Rumah Berhantu Diiklankan?

Ruangan dalam rumah oleh Roger Kirby/stock.xchng

“Dijual, rumah dengan luas bangunan 90 meter persegi (dua lantai),  luas tanah 72 meter persegi, tiga kamar tidur, dan dua kamar mandi, serta satu hantu gentayangan.”

Iklan seperti itu bisa muncul–tapi mungkin tidak di Indonesia–karena hukum di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, mewajibkan penjual rumah menyertakan keterangan kalau rumah memiliki “cacat emosi”. Keterangan itu dimasukkan dalam formulir yang juga mendaftarkan cacat fisik pada rumah.

Cacat emosi yang dimaksud termasuk keterangan apabila rumah pernah menjadi tempat pembunuhan, bunuh diri, dan aktivitas paranormal, termasuk penampakan-penampakan hantu.

Di California misalnya, penjual harus memberikan keterangan bahwa pernah ada kematian di rumahnya jika kejadian tersebut mengambil waktu tiga tahun sebelum rumah dijual. Akan tetapi, penjual rumah wajib memberikan informasi lengkap, termasuk kejadian yang lebih lama dari tiga tahun, ketika diminta oleh calon pembeli.

Sementara itu di Virginia, cacat emosi wajib diumumkan kalau hal tersebut memengaruhi kondisi fisik bangunan. “Seperti darah merembes dari tembok. Anda harus memberi tahu pembeli,” tulis Mental Floss.

Di beberapa aturan di negara bagian lain, para penjual rumah seolah boleh menyamarkan kondisi cacat mental dengan menggunakan kata-kata yang lebih halus. Penjual rumah yang cerdik sebisa mungkin tak mengucapkan (atau menuliskan) kata-kata “berhantu” atau “TKP”.

69 comments on “Rumah Berhantu Diiklankan?

  1. apa ada yang berminat ya dengan rumah ‘berhantu’ ? tapi oke juga ‘kejujuran’ memang penting dan harus, terutama dalam jual beli

  2. Klo murah saya mau????….ngapain takut sama hantu,..bila perlu hantunya yg bayari tuh rumah…hehehe…

  3. to yoxx : setuju gan… hahahahhaha… bisa bantuin cari duit tambahan….

    buset dah jual rumah beriklan jujur… mereka enak di california dan sekitarnya ga kenal pocong…
    begimane gw bisa jual rumah klo gw bilang rumah gw berpocong di areal kebun… *geleng2 kepala*

  4. Negeri Paman Sam, Memang menghormati aturan dari negara, Bagaimana dg negara kita ?, Aturan dan hukum dapat dibeli ………

  5. berhantu gapapa yang penting murah dan strategis, kiat kan manusia makhluk yang paling mulia dai antara ya lain. kira-kira itu lah

  6. Tergantung hantunnya seh…, kalo hantunyanya perempuan dan masih perawan gak apa apa dah…. :D

  7. koq sreemm sih,..!
    kalau kya gtu sma aja boong dong,kgak ada yg beli,
    coba kalau d’indonesia kya gtu,gembel juga kgak bkal ada yg mau beli tu rumah…haha
    ^ – ^

  8. ada kos2an di jual di area tembalang, semarang. jika berminat silahkan langsung liat kondisi fisik rumahnya. disana tidak dicantumkan cacat emosinya: tapi satau saya beberapa bulan kemarin ada anak kos nya yang bunuh diri, dengan cara gantung diri disana. jika berminat langsung search aja sendiri di semarang ya…

  9. keren, tapi kalau disini nggak usah ditulisin berhantu biasanya dah kliatan kalau emang fisiknya dah serem. hi…

  10. Asyik tuh…dimana ada rmh berhantu mo dijual…???? aq mau beli…asal murah lho..!!!! tar sang penghuni biar kerjasama dang kita buat cari duit lbh banyak…hahahaaa. Serius nih..!!

  11. @Gu2n….terus gimana menghubunginya tuh…!!??? Jangan2 ada hantunya malah harganya jauh lebih mahal…krn ada bonus nya…????

  12. gpp asal murah aja,,,,,kalo bisa hantunya dijadiin pertunjukan d rumah itu.
    hehe……lumayan dpt duit,,,,:D

  13. yg pada ga takut sama hantu..serius nih, mau beli rumah yg ada hantunya?? ini gua punya info dari temen, di daerah Percetakan Negara ada rumah yg udah lama dijual ga laku2. Katanya tu’ rumah bekas tempat pembunuhan mutilasi (inget ga? sekitar tahun 2000-an ada guru TK yg dimutilasi ama suaminya? nah di rumah itu tempatnya). Harganya murah katanya, dan depannya jalan ramai… cekidot kesana !

  14. kan itu juga bisa permainan pikiran, tadinya belum tentu berhantu, jadi nya kita semua percaya ada hantunya…, jadi sugesti…, ..

  15. pa gak salah,luas bangunan 90 m persegi sdngkan luas bngunanya 72 m persegi,yang 18 m persegi tanh dr mn bos.?

  16. kalo da di indonesia gw bayarin tuh…berharap hantunya cewe kaya Tamara Blezynski atw Ayu Azhari….hhh

  17. hantu ato apapun juga jenisnya..yg penting hrg cocok….coba klo d indonesia psti sy cri lokasinya…hehehe…..

  18. Kayaknya di Indonesia perlu jg bikin UU periklanan properti kayk gitu. Kan di Indonesia banyak “Para Pengusir Hantu”, jadi gak perlu takut buat beli rumah berhantu…

  19. gak pa2 tinggal aja dirumh thu, kr2 gak sanggup lg angkt tangan atau lambaikan tangan anda ke kamera……

  20. wong ada rumah berhantu aja koq ribut sih ……………. ya tinggal hantunya itu takut gak sama kita ……….. soalnya hantu kalo sama simbah biasanya pada takut ……..he he he he

  21. @Vaisal, sampeyan ngerti luas bangunan gak tho ? walau luas tanah 72 m2 bisa saja luas bangunan 100 m2….kalo bangunan tingkat 10 bisa lebih 100 m2 luas bangunannya….wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

  22. Yang harus harus diwaspadai yaitu HANTU yang nilep uang rakyat puluhan juta sampai puluhan trilyun tuk kantong pribadi dan para kroni mereka. Itu HANTU yang rumahnya di NERAKA.

  23. daripada di datangin hantu meskipun tampan dan ayu mereka tetap hantu,dan hantu tidak ada yang ganteng dan ayu pastilah wajahnya menyeramkan ,mendingan di datangin manusia ganteng alias suami sendiri ganteng gagah dompet tebal sayang banget sama aku… bernapas lagi

  24. hantu gak hrs ditakuti,,kita manusia daghh seprti hantu malahan,,hilang mulu klu da masa
    lah

  25. disana seh enak,,hantunya bule,,keren2.., di indonesia mahh, yg ada kuntilanak, genderuwo, pocong…,,takuutt

  26. HEHEHE…ASIK NEH DPT UNTUNG GANDA BELI RMH BERHANTU… SELAIN PASTI MURAH KRN DIANGGAP ANGKER ADA HANTUNYA PULA… KLO GW PASTI BELI RMH BEGINI KRN HANTUNYA BS GW TANGKEP AND GW JUAL LG DG HRG FANTASTIS KE ORG2 YG DEMEN GAIB2 BUAT JAGA2 AND JD KACUNG MRK…HEHE…UNTUNG DAH BELI RMH BEGINI…

    BBRP THN LALU RMH DI PONDOK INDAH JG MURAH MAU DIJUAL GAK SAMPE 500JT EHHH PAS GW MAU BELI UDA KEBURU RAME SM BERITA MALAH SEMPET JD ACARA TIM PEMBURU HANTU AND BUAT FILM SEGALA…JD GAGAL DAH GW BELI…:P

  27. Yg penting mah asal rumahnya layak huni, harga murah soal hantu yg penting itu rumah hrs selalu dijadikan sarana ibadah (buat sholat, ngaji) tiap hari jg tar dianya kabur sendiri…..

  28. kalau memang benar adanya seperti demikian, mungkin akoe orang nomor satu yang mangatakan MAU DONK tanpa persyaratan apapun, jangankan disuruh beli (kalau punya duit OKELAH) disuruh nungguin aja MAU KOQ asal lumayan nih DUITNYA….(dasar mata duitan)…hehhehehe tapi serius bro……dimana,kapan,model apa aja boleh koq..

  29. Kl memang ada yg jual rumah berhantu. Walaupun hantunya banyak sekalipun beritahu saya ya. Kalau hantunya ganas malah seru.
    Serius ya.

  30. kalo harga rumahnya murah bngt gua sih mau2 aja..
    renovasi dikit, panggil ulama untuk ruqyah rumahnya,
    trus gua jual lagi deh dgn harga yang tinggi..
    hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *