    bunga kpr fix 2 tahun 7,5%

    Promo take over
    Bunga kpr fix 1 tahun 7,5%
    Bunga kpr fix 2 tahun 8%
    Floating rate di 12

  219. Saya bekerja di suatu Perusahaan Jasa Keamanan, status kerja saya msh outsourching tetapi sdh berjalan selama 10 thn tanpa di putus kontrak…. pendapatan saya sekarang minimal 5,5 jt/bln tergantung dimana penempatan saya bekerja. apakah bisa orang yg bekerja spt status saya ini bisa mengambil KPR ??

  220. saya mau ambil kpr di jakarta/bekasi,,tp persyaratan nya pakai SK PNS kampung..udah golongan A4,,,apa kah bisa,,?kl bisa bank apa yah mau minjemin?makasih

  221. terima kasih info di website ini krn km bs mngetahui prosedur pengajuan KPR.Prmslhn km Adalah susah mndptkan bank pemberi kredit bwt modal.USaha .jd syarat utk mndpt KPR kbtln km trgolong Wiraswasta utk smntara blm dpt pekerjaan jd blm ada trasanksi .bgm kah solusinya.???

  222. Pak sy mau tanya,sy masih cicil kpr btn di ciseeng bogor,karena jangkauan kerja sy dn istri jauh 1 jam perjalanan,bisa ‎​ƍäª / di acc ‎​ƍäª??? Klw ambil kpr btn di daerah legok,klw di acc kpr di ciseeng sy mau over,biar ‎​ƍäª 2 cicilan.txs

  223. saya ingin pny rumah minimalis utk keluarga kecil saya.
    yg harga nya tidak terlalu mahal. dan DP bisa dicicil.
    sementara cicilan utk rmh per bln kemampuan saya hanya kurang lbh 1,5 juta.
    tolong dibantu utk mencari perumahan yg bs memakai ASABRI utk proses nya.
    can you replay or comment in may email attacahed.
    thanks.

  224. Saya sekarang di Bali tepatnya di negara Kabupaten Jembrana, dalam waktu dekat saya akan pindah kemataram karena saya asal Lombok, tapi di sana saya belum punya rumah kalau ngantor dari rumah rasanya kejauhan. Saya tinggal di Wilayah Lombok tengah tapi saya nantinya kerja di Kota Mataram. dimana lokasi bangunan perumahan yang mendapatkan fasilitas KPRnya bisakah saya diberitahu kemana saya akan menanyakan KPR untuk PNS?
    Terima kasih.

    1. terimakasih feedback-nya :)
      saat ini kami sedang menunggu data perumahan dari REI, segera setalah data tersebut kami dapat, kami akan posting di Rumah.com

  225. Dear Administator,

    jika sudah menikah tetapi masih memiliki KTP dan KK belum menikah, apakah bisa mengajukan proses KPR sebagai single/belum menikah ?

    Mohon bantuannya, Thanks.

  226. pak.. saya ingin menanyakan, apabila penghasilan saya hanya 1,5jt per bulan apakah bisa ya mengajukan kpr? saya liat syaratnya itu harus memiliki NPWP, jika dengan penghasilan 1,5 apakah bisa membuat NPWP? mohon pencerahannya thx

    1. Mestinya bisa ya :)
      syarat mmebuat NPWP:
      Sesuai UU. Perpajakan, bahwa Wajib Pajak (WP) orang pribadi yang seharusnya mempunyai NPWP adalah mereka yang mempunyai penghasilan diatas PTKP (Pendapatan Tidak kena pajak) dengan tarif sebagai berikut :
      1. Wajib pajak yang bersangkutan sebesar Rp.15.840.000/tahun
      2. WP yang kawin dan isteri tidak bekerja yaitu Rp.15.840.000 + Rp.1.320.000 = Rp.17.160.000/thn
      3. WP kawin + isteri bekerja (pendapan digabung) maka (2 x Rp.15.840.000) =Rp.31.680.000/thn
      4. Tamban untuk setiap anak, maksimal 3 org sebesar Rp.1.320.000,-/thn

  227. Siapa berani jadi pelopor kebijakan, KPR dengan uang muka antara 60% s.d 70% ?
    Tanpa perlu slip gagi, keterangan kerja, dll. Karena banyak orang yang tidak bekerja di sektor formal, dan memiliki dokomen pendukung pekerjaan, seperti contohnya blogger, dll. Untuk membeli rumah yang diminati memiliki dana yang hanya kurang sedikit saja, antara 22% s.d 30% dari harga.
    Terobosan baru untuk ide sistem penjualan rumah. Apa yang ditakutkan ? Jaminan tidak bergeraknya rumah itu sendiri.

  228. Saya adalah karyawan swasta, sudah menjadi pegawai tetap selama 4 tahun lebih.
    Penghasilan utama saya dari kantor tersebut saat ini sekitar 6-7 juta per bulan (karena tergantun insentif yang didapat dari berapa banyak proyek yang bisa diselesaikan dalam bulan tsb).

    Sebagai designer, saya juga memiliki usaha freelance. Saat ini saya juga ada terlibat dalam proyek rutin dari seorang klien di luar kantor, yang saya tekuni after work hour dan di weekend (kerja rutin dengan dia utk mengerjakan proyek desainnya). Proyek sampingan ini sudah berjalan setahun dan masih terus berlanjut (proyek jangka panjang).
    Di proyek sampingan ini saya bisa mendapatkan penghasilan 3-6 juta per bulan tergantung proyeknya.

    So, kalau dihitung, penghasilan saya setiap bulan 9-13 juta.

    Masalahnya, penghasilan sampingan rutin saya itu bukanlah berasal dari sebuah perusahaan, namun perorangan, yang memang memiliki 2 orang karyawan, dan saya sebagai part-timer di sana. Tidak ada kantor, hanya di rumahnya yang memiliki ruangan khusus untuk bekerja.

    apakah saya bisa mencantumkan data penghasilan tsb juga ke bank nantinya?

    Saya berencana mengambil cicilan KPR sekitar 4.5jt/bulan dalam jangka waktu 15 tahun.
    Apakah bisa tembus ya?

    Soalnya dari yang saya baca, butuh 3x lipat penghasilan dari yang di KPR. artinya minimal saya harus rutin mendapat 12-13 juta per bulan ya?

    1. semua income.. yg tetap maupun tidak tetap akan diperhitungkan bank..
      biasanya, cicilan KPR dihitung 30% dari total income.. dengan income 9 – 13 juta sih “amannya” KPR dgn cicilan Rp3jutaan :)

      trims

  229. hai pak! aku mau nanya nich,berapa bulan ya,setelah pemasukan berkas, ada pemanggilan dr pihak Bank?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *